DPR Gelar Paripurna Persetujuan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Selasa Depan

Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono, menyebut, Rapat Paripurna DPR tentang pengesahan persetujuan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI bakal dilakukan pada Selasa (6/12/2022).

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Des 2022, 00:05 WIB
Diterbitkan 03 Des 2022, 00:05 WIB
Laksamana Yudo uji kelayakan calon Panglima TNI di DPR RI
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Dave Laksono, menyebut, Rapat Paripurna DPR tentang pengesahan persetujuan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI bakal dilakukan pada Selasa (6/12/2022). Sebab, Komisi I DPR RI langsung menyerahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Yudo, kepada pimpinan DPR hari ini, Jumat (2/12/2022).

"Hasil uji kelayakan dan kepatutan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI diserahkan langsung pada hari ini ke pimpinan DPR. Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan Paripurna," kata Laksono, saat diwawancarai usai melakukan verifikasi faktual di rumah dinas Margono, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Dia menyampaikan, nantinya pimpinan DPR setelah sidang paripurna, akan langsung mengirim hasil pengesahan tersebut ke presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk langsung dijadwalkan pelantikan.

"Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi," ujar Laksono.

Sementara terkait verifikasi faktual ke rumah dinas Margono, kata dia, Komisi I DPR ingin melihat bagaimana harmonisnya dan dukungan keluarga terhadap kerjanya selama ini mengingat masa jabatan dia sebagai panglima TNI kurang dari satu tahun.

"Kami lihat dan saksikan sendiri dan kami yakini bahwa beliau bisa dapat melanjutkan kepemimpinan TNI ke depan untuk terus membangun TNI lebih kuat dan solid serta menjaga netralitas TNI karena tahun ke depan bahwa akan jadi tahun politik dimana dia harus menyiapkan struktur TNI untuk mengamankan Pemilu," ungkapnya.

Tak hanya itu, Margono juga harus menjaga kondusivitas agar tidak terjadi konflik di tengah masyarakat.

"Kita yakini transisi kekuasaan lebih halus dan beliau bertanggung jawab memastikan program-program pemerintah terkait poros maritim berlangsung dengan baik dan itu sudah dipaparkan dan kami yakin ini terbaik," imbuhnya.


Komisi I DPR RI Setujui Yudo sebagai Panglima TNI

Laksamana Yudo uji kelayakan calon Panglima TNI di DPR RI
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Persetujuan itu didapatkan usai fit and proper test yang digelar Jumat (2/12/2022).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid, Jumat (2/12/2022).

"Setuju," jawab anggota komisi I.

Dengan persetujuan tersebut, nama Yudo akan dibawa ke rapat paripurna DPR untuk mendapatkan persetujuan tingkat II. Seluruh fraksi setuju lewat musyawarah bukan voting.

“Seluruh sembilan fraksi satu suara tidak ada yang berbeda,” ujar Meutya.

Hasil dari rapat paripurna, nama Yudo akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya dilantik resmi menjadi panglima TNI.

Infografis KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI
Infografis KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya