4 Fakta Rudolf Tobing, Diduga Pembunuh Wanita yang Jasadnya Dibuang di Tol Becakayu

Kasus pembunuhan wanita yang jasadnya dibuang di Tol Becakayu jadi sorotan setelah aksi terduga pembunuhnya Rudolf Tobing viral. Lantas, siapa sebenarnya sosok pria bernama lengkap Christian Rudolf Tobing tersebut?

oleh Maria Flora diperbarui 21 Okt 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang terduga pelaku pembunuhan wanita yang jasadnya dibuang di Tol Becakayu, Jatibening, Bekasi akhirnya ditangkap. Identitas pelaku belakangan diketahui bernama Christian Rudolf Tobing (36), yang gerak-geriknya sempat terekam kamera CCTV lift sebuah apartemen di Jakarta Timur.

Dalam video yang viral memperlihatkan, pelaku Rudolf tampak santai memasuki lift sambil membawa sebuah troli. Diduga kuat troli tersebut berisi AYR yang telah terbungkus plastik dan belum lama ini jasadnya ditemukan di Tol Becakayu pada Senin malam, 17 Oktober 2022.

Tak ada raut muka panik yang ditunjukkan oleh pelaku saat dirinya satu lift dengan sejumlah penghuni apartemen. Laki-laki berkepala plontos tersebut bahkan sesekali tersenyum lebar kepada lawan bicaranya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok pria yang diketahui bernama lengkap Christian Rudolf Tobing tersebut? Pelaku dilaporkan berprofesi sebagai pendeta yang memberi pelayanan di salah satu gereja di Ibu Kota.

Berikut fakta penangkapan dan video viral oknum pendeta ini yang tersebar di berbagai media sosial saat diduga tengah membawa jasad korban di dalam lift sebuah apartemen:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pelaku Rudolf Ditangkap Selasa Siang, 18 Oktober 2022

Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Kepolisian menangkap pelaku pembuang jasad wanita yang dibungkus dengan kantong plastik hitam di bawah jalan tol Becakayu, Jatibening, Pondok Gede, Bekasi.

"(Pelaku) yang membuang korban sudah diamankan jam 11-an di Pondok Gede," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi saat dikonfirmasi, Selasa (18/10/2022).

Namun Hengki belum bisa merinci soal ada keterlibatan pelaku selain R. Pihaknya tengah melakukan pendalaman terlebih dahulu.

"Masih didalami," kata dia.


2. Jasad Korban Ditemukan Penjual Kopi

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Sebelumnya, mayat terbungkus plastik pertama kali ditemukan oleh seorang penjual kopi pada Senin, 17 Oktober sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, penjual kopi yang hendak menutup warungnya mencari gelas kopi di sekitar penemuan mayat tersebut. 

Tiba-tiba dia melihat plastik hitam yang cukup besar dan berbentuk menyerupai manusia. Karena mencurigakan, penjual kopi ini melaporkannya ke ketua RT setempat.

"Yang menemukan sebenarnya orang warkop di sebelah, dia lagi nyari gelas kopi sebenarnya, terus ketemu plastik yang ngebuntel kaya gitu," ucap Dian (35), rekan saksi yang menemukan mayat.

Identitas mayat terbungkus plastik yang ditemukan di Jalan Inspeksi Kalimalang, Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, terungkap. Korban merupakan seorang perempuan berinisial AYR (36), warga Pulogebang, Jakarta Timur.

"Nah identitas sudah diketahui dan keluarga sudah kita hubungi yaitu berasal dari Jakarta Timur. Pekerjaan karyawan swasta," ucap Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, Selasa, 18 Oktober 2022.


3. AYR Diduga Korban Pembunuhan

Ilustrasi Garis Polisi. (Freepik)
Ilustrasi Garis Polisi. (Freepik)

Kombes Hengki menambahkan bahwa AYR diduga menjadi korban pembunuhan. Karena saat ditemukan, pada bagian mulutnya terdapat bercak darah.

Untuk menguatkan penyebab kematian korban, pihak kepolisian masih menunggu hasil autopsi dari RS Kramatjati. 

"Dari mulutnya keluar darah, kalau kaki semua mulus tidak ada apa-apa. Terhadap korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Kramatjati untuk dilakukan autopsi," kata Hengki. 


4. Sosok Rudolf Tobing

Gerak gerik Rudolf Tobing di dalam sebuah lift, sebelumnya sempat tertangkap kamera CCTV dan viral di media sosial. 

Pria berusia 36 tahun tersebut terlihat santai saat memasuki lift dan sangat tenang. Dia bahkan sempat bercakap-cakap dengan salah satu pria di dalam lift sambil mengumbar senyum. 

Saat itu, Rudolf masuk sambil membawa troli dengan ada tas berwarna biru, dan salah barang lainnya diduga plastik hitam berisi jasad korban. 

Lantas, siapa sosok Rudolf? 

Diduga dia bekerja sebagai pelayan iman atau pendeta di sebuah gereja di Jakarta. 

 

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya