Soal Peluang Usung Ganjar di Pilpres, PAN: Kita Tak Mungkin Main Nyelonong

Viva mengatakan, untuk mengusung Ganjar Pranowo tentunya harus mengikuti fatsun politik.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Feb 2023, 13:14 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 13:13 WIB
Viva Yoga Mauladi
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi bicara peluang memasangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024. Viva mengatakan, untuk mengusung Ganjar tentunya harus mengikuti fatsun politik. PAN tidak akan melangkahi PDIP soal keputusan calon presiden.

"Tentunya sebagai kader PDI Perjuangan, Mas Ganjar akan tunduk pada keputusan partainya. Dan PAN juga menghormati fatsun politik seperti itu. Rasanya tidak mungkin jika PAN main nyelonong," ujar Viva kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

PAN juga dekat dengan Ganjar. Berdasarkan survei calon presiden, politikus PDIP memiliki elektabilitas yang tinggi.

"Mas Ganjar Pranowo juga dekat dengan PAN. Dari hasil lembaga survei memiliki elektabilitas tinggi," ujar Viva.

Sementara, Erick Thohir bukan nama yang asing bagi PAN. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini sering didatangi Erick dalam berbagai kesempatan.

"Mas Erick Thohir menteri BUMN itu dari dulu dekat dengan PAN, dan seperti saudara sendiri dengan bang Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. Mas Eto bukan orang lain bagi PAN. Etho sering mengikuti acara-acara PAN," ujar Viva.

Namun, apakah akan final mengusung Ganjar Pranowo-Erick Thohir, PAN akan berkoordinasi dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Untuk diputuskan bersama siapa calon presiden dan calon wakil presiden.

"Oleh karena itu, PAN akan bersama-sama dengan KIB dalam menentukan pasangan calon di pilpres. Siapa yang akan diusung, nanti kita tunggu ya," ujar Viva.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pantun Khusus Ganjar - Erick

Diberitakan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan memberikan pantun khusus kedua sosok yang hadir dalam Workshop Rapat Koordinasi Nasional partai PAN yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

"Jalan-jalan ke Simpang Lima jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, insyaAllah Indonesia tambah jaya," kata Zulhas di Hotel Padma, Minggu (26/2).

Meski belum mengungkap terkait capres dan cawapres yang akan didukung PAN dalam Pemilu 2024.

"Mohon bersabar mudah-mudahan nanti bulan suci Ramadan, bulan baik kita sudah dapat gambar yang lebih terang," kata Zulhas.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya