Datangi Tempat Rekonstruksi Tangan Bharada E, Kuwat Maruf dan Brigadir RR Diborgol

Datang rekontruksi, Bharada E, Kuat Maruf dan Brigadir RR tiba dan tangannya diborgol

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 30 Agu 2022, 10:38 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta Lima tersangka dihadirkan dalam Rekontruksi kasus dugaan pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Mereka datang secara terpisah ke kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pasangan suami-istri Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tiba lebih dahulu pada pukul 09.30 WIB.

Sementara tiga tersangka lain Kuwat Maruf atau KM Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E menyusul pada pukul 10.05 WIB.

Terlihat, tiga orang tersangka lainya terlihat mengenakan pakaian orange dengan tangan diborgol menggunakan kabel tis.

Ia turun mobil rantis milik Brimob. Kepala terus menunduk berjalan ke dalam kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo. Sejumlah anggota Brimob langsung berjaga-jaga di depan rumah Pribadi Irjen Ferdy Sambo.

Rekonstruksi rencananya dilakukan di tiga tempat, yakni di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, di Kompleks Polri RT 5/RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan dan di Magelang. Namun, reka adegan di Magelang akan dipindahkan di sebuah tempat.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, rekontruksi akan dilangsungkan pada puku 10.00 WIB. Beberapa pihak dari eksternal Polri seperti Komnas HAM dan Kompolnas turut mengawasi jalannya rekonstruksi.

Polri menyatakan, rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar di tiga tempat. Totalnya, ada 78 adegan reka ulang yang akan dilakukan.

"Rekonstruksi hari ini akan meliputi 78 adegan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di rumah dinas Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

 

Dedi meminta semua pihak bersabar mengenai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J ini.

"Dan kita akan menyiapkan dua layar untuk bisa diliput teman teman media bagaimana jalannya rekonstruksi di TKP Saguling maupun di TKP di Duren Tiga," tandas Dedi.


Bharada E Dipastikan Bertemu Ferdy Sambo di Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Penampakan Bharada E Tinggalkan Komnas HAM
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (baju hitam) berjalan keluar usai pemeriksaan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Bharada E dimintai keterangan terkait tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polri menggelar rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo Duren Tiga dan kediaman pribadinya di Jalan Saguling III, Pancoran, Jakarta Selatan. Para tersangka akan bertemu di lokasi, termasuk Bharada Richard Eliezer alias Bharada E dengan Ferdy Sambo.

"Bharada E hadir di rekonstruksi hari ini," tutur Jubir LPSK, Rully Novian kepada wartawan, Selasa (30/8/2022)

Menurut Rully, pihaknya akan memberikan pengawalan ketat terhadap Bharada E, baik mulai dari Rutan, perjalanan ke lokasi rekonstruksi, hingga masuk ke dalam rumah reka adegan. Terkait kondisi bertemu Ferdy Sambo, Bharada E telah menyatakan kesiapannya.

"Kalau kondisi kesehatannya sehat, kalau kondisi psikologisnya yang bersangkutan sudah menyatakan diri siap untuk melaksanakan rekonstruksi meskipun bertemu secara langsung (dengan Ferdy Sambo), tentu kita sudah mempertimbangkan banyak faktor untuk bisa menghadirkan yang bersangkutan," kata Rully.

Polri menggelar agenda rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir pada hari ini, Selasa (30/8/2022). Timsus sendiri akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

Adapun untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi, dia tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan.

"PC bukan tahanan," kata Andi.


Kapolri Pastikan Rekonstruksi Berjalan Transparan

Kapolri Umumkan Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir Yoshua
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran terkait menyampaikan konferensi pers di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan ajudannya, Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan pelaksanaan rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan akan berjalan secara transparan. Adapun Timsus Polri telah menjadwalkan agenda tersebut pada Selasa, 30 Agustus 2022.

"Semuanya transparan tidak ada yang kita tutupi. Kita proses sesuai dengan fakta dan itu janji kita," tutur Kapolri Listyo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu 28 Agustus 2022.

Listyo enggan merinci terkait mekanisme pelaksanaan rekonstruksi tersebut. Yang pasti, kelima tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf akan turut dihadirkan dalam proses rekonstruksi.

"Itu teknis ya itu, biar diserahkan ke penyidik. Yang penting saya doakan kalau kita semua tetap seperti komitmen kita," kata Listyo.

Infografis Ferdy Sambo Dipecat!
Infografis Ferdy Sambo Dipecat! (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya