Sekda DKI Jakarta Terpilih Diharap Diisi Sosok yang Tepat

Dia meminta agar calon Sekda DKI Jakarta yang terpilih nantinya dapat menjalankan tugas dengan baik dan dekat dengan masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Des 2022, 21:13 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 17:12 WIB
20151120-Gedung DPRD DKI Jakarta
Gedung DPRD DKI Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan proses seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Seleksi tersebut akan melalui sejumlah tahapan mulai dari pendaftaran, verifikasi data, tes kesehatan hingga tes kompetensi.

Diketahui, jabatan Sekda DKI Jakarta sempat kosong setelah Marullah Matali dimutasi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI.

Selanjutnya, Heru melantik Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda DKI Jakarta Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DKI. Diharapkan Sekda DKI definitif bisa terpilih pada akhir Desember 2022 atau awal Januari 2023.

Menyikapi pemilihan ini, Mikha J selaku Staf Ahli Anggota DPRD August Hamonangan berharap jabatan ini akan diisi oleh sosok yang tepat. Dia meminta agar calon Sekda DKI Jakarta yang terpilih nantinya dapat menjalankan tugas dengan baik dan dekat dengan masyarakat.

"Pada Pemilihan Sekda Provinsi DKI Jakarta nanti diharapkan terpilih seorang atau sosok yang mampu menjalankan tugas dan fungsi seoptimal mungkin untuk seluruh segmen warga DKI Jakarta," ungkap Mikha dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Mikha menyebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 150 Tahun 2019, salah satu tugas pokok Sekretaris Daerah (Sekda) mengelola keuangan dan menyusun kebijakan pemerintah daerah.

"Dalam Pergub No 150 tahun 2019 pasal 3 dan 5, Tugas dan Fungsi Sekretaris Daerah DKI Jakarta antara lain mengkoordinasikan pengelolaan keuangan daerah, menyusun dan koordinasi untuk kebijakan pemerintah daerah dan lainnya," tutur Mikha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Menyerap Aspirasi

Dia berharap sosok yang terpilih dan dipercaya mengisi jabatan Sekda DKI Jakarta nantinya dapat menyerap aspirasi dan dapat memberikan solusi terbaik bagi seluruh elemen masyarakat.

"Diharapkan Sekda terpilih nanti dapat mengakomodir atau memfasilitasi semaksimal mungkin aspirasi setiap kepentingan segmen-segmen warga yang ada di DKI Jakarta," tutup Mikha.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya