Deteksi Gempa dan Tsunami Real Time, BMKG Deli Serdang Pasang WRS New Generation

Secara tektonik, Kabupaten Samosir berada di jalur patahan Sumatera. Gempa bumi yang terjadi umumnya bersumber dari aktivitas patahan renun.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Jul 2020, 19:06 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2020, 19:06 WIB
20151111-Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Deli Serdang - Dalam upaya mempercepat penyebaran informasi dini jika terjadi gempa bumi dan tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Deli Serdang, Sumatera Utara, memasang Warning Receiver Sytem New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Samsosir. 

"Pemasangan WRS New Gen di Kantor Bupati Samosir merupakan smart display yang memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami secara real time," kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Sabtu (18/7/2020) dilansir Antara.

Menurutnya, secara tektonik, Kabupaten Samosir berada di jalur patahan Sumatera. Gempa bumi yang terjadi umumnya bersumber dari aktivitas patahan renun.

"Potensi gempa bumi yang terjadi di daerah ini bersifat sangat lokal dan umumnya terjadi di darat," jelasnya. 

Untuk itu diperlukan smart display yang diharapakan akan memberikan respons cepat untuk informasi dini gempa bumi dan tsunami kepada stakeholder.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Upaya Percepatan Wisata Danau Toba

Di sisi lain, Danau Toba yang berada di Kabupaten Samosir telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu dari lima kawasan stategis pariwisata nasional dengan status super prioritas selain Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Labuhan Bajo.

"Dengan status itu, semakin terlihat jelas pemasangan WRS New Gen yang diharapkan membantu pemerintah daerah dalam memberikan informasi dini gempa bumi dan tsunami menjadi sangat strategis dalam upaya pembangunan percepatan wisata Danau Toba," katanya.

Sementara, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, mengucapkan terima kasih kepada BMKG yang telah memasang alat tersebut di Samsoir.

"Terima kasih kepada BMKG atas bantuan peralatan WRS New Gen itu," katanya didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya