Gereja Katedral Gelar Misa Natal soal Pernikahan, Singgung Penyebab Retaknya Hubungan

Gereja Katedral menggelar misa Natal ketiga pada Minggu sore (25/12/2022) pukul 17.00 WIB.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Des 2022, 22:04 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 22:00 WIB
Misa terakhir di hari kedua Ibadah Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12/2022).
Misa terakhir di hari kedua Ibadah Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12/2022). (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Katedral, Jakarta Pusat menggelar misa ketiga pada Minggu sore (25/12/2022) pukul 17.00 WIB. Misa dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, SJ.

Misa terakhir di hari kedua Ibadah Natal 2022 ini merupakan Misa Hari Ulang Tahun Pernikahan. Romo Albertus menyampaikan sejumlah nasihat pernikahan terutama dikhususkan bagi jemaat pasangan suami istri (pasutri) yang sedang merayakan ulang tahun perkawinan pada Desember 2022 ini.

Pada khotbahnya, Albertus membahas mengenai penyebab retaknya hubungan pernikahan. Salah satunya, kata dia disebabkan oleh tingginya harapan baik pada hidup perkawinan itu sendiri maupun kepada pasangan.

"Salah satu penyebab retaknya perkawinan adalah harapan yang terlampau tinggi atas hidup perkawinan dan pasangannya," kata Romo Albertus.

"Sudah berapa tahun membangun keluarga apakah harapan anda terlalu tinggi satu sama lain?" lanjut Albertus bertanya.

Albertus menyebut bahwa seseorang, yang telah mengucapkan janji setia perkawinan dan terlalu menyimpan harapan yang membumbung tinggi ditakutkan tidak lagi dapat diajak menjejak bumi atau bertumbuh bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harus bisa diajak untuk terus berkembang

Pasangan suami istri, kata Albertus harus bisa diajak untuk terus menerus berkembang dan bertumbuh. Pasalnya, ujar dia tidak ada sesuatu yang mutlak ideal.

"Dan Paus mengatakan tidak ada yang ideal, tidak ada suami ideal, tidak ada istri ideal, tidak ada keluarga ideal, tidak ada anak-anak ideal, tidak ada orang tua ideal, apalagi mertua juga tidak ada," terangnya.

"Tapi kita diajak untuk bersama bertumbuh terus menerus. Dan Paus memakai perumpamaan yang menarik bapak ibu, saudara sekalian terutama yang merayakan ulang tahun perkawinan yang dipakai adalah air," sambungnya.

Mengakhiri khotbahnya, Albertus mengutip penggalan puisi Kamus Kecil karya Joko Pinurbo atau Jokpin. "Bahwa amin yang terbuat dari iman menjadikan kau merasa aman," ucapnya.

Misa Hari Ulang Tahun Pernikahan pun berakhir dengan khidmat. Pada pukul 18.43 WIB, nampak jemaat misa terakhir ini telah meninggalkan Gereja Katedral satu persatu.


Jokowi Tinjau Pelaksanaan Ibadah Natal di Gereja Katedral Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/12/2022).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/12/2022). (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/12/2022). Kepala negara datang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya.

Jokowi datang mengenakan batik kuning kecoklatan lengan panjang, dan sempat bersalaman maupun berswafoto bersama jemaat gereja. Dirinya menyampaikan pesannya pada hari Natal ini.

"Pertama-tama saya menyampaikan Selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023," kata Jokowi seperti dilihat dari siaran langsung Gereja Katedral Kota Bogor di YouTube, Minggu (25/12/2022).

Jokowi melihat para jemaat merasa bahagia pada perayaan Natal tahun ini. Dia mengajak umat Kristiani untuk terus mempererat kerukunan dan persaudaraan untuk NKRI.

"Saya lihat tadi, bapak, ibu, semuanya senang dan bahagia damai menyambut Natal tahun ini dan mari bersama sama kita terus mempererat persaudaraan kita, memperkuat kerukunan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semua," tuturnya.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya