Mengintip Gaji Pramugari Indonesia, dari Garuda hingga Nam Air

Masyarakat sering bertanya-tanya kenapa banyak orang ingin jadi pramugari, berapa gajinya?

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Des 2019, 06:30 WIB
Diterbitkan 14 Des 2019, 06:30 WIB
Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal baru lagi jika pramugari menjadi salah satu pekerjaan impian. Bagaimana tidak, gaji pramugari bisa dibilang cukup menggiurkan.

Namun begitu, gaji yang diperoleh sesuai dengan risiko yang ditanggung. Karena mereka kerap terbang pindah kota atau pun negara.

Seorang pramugari harus berkorban waktu hingga nyawa sekali pun. Oleh karena itu, seleksi yang ketat dan serangkaian pelatihan didapat para pramugari sebelum terbang.

Masyarakat juga sering bertanya-tanya berapa besaran gaji pramugari hingga banyak orang memimpikan profesi itu.

Lantas, apakah besaran gaji pramugari sesuai dengan risiko yang ditanggungnya? Simak ulasan besaran gaji pramugari di maskapai Indonesia yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Garuda Indonesia

Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo.
Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo.

Siapa yang tidak kenal dengan maskapai Garuda Indonesia? Apalagi belakangan, maskapai pelat merah itu menjadi perhatian karena kedapatan menyelundupkan onderdil motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai penerbangan yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Mereka juga dikenal sebagai maskapai terbaik di Indonesia.

Hal tersebut didukung oleh segala fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan ini. Tak mengherankan pula, bekerja di Garuda Indonesia sebagai seorang pilot ataupun pramugari akan mendapatkan gaji yang cukup besar.

Dilansir dari beberapa sumber, untuk pramugari junior yang masih training sekalipun akan mendapatkan gaji hingga Rp 15 juta.

Sedangkan, untuk seorang pramugari senior dengan jam terbang dan masa kerja yang tinggi, mereka akan mendapatkan gaji hingga Rp 30 juta. Gaji yang diberikan pada tiap pramugari hampir semuanya di luar uang tunjangan dan uang tambahan lainnya.

 


Citilink

Citilink
Pesawat Citilink (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mantan anak perusahaan Garuda Indonesia ini ternyata memberikan gaji yang cukup fantastis. Maskapai penerbangan yang identik dengan warna hijau ini tidak tanggung-tanggung dalam memberikan gaji kepada pekerjanya.

Dilansir dair beberapa sumber, untuk seorang pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 2-3 juta. Sedangkan untuk pramugari senior, mereka akan mendapatkan upah sekitar Rp 5 juta.

Gaji tersebut tentu saja di luar uang tambahan dan tunjangan lainnya. Jika ditotal, seorang pramugari maskapai penerbangan Citilink bisa mendapatkan sekitar Rp 20 juta perbulan.

 


Air Asia

Pesawat Air Asia
Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski juga tergolong sebagai penerbangan baru di Indonesia, namun Air Asia tak kalah saing dengan maskapai lainnya.

Hal itu lantaran Air Asia dikenal sebagai sebuah maskapai penerbangan yang menawarkan harga murah pada pelanggannya.

Tak hanya itu, Air Asia juga sudah menyediakan layanan penerbangan baik ke dalam negeri maupun luar negeri.

Pelayanan dan fasilitas yang cukup bagus, membuat sebagian besar publik cenderung memilih Air Asia sebagai salah satu maskapai favoritnya.

Banyaknya konsumen yang menggunakan jasanya, tak mengherankan bila gaji seorang pilot ataupun pramugari Air Asia cukup besar.

Dilansir dari beberapa sumber, untuk seorang pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 3 juta. Gaji tersebut tentu saja belum termasuk uang tunjangan dan tambahan lainnya.

Diketahui nantinya seorang pramugari juga akan mendapatkan uang terbang di mana setiap jamnya berharga sekitar Rp 50 ribu.

Jika ditotal, pramugari muda Air Asia bisa mendapatkan upah sekitar Rp 8-15 juta perbulan. Dan tentu saja, gaji seorang pramugari senior di Air Asia lebih dari gaji pramugari muda tersebut.

 


Lion Air

Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.
Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.

Sama seperti Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Lion Air juga telah lama ada di Indonesia. Tak hanya itu saja, Lion Air juga dikenal sebagai maskapai lokal yang memberikan harga penerbangan relatif murah.

Seperti penerbangan lainnya, Lion Air juga menyediakan layanan penerbangan ke dalam negeri maupun luar negeri.

Kendati sering terjadi kecelakaan, namun eksistensi maskapai Lion Air masih tetap di atas. Tak heran bila masih banyak masyarakat yang ingin berkerja sebagai seorang pramugari dari maskapai Lion Air.

Dihimpun dari beberapa sumber, gaji seorang pramugari muda sekitar Rp 2-3 juta perbulan. Sedangkan, pramugari senior akan mendapatkan gaji berkisar Rp 5-6 juta.

Seperti maskapai lainnya, gaji tersebut belum termasuk uang tunjangan dan tambahan lainnya. Pramugari Lion Air nantinya juga akan mendapatkan uang tambahan terbang di mana setiap satu jamnya akan mendapatkan sekitar Rp 50 ribu. Jika dikalkulasikan, gaji yang diterima oleh pramugari Lion Air berkisar Rp 15-20 juta setiap bulan.

 


Batik Air

Banner Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas
Banner Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas. (Liputan6.com/Triyasni)

Sesuai dengan namanya, maskapai penerbangan ini identik sekali dengan kain batik.

Tak hanya digunakan dalam busana pramugari, di badan pesawat Batik Air juga akan terlihat corak batik di bagian belakang. Meskipun tergolong baru, eksistensi Batik Air tidak perlu diragukan lagi.

Tak heran juga jika perusahaan maskapai ini berani menggelontorkan uang cukup banyak untuk para pekerja khususnya pramugari.

Dilansir dari beberapa sumber, seorang pramugari muda akan mendapatkan upah sekitar Rp 2-3 juta setiap bulan. Tentu saja upah tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Jika dikalkulasikan setiap bulannya, pramugari muda akan mendapatkan gaji sekitar Rp 7,5 juta. Dan pastinya gaji pramugari senior akan lebih besar dari itu.


Sriwijaya Air

Pertama Kalinya, Sriwijaya Air Bakal Bawa 188 Turis ke Belitung
Rencananya, 188 turis Malaysia akan didaratkan di Bandara International Hanandjoedin, Belitung dengan maskapai Sriwijaya Air.

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai penerbangan yang telah ada sejak lama.

Tak mengherankan jika perusahaan ini berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menggaji pekerja khususnya pramugari.

Dilansir dari beberapa sumber, kisaran gaji seorang pramugari maskapai Sriwijaya Air sekitar Rp 19,5 juta.

 


Nam Air

NAM Air resmi mendatangkan pesawat jenis ATR 72-600 dengan registrasi PK-NYY.
Nam Air Tambah Frekuensi, Pintu Banyuwangi Semakin Terbuka Lebar

Nam Air merupakan afiliasi atau anak perusahaan maskapai Sriwijaya Air. Berdiri sejak 2013 silam, Nam Air juga menjadi salah satu favorit publik bila ingin terbang di Indonesia.

Untuk gaji seorang pramugari maskapai Nam Air sendiri berkisar Rp 8 juta setiap bulan. Besaran gaji tersebut di luar uang tunjangan dan penghasilan tambahan lainnya.

 

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Sumber : Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya