Kesederhanaan HUT ke-68 Kopassus di Tengah Pandemi Corona

Peringatan HUT Kopassus digelar di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Apr 2020, 14:29 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2020, 14:23 WIB
Aksi Bela Diri Prajurit Kopassus
Prajurit Kopassus melakukan aksi ketangkasan saat peringatan HUT ke-67 Kopassus di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta, Rabu (24/4). Acara HUT Kopassus dimeriahkan sejumlah aksi demonstrasi unjuk kekuatan koprs Baret Merah ini, seperti beladiri, dan ketangkasan fisik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar peringatan hari jadinya ke-68 secara sederhana di Balai Komando, Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis 16 April 2020.

Peringatan digelar di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta. Demikian dilansir dari Antara.

Kapten Kopassus Letkol Inf Susilo E B dalam keterangan tertulisnya, mengatakan peringatan diawali dengan menyanyikan lagu Hymne Komando, pemutaran film kegiatan satuan dilanjutkan dengan amanat serta pemotongan tumpeng oleh Danjen Kopassus Mayjen I Nyoman Cantiasa yang diberikan kepada dua prajurit berprestasi yaitu Sertu (K) Pratiwi Kartikasari yang berprestasi di bidang olahraga menembak, dan Sertu Alvian Rizki W yang berhasil di daerah penugasan.

Danjen Kopassus mengatakan, peringatan sengaja dilaksanakan secara singkat dan sederhana serta hanya dihadiri para asisten, kabalak, dan pamen ahli dengan tetap memedomani protokol kesehatan seperti "physical distancing" dan menggunakan masker.

Namun, Cantiasa berharap agar kesemuanya itu tidak akan mengurangi nilai-nilai tradisi, dan makna dari peringatan itu sendiri.

Dia pun berpesan kepada seluruh prajurit Kopassus untuk mewarisi nilai-nilai dan meneruskan perjuangan para pendahulu.

"Karena ke depan tantangan yang akan dihadapi di medan penugasan tidak akan semakin mudah, dan menuntut profesionalitas yang tinggi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


SDM Unggul Indonesia Maju

Panglima TNI Pimpin Upacara Hut ke-67 Kopassus
Prajurit Kopassus TNI AD mengikuti apel peringatan HUT Ke-67 Kopassus di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4). HUT Ke-67 Kopassus mengangkat tema Mewujudkan Prajurit Kopassus yang Profesional, Kuat dan Tangguh serta Adaptif Menghadapi Tantangan Global. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Karenanya, pembangunan kekuatan Kopassus akan terus ditingkatkan dalam rangka menjaga kesinambungan dari tahap sebelumnya menuju terwujudnya postur Kopassus yang Ideal, dimana pembangunan kekuatan Kopassus tetap difokuskan kepada pembangunan sumber daya manusia yang didukung dengan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Fokus pembangunan ini sejalan dengan visi yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, yakni 'SDM Unggul Indonesia Maju'," kata Cantiasa.

Ia pun berharap dengan adanya SDM yang unggul, Kopassus akan semakin tumbuh dan berkembang sebagai sebuah kekuatan yang adaptif, memiliki keunggulan dan mampu berkompetisi di era globalisasi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya