Pemerintah Lakukan Modifikasi Cuaca untuk Balapan MotoGP

Sandiaga Uno, menyatakan pihaknya menyiapkan mitigasi cuaca dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika yang akan digelar Minggu (20/3/2022).

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Mar 2022, 13:10 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2022, 13:10 WIB
Foto: Bukan Hanya Jadi Arena MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Layak untuk Menggelar Event Balapan Lain
Indonesia akhirnya berkesempatan menjadi tuan rumah satu di antara rangkaian MotoGP 2022, tepatnya di Sirkuit Mandalika. (AFP/Bay Ismoyo)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyatakan pihaknya menyiapkan mitigasi cuaca dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika yang akan digelar Minggu (20/3/2022).

Menurut dia, pawang hujan saja tidak cukup, kini pihaknya menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan bersama BRIN, BMKG, dan TNI AU untuk memitigasi cuaca.

"Terus kita upayakan dengan TMC. Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU kita harapkan bissa membantu memitigasi situasi," kata Sandiaga di Komisi X DPR, Rabu (16/3/2022).

Meski telah menyiapkan rencana, politikus Gerindra ini tetap meminta dukungan dan doa agar cuaca cerah saat pergelaran akbar itu digelar.

"Semuanya sudah ready to go, 100 persen, namun tentunya kita harus berdoa kepada Allah SWT karena cuaca ini menjadi tentunya suatu yang perlu kita antisipasi juga," kata Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Pawang Hujan Dilibatkan

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Saiful Huda juga menyarankan agar mitigasi digabung antara pawang hujan dan juga TMC.

"Didouble aja. Pawang hujan yang biasanya sama yang TMC tadi," kata Huda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya