4 Hal Bikin Kehadiran Kate Middleton Bersinar Dampingi Sang Suami Pangeran William di Penobatan Raja Charles III

Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton tentunya tidak ketinggalan hadir dalam penobatan Raja Charles III yang digelar pada Sabtu 6 Mei 2023.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 08 Mei 2023, 16:24 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 16:24 WIB
Kate Middleton dan Putri Charlotte diupacara Penobatan Raja Charles III
Kate Middleton dan Putri Charlotte diupacara Penobatan Raja Charles III, credit: Instagram @princeandprincessofwales

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton tentunya tidak ketinggalan hadir dalam penobatan Raja Charles III yang digelar pada Sabtu 6 Mei 2023.

Namun pada penobatan tersebut, calon Ratu Inggris masa depan Kate Middleton justru menarik perhatian saat datang ke perhelatan bersejarah ini.

Bagaimana tidak, sang Putri Wales datang dengan mengenakan headpiece dari Jess Collett x Alexander McQueen yang terlihat cantik. Melansir People, hiasan kepala perak tersebut dipercantik dengan kristal, dan jalinan daun silver.

Tak hanya itu, penampilan Kate Middleton mendampingi sang suami Pangeran William itu dipercantik dengan gaun sutra warna putih gading dari Alexander McQueen dan sejumlah perhiasan.

Salah satunya adalah anting-anting berlian dan mutiara yang sebelumnya dimiliki oleh mendiang mertuanya, Putri Diana.

Sebelum penobatan, memang banyak spekulasi apakah Kate Middleton akan mengenakan tiara atau tidak dalam penobatan Raja Charles III. Apalagi pada umumnya, bangsawan wanita memang mengenakan tiara dalam seremoni penobatan.

Namun di era yang lebih modern, tampaknya tradisi ini sudah tak terlalu mengikat.

"Tiara dikenakan oleh hampir setiap wanita bangsawan pada penobatan Ratu pada tahun 1953, tetapi banyak yang berubah dalam 70 tahun," kata Lauren Kiehna, penulis The Court Jeweller kepada People.

Tak sendiri, Putri Charlotte juga senada mengenakan hiasan kepala memukau buatan Jess Collett X Alexander McQueen itu. Keduanya juga memakai gaun serupa, sama-sama rilisan Alexander McQueen.

Berikut sederet hal terkait kehadiran calon Ratu Inggris masa depan Kate Middleton yang menarik dan memikat perhatian saat hadir dalam penobatan Raja Charles III yang digelar pada Sabtu 6 Mei 2023 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bersinar Kenakan Anting Milik Putri Diana dan Headpiece Alexander McQueen

Kate Middleton
Kate Middleton membuat pilihan pada fashion yang mematahkan tradisi kerajaan sekaligus mengecewakan penggemar Putri Diana di penobatan Raja Charles III. (Foto: Instagram @princeandprincessofwales)

Keluarga Pangeran William dan Kate Middleton tentunya tak absen dalam penobatan Raja Charles III yang digelar pada hari ini, Sabtu 6 Mei 2023. Calon Ratu Inggris masa depan, Kate Middleton, menarik perhatian saat datang ke perhelatan bersejarah ini.

Dilansir dari People, sang Putri Wales datang dengan mengenakan headpiece dari Jess Collett x Alexander McQueen yang terlihat cantik. Hiasan kepala perak tersebut dipercantik dengan kristal, dan jalinan daun silver.

Penampilannya dipercantik dengan gaun sutra warna putih gading dari Alexander McQueen dan sejumlah perhiasan. Salah satunya adalah anting-anting berlian dan mutiara yang sebelumnya dimiliki oleh mendiang mertuanya, Putri Diana.

Sebelum penobatan, memang banyak spekulasi apakah Kate Middleton akan mengenakan tiara atau tidak dalam penobatan Raja Charles III. Apalagi pada umumnya, bangsawan wanita memang mengenakan tiara dalam seremoni penobatan.

Namun di era yang lebih modern, tampaknya tradisi ini sudah tak terlalu mengikat.

"Tiara dikenakan oleh hampir setiap wanita bangsawan pada penobatan Ratu pada tahun 1953, tetapi banyak yang berubah dalam 70 tahun," kata Lauren Kiehna, penulis The Court Jeweller kepada People.

Kate Middleton datang ke Westminster Abbey bersama suami dan anaknya, Pangeran Louis dan Putri Charlotte. Sementara itu Pangeran George anak sulungnya, datang terpisah karena bertugas sebagai salah satu Pages of Honor.

Setelah seremoni selesai, Pangeran George, Putri Charlotte, dan juga Pangeran Louis ikut dalam pawai iring-iringan kereta kuda dari Westminster Abbey yang menuju Istana Buckingham.

 


2. Tak Sendiri, Putri Charlotte Juga Pakai Hiasan Kepala Kembaran

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
(Dari kiri) Pangeran William, Pangeran Wales, Putri Charlotte, Pangeran Louis, dan Kate Middleton, Putri Wales menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey di pusat kota London pada 6 Mei 2023. (YUI MOK/POOL/AFP)

Kate Middleton dan Putri Charlotte memperlihatkan momen kompak ibu-anak di upacara bersejarah.

Putri Wales dan putrinya yang berusia delapan tahun sama-sama mengenakan hiasan kepala memukau buatan Jess Collett X Alexander McQueen untuk acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, hari ini, Sabtu 6 Mei 2023.

Melansir People, Sabtu 6 Mei 2023, keduanya juga memakai gaun serupa, sama-sama rilisan Alexander McQueen. Ini dianggap sebagai anggukan khusus untuk pernikahan Kate dan Pangeran William, karena si desainer juga berada di belakang gaun renda pengantin yang tidak terlupakan.

Kedua pakaian tersebut menampilkan sulaman benang yang menampilkan motif mawar, thistle, daffodil, dan shamrock untuk menandakan empat negara yang membentuk Inggris Raya. Atas permintaan Raja dan Ratu, Pangeran dan Putri Wales sama-sama mengenakan jubah formal dan mantel untuk penobatan.

Kate Middleton juga mengenakan beberapa perhiasan yang menakjubkan, dengan penghormatan yang menyentuh pada para wanita kerajaan sebelumnya. Ia tampil berkilau dengan sepasang anting mutiara dan berlian milik mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

Ia juga mengenakan Kalung Festoon George VI, yang dibuat tahun 1950 atas permintaan Raja George VI untuk putrinya Putri Elizabeth, yang kemudian jadi Ratu Elizabeth II. Mendiang Ratu mengenakan kalung itu selama 70 tahun masa pemerintahannya.

Kate Middleton dan Putri Charlotte sering memakai pakaian serasi, kadang-kadang bahkan sama warna dengan busana Pangeran William, Pangeran George, dan Pangeran Louis untuk potret keluarga yang sempurna.

 


3. Alasan Hanya Pakai Mahkota Bunga Saat Momen Penobatan Raja Charles III

Pesona Kate Middleton di Penobatan Raja Charles III
Salah satunya adalah anting-anting berlian dan mutiara yang sebelumnya dimiliki oleh mendiang mertuanya, Putri Diana. (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Penampilan Kate Middleton memukau banyak pasang mata saat penobatan Raja Charles III. Namun, ada pula yang menyoroti hiasan yang ada di kepalanya saat itu.

Biasanya, Kate Middleton turut identik dengan tiara yang tersemat di kepalanya. Bahkan, beberapa kali kedapatan menggunakan tiara yang sama yang digunakan oleh mendiang Putri Diana.

Rupanya, ada alasan mengapa Kate Middleton hanya menggunakan hiasan kepala berbentuk bunga dengan warna perak karya Jess Collett x Alexander McQueen.

Dikutip dari laman LBC.co.uk, Senin (8/5/2023), laporan menunjukkan bahwa Princess of Wales menginginkan tampilan yang lebih sederhana agar sesuai dengan tema yaitu penobatan yang jauh lebih sederhana yang telah ditetapkan Raja Charles untuk mempertimbangkan krisis biaya hidup di Inggris.

Raja Charles III sah menjadi pemimpin kerajaan Inggris setelah 70 tahun dipimpin oleh Ratu Elizabeth II. Raja Charles III dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury.

Kini mahkota seberat kurang lebih 2,07 kilogram itu sudah terpasang di kepala Charles. Mahkota ini bernama St. Edward yang terdiri dari rangka emas padat, berhias batu permata: rubi, kecubung dan safir.

 


4. Lakukan Hal Menyentuh Untuk Mendiang Putri Diana di Penobatan Raja Charles III

Potret Pangeran Louis di Penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla
Pangeran Louis terlihat cuek menguap saat penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London pada 6 Mei 2023. Pangeran Louis duduk di antara Putri Charlotte dan Kate Middleton (Yui Mok/POOL/AFP)

Kate Middleton atau Princess of Wales menyajikan sebuah penghargaan yang menyentuh banyak orang, terkait referensi tampilannya kepada sang ibu mertua.

Pada penobatan Raja Charles III, Kate Middleton menggunakan perhiasan pilihannya, yaitu anting-anting berlian dan mutiara yang begitu sering dikenakan oleh Putri Diana semasa hidupnya.

Cara sederhana Kate Middleton seakan-akan membawa kenangan tentang Putri Diana ke dalam peristiwa bersejarah ini.

Diana cukup sering memakai anting-anting berlian dan mutiara untuk mengubahnya menjadi salah satu penampilan viral.

Bahkan, penampilan semacam itu kerap dilakukan oleh Putri Diana untuk pesta amal, tur ke negara bagian (terutama ke Australia) dan pergi ke acara opera dan balet, dikutip dari laman telegraph.co.uk, Senin (8/5/2023).

Anting itu berbentuk seperti set tapal kuda dengan berlian baguette. Ada pula mutiara yang digantung di tengah.

Hal yang jadi sorotan yaitu ketika Kate Middleton memakai mahkota berbentuk bunga. Padahal, ia identik dengan tiara yang juga kerap dipakai oleh Putri Diana.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya