Jadi Partai Pertama Daftar ke KPU, PDIP Gelar Parade Budaya

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 01 Agu 2022, 08:12 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2022, 08:12 WIB
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Diketahui, kedatangan mereka guna mengikuti pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 yang dibuka mulai hari ini hingga 14 hari ke depan.

Jajaran DPP PDIP dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengikuti long march kebudayaan itu dari Kantor Pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Sejak pukul 06.30 WIB, para peserta sudah bersiap-siap. Isinya terdiri dari 11 orang pembawa Pataka Burung Garuda-Bendera Merah Putih, didampingi 10 orang satgas pembawa Bendera Partai.

Hasto memimpin 26 orang jajaran petinggi DPP PDIP. Mereka berada di baris berikutnya. Di barisan berikutnya adalah 20 orang dari jajaran RedMe dan Artis Nusantara. Lalu diikuti dengan 50 orang pemain angklung.

"Hari ini akan daftar (peserta Pemilu) yang pertama,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Pantauan Liputan6.com di lokasi, rombongan bertolak pukul 07.30 WIB. Pendafraran ini terasa istimewa, sebab PDIP membawa serta unsur budaya seperti parade angklung, kemudian wanita dengan berkebaya dan marching band.

"Jadi ada angklung, ada yang bawa pakaian kebaya dan lain-lain, total Ada 300 peserta," ungkap Hasto.

Dia mengamini, parade ini akan mengganggu kondusifitas lalu lintas yang padat saat jam berangkat kerja. Karena itu, pihaknya meminta maaf dan harap publik memaklumi seremoni ini dalam menyambut pesta demokrasi.

"Kami mohon maaf situasi jalan yang padat akan mengakibatkan kemacetan di jalan raya, tapi komitmen PDIP menampilksan aemangat patriotisme bela negara yang berkebudayaan," kata Hasto.

 


Daftar ke KPU

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bertolak menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Selama Proses Pendaftaran di Kantor KPU RI, Jajaran Marching Band dan Angklung mengiringi dengan lagu-lagu di luar halaman Kantor KPU RI

Hasto akan memimpin jajaran perwakilan DPP PDIP mekakukan pendaftaran di dalam gedung KPU. Dia akan didamping Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bid. Pemenangan Pemilu); Komarudin Watubun (Ketua DPP Partai Bid. Kehormatan Partai); Djarot Saiful Hidajat (Ketua DPP Partai Bid. Ideologi dan Kaderisasi); Sukur H. Nababan (Ketua DPP Partai Bid. Organisasi); Ahmad Basarah (Ketua DPP Partai Bid. Luar Negeri); Sri Rahayu (Ketua DPP Partai Bid. Kesehatan, Perempuan & Anak); Utut Adianto (Wakil Sekjen Bid. Internal); Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bid. Pemerintahan); dan Sadarestuwati (Sekjen Bid. Kerakyatan).

Dijadwalkan, usai proses pendaftaran di KPU, rombongan long march kebudayaan PDIP akan kembali berjalan ke arah kantor pusat partai di Diponegoro.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran para peserta Pemilu 2024 hari ini, Senin (1/8/2022). Sejumlah partai politik (parpol) berbondong-bondong hadir ke kantor yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta tersebut.

selain PDIP akan ada 10 parpol lainnya yang juga ikut mendaftar. Tercatat, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) dan Partai Reformasi juga berencana hadir di pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berencana mendaftar sekitar pukul 08.30.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Partai Lainnya

Lalu ada empat partai yang mendaftar bersamaan pada pukul 10.00. Yaitu Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta Partai NasDem.

Kemudian Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora Indonesia) akan melakukan pendaftaran partai politik pada jam 11.00.

Sementara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum mengkonfirmasi waktu untuk mendatangi kantor KPU.

Disebutkan, pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 harus disertai dengan dokumen persyaratan yang lengkap. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (pemilu).

"Pendaftaran diajukan dengan surat yang ditandatangani ketua umum dan sekjen (parpol)," kata Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (31/7/2022).

Digelar 14 Hari

Dikutip dari siaran pers resmi KPU, pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 akan digelar selama 14 hari.

Setiap harinya dibuka pendaftaran mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Khusus hari terakhir pendaftaran ditutup pada pukul 24.00 WIB.

Partai politik yang melakukan pendaftaran harus memberikan konfirmasi minimal satu hari sebelum pendaftaran kepada Sekretariat KPU. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan rombongan partai politik.

Rombongan anggota partai politik yang masuk ke kantor KPU dibatasi maksimal 50 orang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya