200 Ribu Anak 6-11 Tahun di Depok Bakal Dapat Vaksin Covid-19

Depok menjadi salah satu kota yang pertama melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 14 Des 2021, 17:23 WIB
Diterbitkan 14 Des 2021, 17:23 WIB
Vaksin Covid-19 Depok Menko PMK Muhadjir dan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono
Menko PMK, Muhadjir Effendy bersama Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono meninjau vaksinasi anak kepada siswa SDN Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Depok - Depok menjadi salah satu kota yang pertama melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi anak di SDN Depok 1, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Menko PKM, Muhadjir Effendy mengatakan, pemberian vaksin Covid-19 diutamakan untuk anak yang sudah belajar di tingkat SD.

"Menurut saya ini adalah langkah positif dari Pemerintah, Pak Menkes untuk memastikan bahwa anak juga aman dari Covid-19," ujar Muhadjir, di SDN Depok 1, Selasa (14/12/2021).

Dia menuturkan, vaksinasi kepada anak khususnya siswa, dapat meningkatkan rasa percaya diri orangtua kepada anak ketika bersekolah. Menurut dia, anak merupakan mata rantai dalam meningkatkan herd immunity.

"Kalau anak sudah divaksin terlindungi, maka kakek neneknya yang dekat dengan dia yang usia lanjut, apalagi kalau kakek neneknya sudah divaksin lebih aman," tutur Muhadjir.

Pemerintah sudah memiliki target vaksinasi kepada anak untuk mencegah penularan Covid-19 kepada anak.

"Targetnya vaksinasi sekitar 27 anak untuk mendapatkan vaksinasi," jelas Muhadjir.

Muhadjir menambahkan, vaksinasi untuk anak sudah dinyatakan aman. Hal itu dikarenakan vaksin yang diberikan kepada anak sudah dinyatakan aman sehingga vaksin tersebut dapat segera diberikan kepada anak. 

“Vaksin ini status aman dan sudah di tes di BPOM bahkan izin ini sudah dikeluarkan jauh-jauh hari,” tutur Muhadjir.

 


Target di Depok

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Kota Depok bersyukur karena Kota Depok menjadi pertama kali pelaksanaan vaksinasi kepada anak. Vaksin yang diberikan dapat meningkatkan kekebalan imun anak dari penularan Covid-19.

“Alhamdulillah Depok menjadi salah satu Kota pertama pemberian vaksinasi,” ujar Imam.

Imam menuturkan ketersediaan stok vaksinasi di Kota Depok masih dinyatakan aman. Namun pihaknya belum mengetahui pasti jumlah ketersediaan vaksinasi di Kota Depok, akan tetapi untuk vaksinasi kepada anak stok ketersediaan vaksin dinyatakan siap untuk diberikan kepada anak.

“Target vaksinasi anak yakni 200.457 anak dan hari pertama mencapai 400 anak,” pungkas Imam.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya