Jokowi: Kita Harus Mulai Menyiapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi Covid-19

Jokowi mengatakan pemerintah mulai mempersiapkan transisi dari pandemi ke endemi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Sep 2021, 11:44 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2021, 11:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah mulai mempersiapkan transisi dari pandemi ke endemi.

Dia menyadari bahwa Covid-19 tak akan hilang sehingga mau tak mau masyarakat harus bisa hidup berdampingan dengan virus corona.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Yogyakarta di Kabupaten Bantul, Jumat (10/9/2021). Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh sekitar 375 pelajar SLB.

"Kita tau, Covid ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu, kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19," jelas Jokowi sebagaimama ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat.

"Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euphoria yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan," sambungnya.

Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena penyebaran Covid-19 masih terjadi, meski kasus virus corona kini sudah melandai. Khususnya, disiplin memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Kita masyarakat harus sadar bahwa covid selalu mengintip kita sehingta protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker" katanya.

 


Terus Melakukan Vaksinasi

Disisi lain, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan perluasan vaksinasi Covid-19.

Dia berharap kegiatan vaksinasi dapat memberikan perlindungan dan proteksi kepada masyarakat dan pelajar dari virus corona.

"Vaksinasi bagi pelajar ini merupakan bagian dr upaya perluasan vaksinasi yang kita lakukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 terutama varian delta," tutur Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya