Tiba di Papua, Jokowi: Sampai Bertemu di Pembukaan PON XX Besok

Selain membuka PON XX, Jokowi dijadwalkan meresmikan sejumlah infrastruktur yang ada di Papua.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 01 Okt 2021, 16:35 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2021, 16:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut warga saat mengunjungi Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Minggu (27/10/2019).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut warga saat mengunjungi Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Minggu (27/10/2019).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di Papua, Jumat (1/10/2021) siang, untuk menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Adapun pembukaan PON XX Papua akan digelar pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

"Saya terbang ke Papua hari ini dan bermalam di Jayapura. Sampai bertemu besok di arena pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Jumat.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Sentani Kabupaten Jayapura, Jumat pukul 16.20 WIT. Jokowi pun langsung dikalungi noken.

Dia juga disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dengan iringan tetabuhan tifa. Setelah itu, Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja esok hari.

Selain membuka PON XX, Jokowi dijadwalkan meresmikan sejumlah infrastruktur yang ada di Papua.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md meninjau langsung kondisi Papua bersama Menteri dalam Negeri Tito Karnavian.

Hal ini dilakukan Mahfud guna memastikan pembukaan PON XX dan Peparnas XVI berjalan lancar yang dijadwalkan dihadiri langsung Presiden Jokowi.

"Saya bersama Pak Mendagri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia. Semua berjalan baik," kata Mahfud di Stadion Lucas Enembe Kabupaten Jayapura, dikutip dari siaran pers, Jumat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diantisipasi Secara Berlapis

Selain memastikan keamanan, Mahfud juga menyaksikan langsung gladi resik pembukaan PON XX yang berjalan lancar. Informasi dari Pangdam dan Kapolda, lanjut Mahfud, sejak tanggal 22 September sudah banyak kontingen yang mulai bertanding dan sejauh ini berjalan lancar.

"Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian, tidak menakutkan. Tidak serem gitu, karena ini pesta olahraga," harap Mahfud.

Meski dipastikan aman, Mahfud tetap meminta semua aparat bekerja dengan maksimal. Tujuannya, agar pembukaan PON yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dapat berjalan lancar, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya