Airlangga Singgung Hubungan Tanpa Sekat dengan Surya Paloh, Sinyal Koalisi Golkar dan NasDem?

Airlangga Hartarto mengungkap hubungan hangatnya dengan Surya Paloh usai menghadiri acara buka bersama di NasDem Tower bersama sejumlah elite anggota Koalisi Perubahan.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Mar 2023, 07:51 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2023, 07:48 WIB
Airlangga Hartarto Hadiri Buka Bersama di NasDem Tower
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartaro ikut buka puasa bersama di NasDem Tower bersama sejumlah elite partai dan tokoh nasional seperti Surya Paloh, Jusuf Kalla (JK), Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi. (Merdeka.com/Ahda Bayhaqi)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyempatkan berbincang berdua usai buka puasa bersama di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (24/3/2023). Airlangga terlihat meninggalkan lokasi sekitar pukul 20.20 WIB.

Airlangga mengakui banyak berbincang soal masa lalu. Surya Paloh bukan orang baru di Golkar. Hubungan Paloh dan Golkar sangat dekat karena dulu merupakan kader partai beringin.

"Pak Surya sangat dekat dengan keluarga, demikian juga dengan Partai Golkar tentu sesudahnya kita berbincang-bincang seperti di masa-masa yang lalu," ujar Airlangga saat ditemui wartawan.

Dalam acara buka puasa bersama ini, turut hadir juga mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK). Airlangga mengatakan, saat silaturahmi dengan Surya Paloh, banyak mengingat masa indah ketika di Golkar.

Airlangga berharap, hubungan NasDem dan Golkar terus terjalin di masa depan.

"Jadi kita mengingat masa-masa indah dan kita tentu ke depan berharap hubungan Partai NasDem dan Partai Golkar selalu terjalin, dan kebetulan Partai Golkar sebagai salah satu partai paling tua tentu harus terbuka terhadap seluruh partai yang ada," ujar Menko Perekonomian ini.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, hubungannya dengan Surya Paloh tanpa sekat meski sudah berbeda partai. Persahabatan Airlangga dan Paloh terus berjalan.

"Ini salah satu bentuk keterbukaan dan juga kehangatan Pak Surya dengan Ketua Umum Partai Golkar dan antara kami tidak merasa ada sekat walaupun partainya sudah berbeda tetapi persahabatan terus berjalan," ujarnya.

 


Peluang Koalisi Bersama Golkar dan NasDem?

Surya Paloh ke Markas Golkar, Disambut Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat melakukan kunjungan ke kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023). Surya Paloh menyambangi DPP Partai Golkar didampingi Sekjen Partai NasDem sekaligus Menkominfo Johnny G Plate hingga Rachmat Gobel. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketika ditegaskan apakah pernyataan tersebut sinyal Golkar dan NasDem akan berkoalisi di Pemilu 2024, Airlangga menjawab diplomatis karena masih berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ia mengaku komunikasi ini harus terus dijaga.

"Ya kalau koalisi sama-sama punya koalisi, tentu dengan koalisi yang sama komunikasi menjadi hal yang penting di dalam politik dan keterbukaan komunikasi ini yang kita juga jaga, agar seluruh proses politik itu berjalan dengan baik," ujar Airlangga.

Infografis Pertemuan Mengejutkan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pertemuan Mengejutkan Surya Paloh dengan Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya