Hari Buruh, Puan Maharani: 2023 Jadi Momentum Perbaiki Kesejahteraan Buruh

Puan Maharani mengajak buruh bekerja dengan hati agar bisa menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 01 Mei 2023, 09:07 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 09:07 WIB
DPR RI Sahkan Undang-Undang Provinsi Papua Barat Daya
Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan DPR berkomitmen memperjuangkan aspirasi buruh dalam momen Hari Buruh atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan DPR berkomitmen memperjuangkan aspirasi buruh dalam momen Hari Buruh atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Ia juga berkomitmen untuk mengawal hak-hak pekerja perempuan di Indonesia.

“DPR RI berkomitmen untuk terus berupaya memperjuangkan aspirasi buruh. Setiap masukan dan koreksi akan memberikan energi kepada DPR agar selalu bekerja memperjuangkan kesejahteraan rakyat, termasuk para buruh," kata Puan Maharani dalam keterangannya,Senin (1/5/2023).

Tahun 2023 ini, Puan optimistis, perekonomian Indonesia yang mulai membaik juga akan berdampak positif terhadap kelompok buruh.

“Di tahun 2023 ini kita yakini bersama perekonomian Indonesia mulai bangkit kembali. Ini akan menjadi momentum untuk memperbaiki kesejahteraan buruh dan buruh pun bisa ikut berperan dalam pemulihan perekonomian negara,” kata Puan.

Puan mengajak buruh bekerja dengan hati agar bisa menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia.

“Selamat memperingati Hari Buruh untuk seluruh buruh Indonesia. Bekerjalah dengan hati dan motivasi untuk jejak karya terbaik demi kesejahteraan bersama. Dengan begitu, perekonomian Indonesia akan berkembang dan menjadi tolak ukur di mata dunia," kata Puan.

Ia juga mengingatkan semua pihak betapa pentingnya memperhatikan kebutuhan para pekerja atau buruh perempuan. Salah satunya adalah, kata Puan, cuti melahirkan yang layak dan fasilitas bagi ibu hamil/menyusui di tempat kerja.

“Hal ini yang sedang diperjuangan DPR lewat Rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA). Kita ingin semua pekerja perempuan mendapatkan hak-hak sesuai kodratnya, tapi sekaligus juga memiliki kesempatan karier yang sama dengan laki-laki,” sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Buruh Diminta Tertib

Di sisi lain, Puan mengingatkan para buruh yang akan turun memperingati May Day hari ini untuk menyampaikan aspirasinya dengan tertib.

“Jika ingin menyampaikan aspirasi, saya harap teman-teman menjaga ketertiban bersama agar peringatan May Day berlangsung damai. Pastikan aksi damai juga mengikuti anjuran protokol kesehatan,” imbau Puan.

“Untuk aparat kepolisian yang mengawal proses penyampaian pendapat dari para buruh, utamakan selalu tindakan humanis,” sambungnya.

Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya