Menkes: 4 Pasien yang Terinfeksi Varian Baru Corona B117 Sudah Sembuh

Empat kasus varian baru virus Corona B117 ini ditemukan di empat daerah berbeda.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Mar 2021, 19:20 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2021, 19:18 WIB
Panglima TNI hingga Raffi Ahmad Kembali Jalani Vaksinasi Kedua
Menkes Budi Gunadi Sadikin menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Presiden Jokowi memastikan bahwa pemerintah telah menindaklanjuti hal tersebut dan tetap berupaya untuk memenuhi target semula. (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, empat pasien yang positif terinfeksi varian baru virus Corona atau Covid-19 asal Inggris B117 sudah dinyatakan sembuh. Mereka juga dikatakan sudah keluar dari tempat isolasi.

"Keempatnya ini sudah di tes positif genome sequencing, strain baru dari UK. Mereka sudah sembuh dan sudah keluar," jelas Budi Gunadi dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Adapun empat kasus varian baru virus Corona ini ditemukan di empat daerah berbeda yakni, Palembang Sumatera Selatan pada 11 Januari, Kalimantan Selatan pada 6 Januari. Kemudian, Balikpapan, Kalimantan Timur dari 12 Februari dan Medan, Sumatera Utara pada 28 Januari.

Budi mengatakan saat ini pemerintah melakukan penulusuran terhadap kontak erat dari empat kasus tersebut. Dia berharap pihak-pihak yang berkontak langsung dengan empat pasien terpapar Corona B117 tersebut dapat segera dites.

"Kita sedang melalukan surveilans terhadap kontak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di genome sequencing," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Minta Masyarakat Tak Khawatir

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan dua warga Kabupaten Karawang terpapar virus Corona varian baru dari Inggris (UK 117). Warga tersebut diketahui terpapar varian baru virus Corona dari Inggris B117 usai bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan Qatar Airways.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat tak khawatir dengan ditemukannya varian baru virus corona B117 asal Inggris. Menurut dia, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa varian baru ini lebih mematikan daripada Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya