Top 3 News: Sederet Pernyataan Menag Yaqut Bandingkan Suara Azan dan Gonggongan Anjing

Saat mencoba memberikan penjelasan soal SE soal Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Masjid dan Musala, Menag Yaqut menegaskan SE itu tidak melarang masjid atau pun musala menggunakan toa.

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Feb 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2022, 08:00 WIB
menag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menuai kontroversi pro kontra usai mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Masjid dan Musala.

Saat mencoba memberikan penjelasan soal SE tersebut, Menag Yaqut menegaskan SE itu tidak melarang masjid ataupun musala menggunakan toa. Dia mempersilakan penggunaannya karena itu bagian dari syiar Islam.

Kemudian Yaqut menjelaskan sebuah ilustrasi seandainya dalam kompleks yang setiap warganya memelihara anjing. Warga tadi disebut pasti tidak nyaman jika peliharaan tadi menggonggong secara bersamaan.

Kemudian, di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di DKI Jakarta, kebijakan ganjil genap tetap berlaku, termasuk pada Kamis 24 Februari 2022.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, meski saat ini telah terjadi penurunan jumlah volume kendaraan seiring diberlakukannya PPKM Level 3, penerapan sistem ganjil genap tetap berlaku untuk 13 ruas jalan di Ibu Kota.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah mundurnya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha sebagai calon presiden atau Capres 2024.

Giring mengaku sempat percaya diri maju di Pilpres 2024 sebagai kandidat capres pada Agustus 2020. Dia menolak saat disebut tak punya modal maju sebagai calon presiden.

Namun demikian, Giring menegaskan Jokowi tidak bisa terus berkuasa karena terbentur konstitusi yaitu masa jabatan presiden dua periode.

Karenanya PSI menawarkan alternatifnya. Salah satunya, dengan mengeluarkan sembilan nama capres yang dirasa PSI layak menggantikan Presiden Joko Widodo.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 24 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Enam Hal Terkait Pernyataan Menag Yaqut Bandingkan Suara Azan dan Gonggongan Anjing

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Masjid dan Musala yang menuai pro kontra.

Menyadari menuai pro kontra, Menag Yaqut menegaskan SE itu tidak melarang masjid ataupun musala menggunakan toa. Dia mempersilakan karena itu bagian dari syiar Islam.

Kemudian Yaqut menjelaskan sebuah ilustrasi seandainya dalam kompleks yang setiap warganya memelihara anjing. Warga tadi disebut pasti tidak nyaman jika peliharaan tadi menggonggong secara bersamaan.

"Yang paling sederhana lagi, tetangga kita ini, kalau hidup dalam satu kompleks itu misalnya, kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya, menggonggong dalam waktu bersamaan, kita ini terganggu atau tidak," ujar Yaqut di Balai Serindit, Komplek Gubernuran dalam kegiatan bertajuk Temu Tokoh Agama se-Provinsi Riau Bersama Menteri Agama, Rabu siang, 23 Februari 2022.

 

Selengkapnya...


2. PPKM Level 3, Cek Selengkapnya 13 Titik Ganjil Genap di Jakarta

Pemberlakuan Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil Genap
Petugas kepolisian menilang pengendara mobil yang melanggar aturan ganjil genap di Jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis (28/10/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai hari ini memberlakukan sanksi tilang kepada pelanggar ganjil genap di 13 ruas jalan DKI Jakarta. (merdeka.com/Iqbal S Nugroh

Penerapan kebijakan ganjil genap di Jakarta masih berlaku di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 Ibu Kota, termasuk pada hari ini, Kamis (24/2/2022).

Seperti diketahui, PPKM Level 3 di Jakarta kembali diperpanjang terhitung mulai pada Selasa 22 Februari hingga Senin 28 Februari 2022 mendatang.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, meski saat ini telah terjadi penurunan jumlah volume kendaraan seiring diberlakukannya PPKM Level 3, penerapan sistem ganjil genap tetap berlaku untuk 13 ruas jalan di Ibu Kota.

 

Selengkapnya...


3. Sembilan Nama Capres 2024 Pilihan PSI: Mulai Andika Perkasa hingga Najwa Shihab

Giring Nidji Mau Jadi Anggota DPR RI
Vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (6/9). Giring Nidji mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon legislatif pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 melalui PSI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menarik mundur semangatnya sebagai calon presiden atau Capres 2024.

"Saya merasa bahwa tahun 2024 belumlah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon presiden Republik Indonesia," kata Giring Ganesha saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis 24 Februari 2022.

Giring beralasan, mundurnya dia dari bursa capres 2024 karena temuan partainya di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat masih menginginkan Jokowi sebagai presiden Indonesia.

Namun demikian, Giring menegaskan Jokowi tidak bisa terus berkuasa karena terbentur konstitusi yaitu masa jabatan presiden dua periode. Karenanya PSI menawarkan alternatifnya.

Salah satunya, dengan mengeluarkan sembilan nama capres yang dirasa PSI layak menggantikan Presiden Joko Widodo.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya