Dinas SDA Alokasikan Anggaran Banjir Tahun Ini Rp 1,2 Triliun

Jumlah ini kemudian ditambah Rp 700 miliar dari pinjaman Pemprov DKI ke Kementerian Keuangan melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Sep 2020, 11:22 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2020, 11:16 WIB
Sudin SDA Kewalahan Bersihkan Sampah Bukit Duri
Petugas Sudin Sumber Daya Air (SDA) memunguti sampah-sampah yang tergenang saat banjir di kawasan Kampung Melayu Kecil, Bukit Duri, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Banjir tersebut akibat luapan sungai Ciliwung. (merdeka.com/magang/ Muhammad Fayyadh)

Liputan6.com, Jakarta - Anggaran penanggulangan banjir Jakarta 2020 dialokasikan Rp 1,2 triliun dari APBD DKI. Jumlah ini kemudian ditambah Rp 700 miliar dari pinjaman Pemprov DKI ke Kementerian Keuangan melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf mengatakan, anggaran dari pinjaman akan digunakan pembebasan lahan dan penambahan sumur resapan.

"Tahun ini Rp 1,2 triliun (dari) APBD, terus yang dari SMI yang untuk pembebasan lahan saja yang ada sama sumur resapan, enggak banyak cuma Rp 7 miliar kalau enggak salah, tapi tetap kita upayakan terus sampai tunggu anggaran ini cair," kata Juaini, Rabu (23/9/2020).

Menurut Juaini, untuk program pembebasan lahan untuk cegah banjir,  sudah ada beberapa yang terealisasi dan ada pula masih dalam tahap proses pencairan, seperti di lahan di Pesanggrahan, Ciliwung, Sunter, Cipinang Melayu, dan kali Jati Kramat.

Ia berujar untuk pembayaran pembebasan lahan, Dinas SDA juga koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebab, untuk pembebasan lahan bagi warga yang tinggal di bantaran aliran sungai BPN turut andil dalam pengerjaannya.

"Masih terus kita upayakan percepatannya karena untuk pembebasan lahan perlu kehati-hatian, teliti benar, kan kita kerjasama BPN ketika memang BPN anggap surat ini komplit, sah, baru kita melakukan pembayaran," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Jelang Musim Hujan

Sementara itu, sebelumnya Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mendesak Dinas Sumber Daya Air segera mengerjakan aktivitas antisipasi banjir menjelang musim hujan. Desakan itu disuarakan Ida karena belum ada eksekusi dari Dinas SDA untuk penanggulangan banjir.

Dia menyadari, pekerjaan rumah Dinas SDA sekarang minimnya anggaran akibat pandemi Covid-19. Namun, pengendalian banjir harus tetap berjalan meski keuangan Pemprov DKI sedang terganggu.

Hampir semuanya ketunda, cuma untuk program pengendalian banjir harus tetap terlaksana. Saya minta untuk segera dilaksanakan karena kalau lelang butuh waktu, karena ini bulan Agustus, waktu rapat kerja kemarin kepala dinas untuk segera dilaksanakan," kata Ida.

Dia menambahan, hingga saat ini pengerukan waduk masih terkendala karena anggaran di tiap-tiap SKPD sebagian besar dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Namun, dia menuturkan Dinas SDA setidaknya telah merealisasikan kegiatan pengerukan Kali Cipinang, Kali Sunter.

"Kami berharap tahun ini disisakan anggaran untuk normalisasi entah itu di Pesanggrahan, Ciliwung, kami berharap anggaran itu tetap ada, jangan dihapus. Karena saya berharap jangan sampai orang sudah kena Covid tapi malah kena banjir lagi," ujarnya.

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya