BNPB Jawab Keluhan Kepala Daerah soal Perbedaan Data Covid-19 Nasional

Abdul menyatakan, melalui penyajian data-data Covid-19 nasional, BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 berharap publik dapat mengikuti perkembangan kasus dan memahami situasi pandemi di Indonesia.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Des 2021, 12:18 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 11:15 WIB
Ilustrasi bencana alam di Indonesia (Liputan6.com / Triyasni)
Ilustrasi bencana alam di Indonesia (Liputan6.com / Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Abdul Muhari Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjawab keluhan sejumlah pimpinan daerah yang merasa data mereka tidak sinkron dengan data yang dipublikasikan secara nasional.

Menurut Abdul, data yang dirilis BNPB merupakan data olahan dari wali data kesehatan, khususnya Covid-19. 

"Sumber data berupa tabel yang digunakan BNPB berasal dari NAR atau new all records yang dikelola kementerian terkait. Selanjutnya BNPB mengolah data tersebut menjadi infografik dan menyebarluaskan kepada media massa maupun publik," jelas Abdul dalam keterangan tertulis diterima, Senin (20/12/2021).

Abdul menambahkan, sebelum BNPB menyajikannya melalui laman www.bnpb.go.id maupun kanal jejaring sosial. Pertama, sumber data dari NAR yang dikelola Kementerian Kesehatan memunculkan tabel kondisi harian Covid-19 di tanah air. Ini berupa tabel rilis, urutan dan hasil pemeriksaan Covid-19.

Kemudian, BNPB mengolah data tersebut menjadi infografik. 

"Setelah proses ini, BNPB selanjutnya membagikan melalui jejaring sosial whatsapp group media massa, laman covid19.go.id, bnpb.go.id dan telegram data bencana Indonesia," jelas Abdul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ikuti Perkembangan Kasus

Abdul meyatakan, melalui penyajian data-data Covid-19 nasional, BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 berharap publik dapat mengikuti perkembangan kasus dan memahami situasi pandemi di Indonesia. 

"Diharapkan dengan data itu, masyarakat dapat selalu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi yang saat ini masih berlangsung di Tanah Air," Abdul menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya