4 Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata

Angelina Sondakh, mantan Politikus Partai Demokrat saat ini sudah menghirup udara bebas sejak pukul 06.30 WIB pada Kamis 3 Maret 2022 lalu.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 15 Apr 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2022, 07:30 WIB
Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata
Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata. (Instagram @angelinasondakh09)

Liputan6.com, Jakarta - Angelina Sondakh, mantan Politikus Partai Demokrat saat ini sudah menghirup udara bebas sejak pukul 06.30 WIB pada Kamis 3 Maret 2022 lalu.

Karena seperti diketahui, Angelina telah menjalani hukuman 10 tahun penjara di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur atas kasus korupsi proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Meski telah keluar lapas, wanita yang karib disapa Angie itu ruanya belum bebas murni lantaran masih menjalani program Cuti Menjelang Bebas (CMB) selama tiga bulan. Angie baru bisa berstatus bebas murni pada 1 Juni 2022 mendatang.

Namun rupanya, usai bebas dari penjara, Angie pun mengeluarkan isi hatinya. Seperti dilansir dari kanal YouTube Kompas TV, Angie mengungkap kasus korupsi Hambalang dengan berlinang air mata.

Diakui Angie, ia sangat menyakini kebenaran kasus itu terungkap, tanpa harus menyebut apapun lagi. Saat ini dirinya yang telah bebas dari penjara hanya berharap kepercayaan dari Keanu.

"Kalau suatu hari itu terungkap, aku sudah enggak punya dendam buat siapapun juga. Aku hanya pengin kejujuran buat anakku saja. Aku cuma pengin anak saya percaya sama saya saja," ujar Angie kepada Rosiana Silalahi sambil menangis.

Pengakuan serupa juga diutarakan ibunda dari Keanu Massaid ini kepada sang sahabat, Maia Estianty. Menurut Angie, kalau memang ingin membongkar dalang Hambalang, tentu sudah dilakukannya 10 tahun lalu saat menghadapi sidang panjang hingga mengajukan peninjauan kembali.

"Kalau aku mendingan 10 tahun yang lalu (membongkar dalang korupsi Hambalang). Sekarang aku mau jadi ibu rumah tangga saja. Aku mau lancarin lagi hafalan Al Quran aku. Aku mau ajari Keanu juga untuk iqra," ujar Angie dalam video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Selasa 12 April 2022.

Berikut sederet curahan hati Angelina Sondakh atau Angie terkait kasusnya usai menghirup udara bebas dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pilih Rahasiakan Dalang Korupsi Hambalang, Demi Keselamatan Anak

Angelina Sondakh dan Keanu Massaid. (Foto: Dok. Instagram @angelinasondakh09)
Angelina Sondakh dan Keanu Massaid. (Foto: Dok. Instagram @angelinasondakh09)

Angelina Sondakh sempat mendekam di penjara karena kasus korupsi proyek Hambalang. Selama itu pula ia harus melewatkan pertumbuhan Keanu Massaid, anak dari pernikahannya dengan mendiang Adjie Massaid.

Saat ini perempuan yang akrab disapa Angie itu masih menutupi siapa dalang korupsi yang dituduhkan kepadanya. Kepada Rosiana Silalahi, Angie mengungkap alasannya lewat tayangan Kompas TV yang direkam secara eksklusif.

Seperti dilansir dari kanal YouTube Kompas TV, Angelina Sondakh mengungkap soal kasusnya denganpenuh air mata. Angie menyatakan bahwa ia melakukan semua ini demi keselamatan Keanu.

Rosiana Silalahi mengawali wawancara eksklusifnya dengan Angelina Sondakh lewat sebuah pernyataan yang diungkap oleh ayah Angie. Rosi menyebutnya sebagai Opa.

"'Seorang aktor besar yang menjerumuskan anak saya. Mempromosikan anak saya, tapi justru menjerumuskan anak saya,'. Opa sendiri nggak menyebutnya. Mengapa Angie nggak menyebutnya di persidangan?" tanya Rosi.

"Saya takut. Saya masih berpikir Keanu harus selamat, opa oma selamat. Kalau disebut penakut, saya terima," ujar Angie.

Angie berharap anaknya bisa hidup dengan normal seperti anak-anak lainnya. Meski ia harus dipenjara, tidak mengapa asal Keanu tidak hidup dalam ketakutan.

Ia merasa bahwa ketika sosok yang menjadi dalang korupsi Hambalang terungkap. Bisa jadi keselamatan anaknya jadi taruhan dan Angie tidak ingin itu terjadi.

"Karena saya lebih ingin melihat Keanu tumbuh besar, normal. Tanpa ketakutan juga di Keanu. Saya single parent, kakakku meninggal. Jadi pada dasarnya aku menjalaninya sendiri. Jadi aku takut mbak. Dia segalanya bagiku. Aku hanya punya dia," ujar Angie.

 


2. Akui Sempat Cari Keadilan Dalam Penjara, Tegaskan Tak Mungkin Korupsi Seorang Diri

Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata.
Curhatan Angelina Sondakh soal Kasus Hambalang yang Berlinang Air Mata. (Instagram @angelinasondakh09)

Diakui Angie, ia sangat menyakini kebenaran kasus itu terungkap, tanpa harus menyebut apapun lagi. Saat ini dirinya yang telah bebas dari penjara hanya berharap kepercayaan dari Keanu.

"Kalau suatu hari itu terungkap, aku sudah enggak punya dendam buat siapapun juga. Aku hanya pengin kejujuran buat anakku saja. Aku cuma pengin anak saya percaya sama saya saja," ujar Angie kepada Rosiana Silalahi sambil menangis.

Angie bahkan sudah tidak peduli dengan apa kata orang lain. Ia menganggap wajar jika publik tak percaya pada ceritanya, namun ia berharap Keanu bisa percaya padanya.

"Orang lain enggak percaya itu normal. Karena mereka melihatku sebagai koruptor. Tapi biarkanlah anakku menyayangiku, biarkan anakku menerimaku. Biarkan anakku menyadari aku melakukan yang terbaik untuknya," ujar Angie.

Rosina Silalahi penasaran kenapa Angie merasa takut keselamatan Keanu terancam jika ia buka suara. Namun Angie menyebut bahwa itu adalah bayangan ketakutannya semata.

"Saya enggak bilang ini adalah kekuasaan besar. Ini adalah ketakutan, itu di dalam aku," jawabnya.

Namun Angie memastikan ia tidak korupsi seorang diri. Jika dipikir secara logika pun, ia tidak akan bisa melakukannya sendirian.

"Enggak ada orang yang bisa korupsi sendiri, saya ini siapa? Saya hanya orang yang datang dari Manado, masuk ke politik. Dipikir secara logika, enggak akan masuk akal. Tapi ya sudah, akhiri diskusi. Pentingkah? Rasanya kan itu sudah usang juga?" ujar Angie.

Rosi juga penasaran mengapa Angie memilih menutupinya. Padahal yang ia ungkap harusnya demi sebuah kebenaran.

"Apakah ada kebenaran di dunia ini? Apakah ada keadilan. Itu pertanyaan ke diriku sendiri. Aku mencarinya bertahun-tahun, menghitung hari, berharap hari itu akan datang. Sampai hari ini, aku sudah tak punya harapan untuk mencari kebenaran," pungkas Angie.

 


3. Tegaskan Pembalasan Bukan Haknya, Jika Ingin Bongkar Kasus Sudah 10 Tahun Lalu Dilakukan

Potret Terbaru Angelina Sondakh (sumber: instagram/angelinasondakhofficial)
Potret Terbaru Angelina Sondakh (sumber: instagram/angelinasondakhofficial)

Setelah tampil dalam sesi wawancara eksklusif di salah satu stasiun televisi swasta dengan berurai air mata, Angelina Sondakh diminta KPK untuk tidak takut membeberkan siapa dalang alias aktor intelektual di balik skandal mega-korupsi Hambalang.

Kala itu, Puteri Indonesia 2001 memilih bungkam demi keselamatan dan masa depan keluarga termasuk putranya, Keanu Massaid. Bagi Angelina Sondakh, keluarga adalah segalanya.

Istri almarhum Adjie Massaid kembali menegaskan sikapnya soal desakan KPK dan sejumlah pihak untuk membongkar korupsi dalang Hambalang. Namun, Angelina Sondakh sudah mantap dengan sikapnya.

Menurutnya, kalau memang ingin membongkar dalang Hambalang, tentu itu sudah dilakukannya 10 tahun lalu saat menghadapi sidang panjang hingga mengajukan peninjauan kembali.

"Kalau aku mendingan 10 tahun yang lalu (membongkar dalang korupsi Hambalang)," kata Angelina Sondakh dalam video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Selasa 12 April 2022.

"Sekarang aku mau jadi ibu rumah tangga saja. Aku mau lancarin lagi hafalan Al-Qur'an aku. Aku mau ajari Keanu juga untuk Iqra," ujar artis kelahiran Australia, 28 Desember 1977 itu.

 


4. Serahkan Semuanya pada Allah, Yakini Kebanaran yang Hakiki Akan Terungkap

Angelina Sondakh punya instagram
Angelina Sondakh punya instagram (instagram/ angelinasondakh09)

Menurut Angie, saat ini sudah bukan waktunya lagi berkoar soal skandal Hambalang. Hal yang sama sudah ia sampaikan menjelang bebas lewat pengacaranya. Angie pun mengaku trauma bicara politik.

"Untuk yang begitu-begitu rasanya banyak orang kok yang bisa melaporkan atau mengusut. Aku stay back sajalah. Aku mau dengan anakku sajalah, sama orangtua ngebahagiain," urai Angie.

Angelina Sondakh paham betul, jika 'bernyanyi' lagi soal Hambalang, maka kemungkinan ia akan menjalani sidang-sidang panjang yang melelahkan.

Oleh karena itu, ibu satu anak ini memilih mengubur masa lalu yang menyakitkan itu.

"Aku pikir sudah, mau dikubur sajalah. Aku serahkan semuanya kepada Allah, pembalasan bukan hakku. Aku mencari kebenaran juga ya sudahlah. Ini masih di dunia, kebenaran yang hakiki di Allah SWT," tutup Angie.

Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya