RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu Jadi RS Rujukan Pasien Corona

Widyastuti mengatakan, kedua rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk dianggap dapat melengkapi tiga rumah sakit rujukan yang ditetapkan Kemenkes.

oleh Ika Defianti diperbarui 04 Mar 2020, 18:44 WIB
Diterbitkan 04 Mar 2020, 18:44 WIB
Petugas Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru ketika membawa pasien terindikasi virus corona ke ruang isolasi.
Petugas Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru ketika membawa pasien terindikasi virus corona ke ruang isolasi. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajukan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai rujukan pasien yang terjangkit Virus Corona atau Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan dua rumah sakit itu yakni RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng. Dia menyebut kedua rumah sakit tersebut dianggap dapat melengkapi tiga rumah sakit rujukan yang ditetapkan Kemenkes.

Ketiga RS rujukan yang ditetapkan Kemenkes yakni RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara, RSPAD Jakarta Pusat dan RSUP Persahabatan Jakarta Timur.

"Tiga rumah sakit itu sudah tersebar di tiga wilayah Jakarta, maka kami usulkan RSUD Cengkareng di Jakarta Barat dan RSUD di Pasar Minggu.

Kedua RSUD ini diharapkan memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat, kata Widyastuti di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

Untuk kedua calon RS rujukan itu, dia menyatakan masih menyiapkan ruang isolasi untuk pasien yang terjangkit Virus Corona. Sebab pasien yang berstatus pengawasan ataupun positif Virus Corona harus dirawat secara terpisah. 

"Kami juga akan menyiapkan ruang isolasinya (untuk RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng)," jelasnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut ni


2 Warga Positif Corona

Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan
Petugas medis membagikan buah-buahan kepada pasien yang terinfeksi virus corona COVID-19 di rumah sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Covid-19 telah mewabah hingga ke lebih dari 60 negara dimana dari kasus-kasus infeksi, ada lebih dari 3.000 kematian yang terjadi. (STR/AFP)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyatakan dua orang warga negara Indonesia telah positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Keduanya saat ini mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso, Jakarta Utara. 

Pasien positif corona itu merupakan seorang ibu umur 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun. Mereka positif terjangkit setelah adanya laporan warga negara Jepang yang dinyatakan positif usai berkunjung ke Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan dua orang (yang positif corona)," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. 

Setelah pengumuman itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan langsung meninjau langsung lokasi di rawatnya kedua pasien positif Corona tersebut. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya