Infografis Syarat dan Cara Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan ke Kantor Cabang

Dana JHT di BPJS Ketenagakerjaan baru bisa cair saat berusia 56 tahun. Sebelum aturan baru ini berlaku, peserta bisa mencairkannya walau belum berusia 56 tahun.

oleh Shinta NM SinagaTriyasni diperbarui 17 Feb 2022, 09:03 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2022, 09:03 WIB
FOTO: Pencairan JHT Sebelum Aturan Baru Diberlakukan
Nasabah melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sudirman, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Nasabah masih dapat mencairkan dana JHT meski belum menginjak usia 56 tahun sebelum Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 diberlakukan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Dana Jaminan Hari Tua atau JHT di BPJS Ketenagakerjaan baru bisa cair saat peserta berusia 56 tahun. Sebelum aturan baru ini berlaku, peserta bisa mencairkannya walau belum berusia 56 tahun.

Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan atau Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. Mulai berlaku Mei 2020 atau 3 bulan setelah diundangkan.

Ada 5 kategori peserta yang bisa mencairkan dana JHT pada 4 Februari - 4 Mei 2022. Pertama, peserta mencapai usia pensiun 56 tahun. Kedua, peserta mengundurkan diri.

Ketiga, peserta mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK. Keempat, peserta telah melewati kepesertaan 10 tahun dengan pengambilan sebagian 10 persen. Kelima, peserta meninggalkan Indonesia.

Apa saja dokumen yang diperlukan untuk memenuhi syarat pencairan dana JHT? Lalu bagaimana cara mencairkan dana JHT secara online atau ke kantor cabang? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Syarat Cairkan JHT

Infografis Syarat Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan
Infografis Syarat Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan (Liputan6.com/Triyasni)

Cara Cairkan Dana JHT Secara Online

Infografis Cara Cairkan Dana JHT Secara Online
Infografis Cara Cairkan Dana JHT Secara Online (Liputan6.com/Triyasni)

Cara Cairkan Dana JHT ke Kantor Cabang

Infografis Cara Cairkan Dana JHT ke Kantor Cabang
Infografis Cara Cairkan Dana JHT ke Kantor Cabang (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya