GP Ansor: Listyo Sigit Punya Kapabilitas Jadi Kabareskrim

Penunjukan Irjen Listyo Sigit sebagai kabareskrim dinilai merupakan bukti Kapolri Jenderal Idham Aziz menjalankan terobosan dan konsolidasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2019, 09:39 WIB
Diterbitkan 07 Des 2019, 09:39 WIB
Kapolda Banten Listyo Sigit Prabowo
Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Merak, Senin, 5 Juni 2017. (Liputan6.com/Tandhi Deslatama)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menilai, penunjukan Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim yang baru merupakan wujud profesionalisme Polri.

Gus Yaqut menilai, penunjukan Irjen Listyo Sigit Prabowo sudah tepat karena sosoknya diyakini akan mampu mengemban tugas sebagai Kabareskrim dengan baik dan sanggup menuntaskan kasus-kasus yang ada.

"Kapolri memilih orang yang tepat, Irjen Listyo memiliki kapabilitas untuk jabatan tersebut sesuai dengan pengalaman beliau di bidang reserse. Ini wujud profesionalisme Polri, dan saya yakin Kabareskrim baru akan menjalankan tugasnya secara profesional, menyelesaikan kasus-kasus yang ada," kata dia dalam keterangan tertulis Sabtu (7/12/2019) seperti dilansir Antara.

Yaqut Cholil mengatakan, dinamika masyarakat yang terus berubah membuat Polri juga terus berbenah.

"Irjen Listyo adalah figur perwira Polri yang bersinar karena kapabilitas dan kompetensi beliau sehingga kami yakin dia bisa menyelesaikan sejumlah persoalan yang menjadi pekerjaan Bareskrim yang banyak menumpuk," ujarnya.

Ia menjelaskan Polri harus terus berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang telah diusung mereka yakni profesional, modern, dan terpercaya.

"Apa yang sudah dilakukan sebelumnya perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Irjen Listyo saya yakin bisa melakukan itu," tegasnya.

Gus Yaqut menambahkan, penunjukan Irjen Listyo Sigit juga merupakan bukti Kapolri Jenderal Idham Aziz menjalankan terobosan dan konsolidasi di tubuh Polri dengan mengedepankan aspek profesionalitas yang orientasinya memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

"Sekali lagi, jabatan Kabareskrim yang diisi oleh orang yang tepat ini sangat penting karena fungsi Kabareskrim sangat vital dalam penyelidikan, penyidikan, dan pengumpulan informasi terkait kasus-kasus yang ada. Kapolri melihat itu, memilih sumber daya manusia (SDM) yang tepat sesuai dengan jargon Polri profesional, modern, terpercaya," kata Yaqut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kabareskrim Baru

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Liputan6.com/ Yandhi Deslatama)

Mantan Ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Irjen Listyo Sigit, akan menjabat sebagai Kabareskrim. Sebuah posisi bergengsi di Korps Bhayangkara.

Rotasi jabatan ini tertuang dalam Surat Telegram Polri nomor ST/3229/XII/KEP./2019 tertanggal 6 Desember 2019.

Dalam surat tersebut terdapat beberapa perwira tinggi Polri atau jenderal yang berganti jabatan, termasuk Komjen Firli Bahuri yang semula menjabat Kabaharkam menjadi analis kebijakan Baharkam Polri, jabatan sementara sebelum menempati kursi Ketua KPK.

Adapun Irjen Listyo Sigit yang menjabat Kadiv Propam segera menduduki jabatan komisaris jenderal atau bintang tiga.

Posisi Kadiv Propam akan diisi Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono yang saat ini menjabat Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Propam Polri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya