Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir

Kepala Petugas jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman, mengatakan hujan sedang di kawasan Puncak Bogor, berdampak menaikkan TMA di Bendung Katulampa

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Feb 2023, 05:57 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 05:57 WIB
Sempat Siaga 1, Status Bendung Katulampa Bogor Kembali ke Normal
Kondisi Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (10/10/2022). Setelah sebelumnya tinggi muka air (TMA) mencapai 220 Cm dengan status Siaga 1, pada pukul 13.23 WIB Bendung Katulampa terpantau kembali pada status normal. (Liputan.com/Magang/Aida Nuralifa)

Liputan6.com, Jakarta - Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat yang dialiri Sungai Ciliwung berstatus siaga 3, dengan kenaikan tinggi muka air (TMA) mencapai 110 cm pada Minggu (26/2/2023) pukul 22.22 WIB.

Kepala Petugas jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman, mengatakan hujan sedang di kawasan Puncak Bogor, berdampak menaikkan TMA di Bendung Katulampa.

"Hujan merata di wilayah Bogor. Puncak sebagai hulu Ciliwung menyumbang debit air cukup tinggi malam ini," kata Andi.

Andi menyampaikan hingga malam ini kawasan puncak masih gerimis. Debit air dari Bogor menuju Jakarta diperkirakan dini hari nanti menjelang pagi.

Menurut Andi, kemungkinan TMA kembali menurun bisa saja terjadi cepat atau lambat tergantung hujan yang terjadi di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

"Naik turun debit tergantung datangnya dari Puncak. Sebaiknya warga Jakarta tetap siaga banjir," ujarnya. Dilansir dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prakiraan Cuaca BMKG

Cuaca Ekstrem Jakarta, Warga Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah
Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan deras di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2022). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah apabila Jakarta mengalami cuaca ekstrem. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan sedang hingga lebat di Jawa Barat terjadi di luar wilayah Bogor.

Namun demikian, hujan gerimis dikombinasi sedang di wilayah Puncak Bogor membuat tinggi muka air di Bendung Katulampa meningkat.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya