Cak Imin Peringatkan Jangan Usik Kursi PKB di Kabinet, Ini Kata PAN

Cak Imin berharap dengan masuknya PAN tidak menggeser kursi PKB. Bahkan dia pun mengandaikan perang seperti Rusia dan Ukraina jika itu terjadi.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mar 2022, 14:37 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2022, 14:37 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, PAN cinta dan sayang dengan PKB. Hal itu menanggapi peringatan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar agar PAN tidak mengganggu jatah kursi milik PKB di kabinet. Cak Imin, kata Viva, sosok yang dihormati sebagai politikus yang santun dan humoris.

"PAN itu sayang dan cinta banget dengan Cak Imin dan PKB. Cak Imin itu politisi yang santun dan humoris," ujar Viva kepada wartawan, Jumat (25/3/2022).

Menurut Viva, PAN dan PKB memiliki hubungan ibarat saudara kembar. Kedua kekuatan politik ini tidak dapat dipisahkan.

"PAN dan PKB ibarat saudara kembar, tidak bisa dipisahkan sebagai kekuatan politik yang membawa misi nasional dan kebangsaan," ujarnya.

"PAN membawa amanat nasional, PKB membawa kebangkitan bangsa. bahasa Jawa Timurnya, Cak Imin itu etooopp banget," sambung Viva sambil tertawa.

Lebih lanjut, Viva menyanjung Cak Imin sebagai politikus humoris, tetapi tidak meninggalkan substansi

"Cak Imin membawa proses politik dengan cair karena humornya tetapi tanpa meninggalkan substansi," katanya.

Sementara soal reshuffle kabinet, PAN berpedoman sebagai kewenangan dan prerogatif presiden. PAN menghormati Presiden Joko Widodo akan mengambil kebijakan yang baik untuk koalisi pemerintah.

"PAN menghormati Pak Presiden Jokowi. Tentunya Pak Presiden akan mengambil kebijakan yang baik buat kekompakan koalisi partai pemerintah," ujar Viva.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisa Terjadi 'Perang'

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebelumnya mengingatkan Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru masuk dalam koalisi pemerintah agar tidak mengusik posisi PKB. Hal itu menanggapi kabar PAN yang akan mendapatkan jatah kabinet setelah bergabung dengan koalisi pendukung Presiden Joko Widodo.

"Yang penting jangan ganggu posisi PKB. Silakan masuk, jangan ganggu PKB," kata politikus yang akrab disapa Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3).

Cak Imin meminta PAN jangan sampai menganggu kursi menteri yang dimiliki PKB di kabinet. Saat ini kader PKB menduduki kursi Menteri Ketenagakerjaan Mendes-PDTT, sampai Menteri Agama.

Dia berharap dengan masuknya PAN tidak menggeser kursi PKB. Cak Imin pun mengandaikan bisa terjadi perang seperti Rusia dan Ukraina.

"Kalau ganggu PKB, bisa Ukraina lawan Rusia nanti, masak PAN lawan PKB?" ujar Cak Imin.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya