Top 3 News: Sederet Tanggapan Soal Polemik Menag Terkait Gonggongan Anjing

Sejumlah pihak menanggapi pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menyinggung gonggongan anjing saat menjelaskan aturan pengeras suara masjid dan musala.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 27 Feb 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2022, 07:30 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait tanggapan berbagai pihak soal pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menyinggung gonggongan anjing saat menjelaskan aturan pengeras suara masjid dan musala.

Salah satu tanggapan datang dari Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia Sumatera Utara (JPRMI Sumut). Menurut Ketua Umum JPRMI Sumut Abdul Jalil Ritonga yang didampingi sejumlah pengurus menilai, perumpamaan yang diungkap Menag Yaqut sebagai ungkapan provokatif.

Selain itu, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bahkan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi kinerja Menag Yaqut.

Kemudian, berita soal kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta yang diperluas hingga ke 13 titik di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 juga tak luput dari perhatian pembaca Liputan6.com.

Aturan ganjil genap berlaku setiap hari dari Senin sampai Jumat. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB, sementara sore hari pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

Namun, pada Sabtu, Minggu, dan saat libur nasional, aturan ganjil genap tidak diterapkan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah munculnya wacana permintaan Pemilu 2024 diundur. Yang pertama mengusulkan keinginan tersebut adalah Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Rupanya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga mengaku setuju dengan usulan Pemilu 2024 ditunda. Ia menyebut salah satu alasannya adalah pemerintah perlu menangani dahulu dampak ekonomi selama pandemi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 26 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Delapan Tanggapan Berbagai Pihak Soal Polemik Menteri Agama Terkait Gonggongan Anjing

Haji Indonesia Batal Berangkat Tahun Ini
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menggelar konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Pemerintah memastikan tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia pada musim haji 1442 H/2021 M. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut gonggongan anjing saat menjelaskan aturan pengeras suara masjid dan musala mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Terbaru, datang dari Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia Sumatera Utara (JPRMI Sumut). Ketua Umum JPRMI Sumut Abdul Jalil Ritonga didampingi sejumlah pengurus menilai, perumpamaan yang diungkap Menag Yaqut sebagai ungkapan provokatif.

"Ini ungkapan provokatif, bisa memecah umat dan bangsa," tegas Abdul Jalil Ritonga, Jumat 25 Februari 2022.

Selain itu, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bahkan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi kinerja Menag Yaqut.

 

Selengkapnya...


2. Kebijakan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan pada Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional

Jakarta Tarik Rem Darurat, Ganjil Genap Ditiadakan dan Transportasi Umum Dibatasi
Kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (10/7/2020). Pembatasan pegerakan kendaran dengan ganjil genap itu akan kembali ditiadakan mulai Senin (14/9/2020) bersamaan dengan penerapan PSBB seperti awal pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta diperluas hingga ke 13 titik. Penerapan kebijakan ganjil genap tersebut berlaku di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di Ibu Kota.

Seperti diketahui, PPKM Level 3 di Jakarta kembali diperpanjang terhitung mulai pada Selasa, 22 Februari hingga Senin, 28 Februari 2022 mendatang.

"Jadi gage (ganjil genap) masih tetap kita laksanakan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin, 7 Februari 2022.

Namun, pada Sabtu, Minggu, dan saat libur nasional, aturan ganjil genap tidak diterapkan.

 

Selengkapnya...


3. Mereka yang Setuju dengan Usulan Pemilu 2024 Ditunda

Ilustrasi pemilu
Tata cara pemilu 2019. (Foto: merdeka.com)

Wacana permintaan Pemilu 2024 diundur bergulir. Yang pertama mengusulkan keinginan tersebut adalah Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Pernyataan usulan penundaan Pemilu 2024 disampaikan Cak Imin usai menerima pelaku UMKM, para pengusaha, dan analis ekonomi Perbankan.

"Dari seluruh masukkan itu saya mengusulkan Pemilu 2024 itu ditunda satu atau dua tahun. Agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi freeze (pembekuan ekonomi) untuk mengganti stagnasi selama 2 tahun masa pandemi," ujar Cak Imin dalam leterangannya, Rabu 23 Februari 2022.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya