4 Respons Presiden Jokowi Usai Timnas U-22 Raih Medali Emas di SEA Games 2023 Kamboja

Keberhasilan timnas sepak bola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 17 Mei 2023, 11:34 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 11:34 WIB
Keberhasilan timnas sepak bola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
Keberhasilan timnas sepak bola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa 16 Mei 2023, timnas sepak bola Indonesia U-22 akhirnya berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Pasukan Indra Sjafri berhasil menekuk timnas Thailand dengan skor 5-2.

Keberhasilan timnas U-22 itu pun diapresiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Melalui akun media sosial (medsos) Instagramnya @jokowi, ia mengucapkan selamat kepada timnas Indonesia yang telah membuat harum nama bangsa.

"Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, dan seluruh masyarakat sepakbola Indonesia.," ucap Jokowi di akun Instagramnya, Selasa 16 Mei 2023.

Jokowi menyebut, pada akhirnya, Indonesia kembali merebut medali emas di sepak bola SEA Games usai 32 tahun menanti.

"Indonesia telah 32 tahun menanti untuk kembali menjadi juara SEA Games sepakbola. Dahaga emas itu terbasuh semalam, lewat laga final yang sungguh dramatis. Saya menonton laga ini dari Kota Medan, Sumatra Utara dengan perasaan yang tegang sampai akhir pertandingan," ucap dia.

"Gelar ini adalah hasil kerja keras seluruh pihak bertahun-tahun lamanya lewat pembinaan dan kompetisi berkesinambungan," sambung Jokowi.

Terakhir kali timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas cabang olahraga sepakbola pada 1991 silam. Timnas Indonesia sebetulnya tiga kali masuk final SEA Games yakni pada 2011, 2013, dan 2019.

Namun sayang, pasukan Garuda selalu tumbang di tiga laga final itu melawan Malaysia, Thailand dan Vietnam. Dengan begitu, ini menjadi emas ketiga Indonesia dalam cabang sepakbola SEA Games setelah 1987 dan 1991.

Jokowi pun memuji mental pemain Timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas di ajang SEA Games 2023.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Berikut sederet respons Presiden Jokowi usai timnas sepak bola Indonesia U-22 akhirnya berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sebut Usai Penantian Panjang Berhasil Raih Emas Lagi

Foto: Momen Presiden Jokowi Semangati Skuad Timnas Indonesia U-20 setelah Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023
Presiden RI, Joko Widodo didampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Waketum PSSI, Zainudin Amali berfoto bersama dengan skuad Timnas Indonesia U-20 saat mengunjungi latihan Timnas Indonesia U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Sabtu (1/4/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Sepakbola Indonesia U-22 berhasil merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Bermain di Olypic Stadium Phnom Phen, Selasa, 16 Mei 2023, pasukan Indra Sjafri berhasil memukul timnas Thailand dengan skor 5-2.

Keberhasilan ini pun diapresiasi banyak pihak, salah satunya Presiden Joko Widodo. Dalam akun Instagramnya, Presiden mengucapkan selamat kepada timnas Indonesia yang telah membuat harum nama bangsa.

"Perjuangan pemain sepakbola muda Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kartu kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," ucap Jokowi di akun Instagramnya, Selasa 16 Mei 2023.

"Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepakbola dari SEA Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat Thailand 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku menyaksikan perjuangan Witan Sulaeman dkk dari layar kaca.

"Dari Medan, Sumatra Utara, saya menyaksikan perjuangan Tim Nasional Indonesia U-22 dengan tegang namun puas. Selamat, Garuda Muda!" ucap Jokowi.

Hasil ini sekaligus menyudahi dahaga selama 32 tahun penantian skuat Garuda memperoleh medali emas dalam ajang SEA Games. Terakhir kali timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas cabang olahraga sepakbola pada tahun 1991 silam.

Timnas Indonesia sebetulnya tiga kali masuk final SEA Games yakni pada 2011, 2013, dan 2019. Namun sayang, pasukan Garuda selalu tumbang di tiga laga final itu melawan Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dengan begitu, ini menjadi emas ketiga Indonesia dalam cabang sepakbola SEA Games setelah 1987 dan 1991.

 


2. Prank Wasit di Final Sepak Bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Akui Juga Terkecoh

Momen Jokowi Beri Semangat untuk Timnas Indonesia U-20 yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023
Jokowi memberikan motivasi kepada pemain Timnas Indonesia U-20 agar bangkit dari keterpurukan pasca pembatalan Piala Dunia U-20 2023. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jokowi mengaku juga sempat terkecoh ketika wasit asal Oman Qasim Ali Al-Hatmi meniup peluit jelang selesainya final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand.

Usai kejadian tersebut, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri masuk lapangan, melakukan sujud syukur, dan berselebrasi karena mengira pertandingan sudah berakhir. Saat itu Garuda Nusantara sedang memimpin 2-1 di Olympic Stadium, Selasa 16 Mei 2023.

"Pertama, gol pertama tadi Ramadhan Sananta itu golnya satu, yang kedua, kemudian yang ketiga Irfan Jauhari, itu yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi, untuk keempat tadi Fajar Fathur Rahman golnya juga, yang terakhir ditutup Beckham Putra ya udah lima rampung," tutur Jokowi menceritakan jalannya pertandingan.

Nyatanya Al-Hatmi meniup peluit karena terjadi pelanggaran. Thailand kemudian mencetak gol penyama kedudukan dan memaksa digelarnya perpanjangan waktu di laga SEA Games 2023 ini.

"Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan (kemasukan) gol kaget juga gitu," imbuh Jokowi.

Beruntung Indonesia tetap meraih kemenangan 5-2 dan mengakhiri paceklik 32 tahun emas sepak bola SEA Games. Atas keberhasilan ini, Jokowi mentraktir jajaran menteri serta bawahannya menikmati durian di Medan, Sumatera Utara.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam perayaan kecil itu adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, serta anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tadi sore memang saya janjian, para menteri dengan wagub dan lain-lain, kalau menang, saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng. Jadi, karena menang, ya, harus nraktir karena janjiannya seperti itu," ujar Jokowi.

 


3. Sebut Mental Pemenang, Mental Juara Kelihatan Sekali Ada

Jokowi Terima Timnas U-22
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama pemain dan ofisial Timnas U-22 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Timnas Indonesia U-22 baru saja mengharumkan nama negara, usai menjuarai Piala AFF U-22 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi memuji mental pemain Timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas di ajang SEA Games 2023, setelah mengalahkan Timnas Thailand dengan skor 5-2.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

"Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu," sambung Jokowi.

 


4. Siapkan Hadiah untuk Timnas U-22 Usai Raih Medali Emas di SEA Games 2023

Presiden Jokowi Hadir di Laga Timnas Indonesia melawan Kamboja
Presiden Joko Widodo melakukan selebrasi dengan bertepuk tangan setelah pemain Timnas Indonesia menjebol gawang Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain itu, Jokowi akan memberikan hadiah kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil membawa pulang medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Dia mengatakan keberhasilan Timnas U-22 ini merupakan penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi.

Dia pun menyampaikan selamat kepada Timnas U-22 atas kemenangan yang diraih. Jokowi menilai hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.

"Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," jelas Jokowi.

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya