3 Pernyataan Andika Perkasa Usai Disetujui Komisi I DPR Jadi Panglima TNI

Usai jalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan, Jenderal TNI Andika Perkasa disetujui Komisi I DPR RI untuk jadi Panglima TNI.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 06 Nov 2021, 20:48 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2021, 20:48 WIB
Andika Perkasa jalani fit and proper calon panglima
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Andika Perkasa diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan ini. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI usai menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan yang digelar Sabtu (6/11/2021) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Andika Perkasa pun mengaku siap untuk menjalani tahap selanjutnya hingga resmi dilantik sebagai Panglima TNI.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mengucapkan terima kasih kepada Komisi I DPR RI siang ini sudah menyetujui," ujar Andika usai melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Panglima TNI di Gedung Parlemen, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Selain itu, Andika Perkasa juga buka suara soal siapa sosok ideal penerusnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"(Soal KSAD) presiden yang menentukan," kata Andika.

Mengenai nama-nama yang beredar sebagai calon penerusnya sebagai KSAD, Andika menegaskan bahwa semua adalah kewenangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Berikut 3 pernyataan Jenderal Andika Perkasa usai disetujui DPR RI menjadi Panglima TNI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ucapkan Terima Kasih, Siap ke Tahap Berikutnya

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak hadir dalam proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI yang akan dijalani Jenderal Andika Perkasa di Gedung DPR RI.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak hadir dalam proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI yang akan dijalani Jenderal Andika Perkasa di Gedung DPR RI.

Jenderal Andika Perkasa menyampaikan rasa terima kasih usai Komisi I DPR RI menyetujuinya sebagai Panglima TNI.

Andika Perkasa pun mengaku siap untuk menjalani tahap selanjutnya hingga resmi dilantik sebagai Panglima TNI.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mengucapkan terima kasih kepada Komisi I DPR RI siang ini sudah menyetujui," kata Andika usai melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Panglima TNI di Gedung Parlemen, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

"Saya siap untuk menunggu tahapan berikutnya. Terima kasih banyak semuanya," sambung Andika.

 


2. Tak Masalah Tak Diantar KSAL-KSAU saat Jalani Fit and Proper Test

Jenderal Andika Perkasa
Jenderal Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November.

Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI di Gedung DPR RI, Jakarta, tanpa didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Andika menyampaikan, tidak ada tradisi pendampingan calon Panglima TNI. Dia pun menekankan bahwa Panglima TNI masih Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kan belum resmi, hehe nggak enak lah kan masih ada panglima TNI-nya," ujar Andika.

Menurut Andika, tidak ada tradisi calon Panglima TNI diantar oleh Kepala Staf 3 Matra saat fit and proper test.

"Sebetulnya nggak ada tradisi, kan enggak ada tradisinya memang," ucap dia.

Andika menegaskan, hubungannya dengan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tidak bermasalah. Dia memastikan, komunikasi akan tetap terjalin dengan baik antara TNI AD, AL, dan AU.

"Beliau menyampaikan selamat dan semoga sukses," terang dia.

 


3. Serahkan Pengganti KSAD ke Jokowi

Andika Perkasa jalani fit and proper calon panglima
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Andika Perkasa diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan ini. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Jenderal Andika Perkasa resmi disetujui Komisi I DPR RI sebagai Panglima TNI. Usai keputusan tersebut, Andika membuka suara soal siapa sosok ideal penerusnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"(Soal KSAD) presiden yang menentukan," kata Andika Perkasa.

Mengenai nama-nama yang beredar sebagai calon penerusnya sebagai KSAD, Andika menegaskan bahwa semua adalah kewenangan presiden.

"Biarkan presiden kan kewenangan presiden," tegas dia.

Namun demikian, Andika mengatakan, pada prinsipnya dia mendukung semua anggota TNI yang berpeluang menjadi penerusnya sebagai KSAD.

"Saya mendukung semua," tandas Andika.


Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

Infografis Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya