Jelang HUT Ke-74, TNI Pamerkan Aksi Tim Penerjun Payung

Gladi bersih upacara parade dan defile ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

oleh Yopi Makdori diperbarui 03 Okt 2019, 10:20 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2019, 10:20 WIB
Atraksi Terjun Payung Meriahkan Peresmian Koopssus TNI
Penerjun payung mengibarkan bendera TNI dan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI usai peresmian Koopssus TNI di Lapangan Markas Koopssus TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Koopssus TNI berasal dari matra darat, laut, dan udara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Tim penerjun payung TNI memamerkan keahlian terjun payungnya dalam geladi bersih peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 TNI di Taxy Way Echo Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/9/2019).

Pantauan Liputan6.com, mereka bak elang yang melayang-layang di atas langit Lanud Halim Perdanakusuma. Terjun payung itu kerap digunakan dalam operasi infiltrasi ke area musuh.

Keahlian tersebut membutuhkan kecerdikan serta kemampuan akurasi yang tinggi untuk mengukur arah angin dan kecepatannya. Para penerjun payung dengan presisi mendarat di titik yang telah ditentukan, seperti di atas rumah buatan yang sengaja dipersiapkan.

Beberapa di antaranya juga terlihat membawa bendera dari masing-masing matra TNI dan bendera merah putih.

Bukan hanya itu, di antara para penerjun tersebut ada juga yang perempuan. Mereka dari beberapa korps, yakni penerjun wanita angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, serta ada juga dari korps Bhayangkara.

Tim terjun payung tersebut digunakan di dalam berbagai medan pertempuran. Bahkan digunakan juga untuk mendarat di kapal tanker dan kilang lepas pantai.

Gladi bersih upacara parade dan defile ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didamping Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Terjunkan 6.806 Personel

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI di Cilegon
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pasukan pada Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten, Kamis (5/10). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan itu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebanyak 6.806 personel diterjunkan dalam kegiatan ini yang terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel, Brigade Upacara I/Gabungan 980 personel (Drum Band Taruna Akademi TNI, Batalyon Upacara Pamen, Batalyon Upacara Pama), Brigade upacara II/Taruna Akademi TNI 971 personel (Batalyon Upacara Taruna Akmil, Batalyon Upacara Taruna AAL, Batalyon Upacara Taruna AAU), Brigade Upacara III/Gabungan 971 personel (Batalyon Upacara Wan TNI, Batalyon Upacara POM TNI, Batalyon Upacara RDB Satgas Konga), dan Brigade Upacara IV/TNI AD 971 personel (Batalyon Upacara Kopassus, Batalyon Upacara Kostrad, Batalyon Upacara Kodam Jaya).

Kemudian Brigade Upacara V/TNI AL 971 personel (Batalyon Upacara Bintara TNI AL, Batalyon Upacara Tamtama TNI AL, Batalyon Upacara Marinir), Brigade Upacara VI/TNI AU 971 personal (Batalyon Upacara Air Crew, Batalyon Upacara Bintama/Tamtama TNI AU, Batalyon Upacara Paskhas), Brigade Upacara VII/Gabungan 971 personal (Batalyon Upacara Bakamla, Batalyon Upacara Aparatur Sipil Negara, Batalyon Upacara Kompi Cadangan).

Bukan hanya itu saja, sejumlah Alat Utama Sistem Tertahanan (Alutsista) juga ikut ditampilkan dalam acara glade bersih ini, seperti Radar Surveillance 2 unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit, RM 70 Grad 2 unit, IVIRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, 2 pesawat Boeing 737, 2 pesawat CN 235, dan 2 pesawat F 16.

Lalu, untuk kekuatan pasukan defile dan alutsista meliputi Deflle POM TNI yang terdiri dari 48 Personel dan 24 Unit Alutsista, Detile Matra Darat yakni 1.172 Personel, 415 Unit Alutsista, Defile Matra Laut sebanyak 522 Personal, 116 Unit Alutsista dan Defile Matra Udara yakni 259 Personal, 58 Unit Alutsista.

Untuk demonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari kolone senapan, bela diri militer dan tari perang garuda, terjun payung, demo udara (fly pass, BTU, tempur udara dan composite strike, jupiter aerobatic, dan boms burst).

Sedangkan, untuk pesawat udara yang dikerahkan berjumlah 157 unit (TNI AD, TNI AL dan TNI AU). Dalam acara ini sendiri, yang bertindak selaku Calon Komadan Upacara adalah TNI AD : Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad), TNI AL : Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto (Asops Dankormar), TNI AU : Kolonel Pnb Yostariza jabatan sehar-hari Asops Kas Kohanudnas.

Pengucap Sapta Marga (Pria) yaitu TNI AD : Letda Arh Pratam WF. Hutagalung (Yon Arhanud), Letda Laut (S) Agung Yustiyan Prasetyo (Satkor Armada), Letda Lek Arief Ryan (Lanud Manuhua). Pengucap Sapta Marga (Wanita) yaitu TNI AD : Letda Chk (K) Rizka Ayu Rahmah (STHM Ditkumad), Letda Laut (P/W) Risma Gusty Maria Simangunsong (Kolat Armada), Letda Kal Dewa Ayu Ardilma Suari (Skadron Udara 3 Lanud Halim PK).

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya