Rio Capella: Hadapi Pilpres 2024, NasDem Harus Punya Nyali Usung Surya Paloh

NasDem harus mencari calon presiden 2024 yang dikehendaki rakyat dan membawa visi dan misi partai NasDem sesuai keinginan restorasi Indonesia.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 15 Jun 2022, 00:02 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2022, 20:45 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (Liputan6/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella mengatakan, soal kabar bahwa Rakernas partai yang didominasi warna biru itu yang akan diadakan 15-17 Juni 2022 tersebut, harus bisa membawa nama Ketua Umum NasDem Surya Paloh diusulkan menjadi calon presiden di ajang Pilpres 2024.

Menurut dia, dalam Rakernas tersebut tentu akan membahas soal evaluasi program kerja partai dan gagasan yang akan dibawa oleh NasDem. Adapun gagasan tersebut dikemas yang disebut dalam restorasi Indonesia.

Dia menegaskan, dari hasil gagasan yang dikumpulkan itulah, maka NasDem harus mencari calon presiden 2024 yang dikehendaki rakyat dan membawa visi dan misi partai NasDem sesuai keinginan restorasi Indonesia.

"Dan menurut saya, kalau NasDem punya agenda besar yang namanya restorasi yang bisa membawa itu tentu adalah orang yang memahami apa itu restorasi Indonesia. Dan itu adalah kader NasDem," kata Rio saat dihubungi, Selasa (14/6/2022).

Jika NasDem, lanjut dia, mempunyai keinginan membawa restorasi Indonesia, maka hanya kader dari internal partai sendiri yang bisa mewujudkannya. Yaitu melalui Surya Paloh.

"Siapa kader NasDem terbaik hari ini? Ya Surya Paloh. Menurut saya agak aneh kalau misalnya disebutkan bahwa calon partai NasDem itu rata-rata DPD-DPD-nya mencalonkan Ganjar, Anies, Prabowo," ungkap Rio.

"Masa sih agenda NasDem diserahkan bulat-bulat dari capres partai lain?," sambungnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diminta Percaya Diri

Menurut Rio, Surya Paloh harus dimajukan terlebih dahulu. Jika memang tak jodoh, itu masalah lain.

"Surya paloh itu serius mengurusi partainya. Kemudian hari ini kita lihat bagaimana progesnya dijalankan dengan baik," ungkap Rio.

"Sekarang kita lihat apakah NasDem memang percaya diri dan mempunyai keberanian untuk mencalonkan kadernya menjadi capres atau cawapres," tutupnya. 


Tutup Nama Capres

Partai NasDem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan pada 15 Juni sampai dengan 17Juni 2022. Dalam acara tersebut, akan ada tiga nama calon presiden (Capres) yang nantinya diusung maju Pilpres 2024.

Pihak NasDem pun enggan membocorkan siapa kandidat yang masuk radar Capres 2024. Termasuk menampik pernyataan pengamat politik terkait sosok Prabowo Subianto dan Erick Thohir menjadi incaran NasDem.

"Tunggu hasil Rakernas karena itu menyangkut figur," tutur Politikus NasDem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate di Tower NasDem, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022).

Senada dengan Johnny, Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Prananda Surya Paloh menyampaikan bahwa setidaknya NasDem memiliki kriteria untuk Capres 2024.

"Kriterianya sederhana, mempunyai chemistry dan semangat juang yang sama dengan Partai NasDem. Saya rasa survei-survei, ya survei-survei itu bisa menjadi patokan, bisa juga tidak menjadi patokan. Karena mungkin dari internal ada, mungkin Sahroni mau dicalonkan, kita tidak tahu, kalau memang daerahnya mau Sahroni mau gimana? Tapi bisa jadi patokan survei itu, bisa tidak jadi patokan juga," jelas Prananda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya