52 Rumah di Manggarai Ludes Terbakar, Diduga Akibat Sambaran Petir

Sutaka memperkirakan kemungkinan ketika hujan deras melanda wilayah tersebut, petir sempat menyambar meteran listrik yang mengakibatkan munculnya api.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Des 2022, 20:08 WIB
Diterbitkan 17 Des 2022, 20:08 WIB
Kebakaran
Kebakaran melanda kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. (Merdeka.com)

 

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran meludeskan 52 bangunan rumah di kawasan permukiman penduduk di Jalan Pangkalan Bambu, Kelurahan Manggarai Utara, Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2022) sore. Kejadian ini diduga akibat sambaran petir yang mengenai meteran listrik dari salah satu rumah.

"Kita mendapat laporan dari warga pada pukul 15.05 Wib itu mendapatkan laporan telah terjadi kebakaran di Manggarai Utara. Ini adalah penyebab diduga oleh warga itu ada sambaran petir dan tahu-tahu api besar," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Sutaka kepada wartawan.

Sehingga, Sutaka memperkirakan kemungkinan ketika hujan deras melanda wilayah tersebut, petir sempat menyambar meteran listrik yang mengakibatkan munculnya api.

Meski demikian terkait dugaan sambaran petir, lanjut Sutaka, masih perlu dilakukan pendalaman. Sehingga petugas masih menyelidiki penyebab sebenarnya api yang membakar puluhan rumah itu.

"Itu diduga kira-kira sementara ini. Kita belum bisa menyimpulkan. Diduga sementara adalah tadi ada hujan besar, kemudian ada petir, itu ada sambaran petir salah satu indikasinya meteran listrik disambar oleh petir. Akhirnya terjadilah kebakaran, diduga awal seperti itu," ucapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


28 Unit Damkar Diterjunkan

Sementara dalam proses pemadaman kali ini, pihaknya telah mengerahkan sebanyak total 28 unit mobil damkar dengan total 176 personel.

Sedangkan untuk total kerugian, petugas telah memastikan tidak ada korban jiwa dari kebakaran yang menghanguskan 52 rumah bangunan semi permanen.

"sampai saat ini Alhamdulillah tidak ada laporan korban. Kita nyatakan korban jiwa nihi. Korban luka alhamdulilah tidak ada juga, petugas kami maupun warga selamat semua. aman," ucapnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya