Kemenag Sebut Suhu di Arab Saudi Saat Ini Capai 40 Derajat Celcius

Jemaah calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, menjaga pola makan serta istirahat yang cukup.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 06 Jun 2022, 05:27 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2022, 15:38 WIB
FOTO: Jemaah Mulai Rangkaian Ibadah Haji 2021
Jemaah mengelilingi Kabah pada awal musim haji di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (17/7/2021). Jemaah haji melakukan tawaf dengan tetap menjaga jarak demi mengantisipasi penyebaran COVID-19. (FAYEZ NURELDINE/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama menginformasikan bahwa suhu di Arab Saudi pada hari ini, Minggu (5/6/2022) berkisar antara 30-43 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban rata-rata sekitar delapan persen.

"Pemerintah kembali mengingatkan seluruh jamaah calon haji untuk mewaspadai kondisi cuaca, sehingga membatasi aktivitas di luar ruangan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah, dalam konferensi secara virtual, Minggu (5/6/2022).

Selain itu, kata dia, jemaah calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, menjaga pola makan serta istirahat yang cukup.

Selain menjaga kondisi kesehatan, pihaknya juga mengingatkan jamaah calon haji untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Masing-masing calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, makan dan minum tepat waktu, juga istirahat yang cukup. Kami juga meminta keluarga untuk mengingatkan mengenai informasi dan imbauan tersebut kepada calon haji, baik yang sudah berangkat maupun yang belum," katanya.

Sementara itu Sekretaris Ditjen PHU Kemenag, Ahmad Abdullah Yunus mengungkapkan, bahwa sebanyak 3.169 calon haji dari lima embarkasi akan diberangkatkan 5 Juni 2022.

"Kemarin telah diberangkatkan 2.776 orang, sementara hari ini diberangkatkan 3.169 orang dari total delapan kelompok terbang dari lima embarkasi," kata

Kelima embarkasi tersebut, kata dia, adalah Padang, Bekasi, Solo, Surabaya dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

Dengan demikian, kata dia, maka jumlah total jamaah calon haji yang telah diberangkatkan sejak kemarin hingga hari ini sebanyak 5.945 orang.

"Seperti kemarin, jamaah calon haji yang diberangkatkan hari ini juga akan mendarat di Madinah," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


29.221 Calon Haji Berangkat dari Soetta

Sebanyak 29.221 calon jemaah haji asal DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Puluhan ribu calon jemaah haji tersebut tergabung di dalam 73 kloter jemaah.

"Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Lampung," tutur Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Minggu (5/6/2022).

Di masing-masing asrama, jemaah haji menjalani proses keimigrasian, kesehatan dan pengecekan keamanan antara lain oleh Aviation Security. Sementara untuk masing-masing bagasi jemaah haji dilakukan proses Bea dan Cukai serta pengecekan keamanan oleh Aviation Security.

“Proses keberangkatan termasuk security check point untuk keberangkatan jemaah melalui Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di asrama haji, didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II,” ujar Awaluddin.

Setelah melalui proses keberangkatan di asrama haji, jemaah haji dengan bus menuju sisi udara (airside) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian menuju central koridor Terminal 2

Central coridor di Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang jemaah haji sebagai tempat menunggu para jemaah untuk memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Route.

“Bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi fasilitas layanan dini pre-clearance kemigrasian Kerajaan Arab Saudi atau Makkah Route. Sehingga, jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci dapat menjalani proses keimigrasian Kerajaan Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah jemaah saat kedatangan di bandara Madinah atau Jeddah,” jelas Awaluddin.

 


Dilengkapi Konter Imigrasi Arab Saudi

Fasilitas Makkah Route di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi 15 konter imigrasi Arab Saudi, yang dapat melakukan proses pre-clearance keimigrasian dalam waktu sekitar 60 detik untuk setiap penumpang pesawat/jemaah.

Setelah proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi usai, jemaah haji kemudian menuju boarding lounge untuk siap berangkat ke Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia atau Saudia.

Sementara, selain Bandara Soekarno Hatta, jemaah haji juga dilayani di empat bandara lain dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura II. Seperti Bandara Kualanamu melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatera Utara sebanyak 10 kloter dengan jumlah 3.854 orang jemaah haji.

Lalu, Bandara Minangkabau melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu sebanyak 2.883 orang jemaah haji di dalam 8 kloter. Sementarsa, dari Indonesia bagian Barat atau Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, melayani keberangkatan 6 kloter dengan 2.023 orang jemaah haji.

Terakhir, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani keberangkatan 3.732 orang jemaah haji asal Sumatera Selatan dan Bangka di dalam 9 kloter.

Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022
Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya