Ricuhnya Pendukung Anies Baswedan di KPK

Massa pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ricuh saat menyambut jagoannya usai diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

oleh Winda Nelfira diperbarui 08 Sep 2022, 14:16 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2022, 00:31 WIB
Ekspresi Anies Baswedan Usai 11 Jam Diperiksa KPK
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Diketahui, saat tiba di KPK, Anies terlihat membawa satu map berwarna biru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Massa pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ricuh saat menyambut jagoannya usai diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kericuhan terjadi lantaran para pendukung Anies dianggap menganggu awak media melakukan peliputan.

Diketahui, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi itu kurang lebih 11 jam diperiksa lembaga antirasuah di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (7/9/2022).

Pantauan Liputan6.com, kericuhan bermula saat Anies yang usai diperiksa terkait kasus korupsi penyelenggaraan Formula E itu hendak menuju mobilnya pada pukul 20.27 WIB.

Ketika Anies menyelesaikan keterangan, massa pendukung yang ikut berkumpul bersama awak meneriakan 'Anies Presiden' sembari mengikuti Anies berjalan memasuki mobil.

Iring-iringan tersebut mengganggu proses liputan yang dilakukan awak media sehingga beberapa wartawan berteriak menegur para pendukung agar dapat tertib. Namun, teguran itu tak digubris massa pendukung hingga desak-desakan dan saling dorong tak terelakkan.

Sejumlah awak media yang diketahui telah menunggu sejak pagi, meminta para pendukung untuk pulang karena Anies pun telah meninggalkan lokasi. Tak langsung pergi, massa pendukung Anies justru berteriak dan terlibat cekcok dengan awak media

Adu argumen pun terjadi hingga keluar Gedung KPK. Kericuhan pun dapat ditangani oleh sejumlah petugas keamanan yang berjaga di sana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


11 Jam Diperiksa

Sebelumnya, Anies selesai memberikan keterangan kepada KPK terkait kasus dugaan korupsi penyelenggaraan Formula pada pukul 20.22 WIB.

Dia diketahui, datang memenuhi panggilan KPK pada pagi hari pukul 09.26 WIB. Anies terhitung diperiksa KPK selama lebih kurang 11 jam.

 


Membantu KPK

Anies menjelaskan, dia hadir membantu KPK karena diminta untuk memberikan keterangan.

Dengan senyum merekah Anies berharap keterangan yang telah diberikan selama lebih kurang 11 jam itu dapat memberikan titik terang pada penyelidikan dugaan korupsi yang tengah didalami KPK.

"Kami hadir membantu apa yang diminta oleh KPK. Kami diminta membantu memberikan keterangan. Insyaallah dengan keterangan yang kami sampaikan membuat jadi terang. Sehingga isu yang didalami terang benderang dan menjalankan tugas dengan mudah," kata Anies.

Usai menyampaikan maksud kedatangannya, Anies langsung meninggalkan Gedung KPK. Kepulangan Anies diiringi oleh massa pendukung Anies yang diketahui telah berada di Gedung Antirasuah sejak siang hari lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya