Kukuhkan Pengurus Dewan Masjid, Anies Inginkan Banyak Tempat Ibadah di Jakarta Ramah Lingkungan

Anies mengharapkan agar banyak masjid di Jakarta yang menerapkan ramah lingkungan

oleh Ika Defianti diperbarui 17 Mar 2021, 16:18 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2021, 16:18 WIB
Anies Baswedan Dukung Masjid Luar Batang Jadi Destinasi Wisata Religi di Jakarta
Anies Baswedan Dukung Masjid Luar Batang Jadi Destinasi Wisata Religi di Jakarta. (dok.Instagram @aniesbaswedan/https://www.instagram.com/p/CMbOatXAne9/Henry)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan semua tempat ibadah di Ibu Kota mendapatkan bantuan dana operasional tempat ibadah (BOTI) dari Pemprov DKI.

Kata dia, besaran dana operasional yang diterima oleh setiap tempat ibadah bervariatif.

"Kita membantu semua rumah ibadah, semua agama dalam program BOTI, nilainya Rp 2 juta per bulan untuk tempat ibadah besar seperti masjid dan Rp 1 juta untuk tempat ibadah yang kecil," kata Anies saat Pengukuhan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2021). 

Selain itu, para pekerja agama di rumah ibadah tersebut juga mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengharapkan hal tersebut dapat menjadi pendukung kegiatan keagamaan. 

"Dan kita ingin semua merasakan kesetaraan dalam beribadah di Jakarta," ucapnya. 

Selain itu, Anies juga mengharapkan agar banyak masjid di Jakarta yang menerapkan ramah lingkungan. Seperti halnya pemanfaatan air bekas wudhu dapat digunakan untuk menyiram tanaman. 

"Pemanfaatan air di Jakarta merupakan salah satu barang yang ada unsur kelangkaannya. Apalagi di tempat yang air bersihnya terbatas, sehingga ini perlu ada solusi. Dan kami di DKI sudah menyiapkan panduannya, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut," papar dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Apresiasi Bantuan Rp 100 Miliar Pertahun

Masjid Cut Meutia Gelar Salat Jumat di Masa PSBB Transisi
Umat Islam mendengarkan khotbah sebelum menunaikan Salat Jumat dengan menjaga jarak fisik di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (16/10/2020). Pelaksanaan salat Jumat sesuai dengan aturan pemberlakuan pelaksanaan kegiatan di tempat ibadah pada masa PSBB transisi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla atau JK mendukung adanya kolaborasi kedua belah pihak yakni antara Pemprov DKI dan DMI DKI Jakarta. 

Kata dia, para pengurus masjid harus ikut serta dalam pembuatan solusi bersama, salah satunya terkait maslah lingkungan.

"Insyaallah, nanti bisa menjadi tempat rujukan bagi masyarakat di sekitar masjid di dalam mengelola lingkungan dengan baik, karena salah satu masalah yang kita hadapi di Jakarta adalah masalah lingkungan hidup," ucap JK. 

Selain itu, JK juga mengapresiasi kebijakan Anies yang memberikan bantuan dana operasional tengah ibadah. 

"Jadi Rp 100 miliar setahun diberikan hanya untuk membantu masjid, membantu imam, membantu pengelolaan majid dan sampai marbot masjid dibantu agar terjadi kelancaran," jelas dia. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya