Jelang HUT RI 17 Agustus, Generasi Muda Perlu Contoh Integritas Bung Hatta

Hamdi Muluk memandang sosok Proklamator Bung Hatta adalah tokoh berintegritas di Indonesia yang patut dicontoh.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 16 Agu 2021, 15:23 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2021, 15:05 WIB
hamdi
Ketua Lab Psikologi Politik Universitas Indonesia, Prof Hamdi Muluk. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk, memandang sosok Proklamator Bung Hatta, adalah tokoh berintegritas di Indonesia yang pernah hidup.

Hal ini disampaikannya dalam diskusi yang diinisiasi oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan dalam rangka Pekan Bung Hatta.

"Integritas Bung Hatta adalah sesuatu yang tidak usah diragukan lagi. Dia tidak usah lagi banyak berkhutbah tentang kesederhanaan, integritas, kerja keras, sebab dia sudah mencontohkan itu," kata Hamdi dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

Hamdi juga berpesan kepada generasi muda agar memahami bahwa di belakang tokoh besar pasti ada karakter yang kuat. Dan jika karakter bangsa Indonesia adalah Pancasila, maka Bung Hatta adalah contoh pengamalan pancasila yang sudah paripurna.

"Anda mau cari apa? Sila satu sampai sila lima, semuanya ada di dalam diri Bung Hatta itu," jelas Hamdi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghargaan

Hamdi pun mencontohkan, bagaimana Bung Hatta Award adalah contoh penghargaan yang diberikan bagi mereka yang berintegritas.

"Itulah mengapa ada Bung Hatta Award yang diberikan kepada tokoh-tokoh antikorupsi. Artinya tokoh-tokoh berintegritas," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya