Jokowi Resmikan SPAM Banjarbakula: Habiskan Rp787 Miliar, Bisa Suplai ke 60 Ribu Rumah Tangga

Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jokowi menjelaskan, SPAM yang dibangun adalah untuk tahapan kedua dengan anggaran dihabiskan senilai ratusan miliar.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Mar 2023, 15:10 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 15:10 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jokowi menjelaskan, SPAM yang dibangun adalah untuk tahapan kedua dengan anggaran dihabiskan senilai ratusan miliar.

"SPAM yang dibangun ini menghabiskan anggaran Rp 787 miliar. banyak sekali dan ini bisa mensuplai 60 ribu rumah tangga yang memerlukan air minum," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran daring, Jumat (17/3/2023).

Jokowi yang turut mengundang sejumlah pelajar dalam peresmian kali ini, turut mengadakan dialog interaktif soal SPAM. Kepala negera bertanya, darimanakan sumber air yang dikonsumsi mereka setiap harinya.

"Anak-anak kalau minum dari mana? dari galon? ada yang dari ini kemudian dimasak? dari keran dimasak ada? ada?," tanya dia.

Jokowi lalu mengurai, fungsi dari SPAM adalah untuk menyediakan air ke Kota Banjarmasi, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupatan Tanalaud yang semua airmya akan disediakan oleh SPAM dair Sungai Riam Kanan.

“Ada yang tahu? Sungai Riam kanan ditarik dari sin berapa kilo?,” tanya Jokowi.

“Kira-kira 20 KM, dari sini dibawa kesini diolah bersih baru disuplai ke rumah tangga-rumah tangga,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Berharap Infrastruktur yang Dibangun Berguna

Menutup penjelasannya, Jokowi pun akhirnya meresmikan SPAM. Dia berharap infrastruktur tersebut dapat berguna dan berfungsi maksimal untuk hajat masyarakat setempat.

“Dengan mengucap Bismillahirohmannirohim pada siang hari ini saya resmikan sistem penyediaan air minum regional Banjarbakuka di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan,” Jokowi menutup.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya