Jokowi Resmikan SPAM Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis Senilai Rp396,6 Miliar

Jokowi mengatakan penggunaan air di SPAM Durolis ini baru 400 liter per detik. Dia berharap nantinya semakin banyak lagi air minum yang bisa disalurkan ke rumah tangga yang ada di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Jan 2023, 12:31 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 12:31 WIB
Presiden Jokowi meresmikan SPAM Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis atau SPAM Durolis di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi meresmikan SPAM Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis atau SPAM Durolis di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis atau SPAM Durolis di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Kamis (5/1/2023).

Dia mengatakan proyek senilai Rp396,6 miliar ini bisa menyediakan air dengan kualitas baik untuk 32.000 rumah tangga di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

Menurut Jokowi, ketersediaan air masih masih menjadi masalah di hampir provinsi, kabupaten, dan kota. Khususnya, yang berkaitan dengan air baku bagi kabupaten/ kota.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita bisa melihat sistem penyediaan air minum (SPAM) bagi masyarakat di Rokan Hilir, di Bengkalis, dan di Kota Dumai. Nantinya, bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32.000 rumah tangga di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (5/1/2023).

Adapun anggaran untuk pembangunan SPAM ini dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara itu, lahannya disediakan oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Jokowi mengatakan penggunaan air di SPAM ini baru 400 liter per detik. Dia berharap nantinya semakin banyak lagi air minum yang bisa disalurkan ke rumah tangga yang ada di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

"Saya minta nanti karena ini penggunaan airnya baru 400 liter per detik, kita harapkan ini masih memiliki space ruang yang masih banyak dan ini nanti bisa disalurkan lebih banyak lagi air minum ke ruamh tangga-rumah tangga yang ada di sini," katanya.

"Oleh sebab itu, ini akan terus ditindaklanjuti apabila yang 32 ribu saluran rumah tangga tadi bisa diselesaikan," sambung Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Harap Masyarakat Dapat Air Minum Kualitas Terbaik

Selain itu, dia berharap masyarakat di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis bisa mendapatkan air minum dengan kualitas baik. Sehingga, meyehatkan dan menyejahterakan masyarakat.

"Semoga ini menjadi penyediaan air miinum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterakan masyarakat kita," tutur Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya