7 Ucapan Selamat dari Mantan Ketum PSSI Iwan Bule, Menteri, hingga Jokowi Usai Timnas U-22 Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

Tim nasional atau timnas U-22 Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 usai 32 tahun dari cabang olah raga sepak bola dengan skor 5-2 atas Thailand.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 17 Mei 2023, 12:48 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 12:48 WIB
Timnas Indonesia di Podium Utama
Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 5-2 pada laga final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB. (Nhac NGUYEN/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional atau timnas U-22 Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas SEA Games usai 32 tahun dari cabang olah raga sepak bola dengan skor 5-2 atas Thailand.

Kemenangan itu berhasil disabet timnas U-22 Indonesia di laga final sepak bola yang diadakan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa malam, 16 Mei 2023.

Ucapan selamat dan rasa bangga pun diucapkan sejumlah pihak atas kemenangan timnas U-22 Indonesia melawan Thailand. Salah satunya mantan ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

"Alhamdulillah, kemenangan ini adalah nikmat yang harus sama-sama kita syukuri. Setelah kita berkali-kali masuk final, akhirnya tahun ini kita berhasil membawa pulang medali emas," ujar Iwan Bule.

Iwan Bule mengatakan, dirinya ikut bangga dengan perjuangan Garuda Muda melawan Thailand. Karena, kemenangan ini tentu akan membawa harum nama Indonesia di dunia internasional.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun memuji mental pemain timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas di ajang SEA Games 2023, setelah mengalahkan Timnas Thailand dengan skor 5-2.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Berikut sederet ucapan selamat dan rasa bangga dari sejumlah tokoh usai timnas U-22 Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Rasa Syukur Mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan

Mochamad Iriawan - Timnas Indonesia U-22 - SEA Games 2023
Mantan Ketum PSSI Mochamad Iriawan tampak gembira dengan sukses Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand 5-2 pada laga final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga memuji Ketum PSSI Erick Thohir. (foto: istimewa)

Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Tim asuhan Indra Sjafri ini mengalahkan Thailand pada laga final melalui perpanjangan waktu di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam 16 Mei 2023.

Sukses Timnas Indonesia U-22 mengakhiri penantian selama 32 tahun medali emas mendapat apresiasi Mochamad Iriawan.

"Alhamdulillah, kemenangan ini adalah nikmat yang harus sama-sama kita syukuri. Setelah kita berkali-kali masuk final, akhirnya tahun ini kita berhasil membawa pulang medali emas," kata mantan ketua umum PSSI itu di Jakarta.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu iku bangga dengan perjuangan Garuda Muda melawan Thailand. Karena, kemenangan ini tentu akan membawa harum nama Indonesia di dunia internasional.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pemain, jajaran pelatih dan official dan juga kepada Pak Ketum Erick Thohir atas keberhasilannya membawa pulang medali emas," ujar yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 merupakan buah dari kerja keras dan proses yang panjang. Sukses merebut medali emas di SEA Games 2023 tidak terlepas hasil investasi panjang pada era kepemimpinan Iwan Bule di PSSI.

"Saya merasakan dan menyaksikan bagaimana perjuangan yang dipertaruhkan oleh skuad Garuda Muda demi mangharumkan nama bangsa Indonesia," ujar Iwan.

Menurutnya, kemenangan ini sangat berkesan karena mengobati kerinduan masyarakat Indonesia akan prestasi sepak bola di turnamen internasional. Terlebih Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Thailand.

"Semoga kemenangan ini menjadi momentum kebangkitan Sepak Bola Indonesia. Terima Kasih," pungkas Iwan Bule.

 


2. PDIP Puji Pemain, Pelatih, dan Erick Thohir

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-22 setelah Titan Agung Fawwazi mencetak gol pertama ke gawang Kamboja pada laga keempat Grup A SEA Games 2023 di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

PDI Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat kepada timnas U-22 Indonesia atas prestasinya di ajang SEA Games 2023.

"Kita bangga atas perjuangan timnas. Fighting spirit (semangat berjuang) yang begitu kokoh. Di momen genting, timnas berhasil keluar dari tekanan. Perjuangan ini sangat pantas kita apresiasi. Supremasi sepak bola Asia Tenggara berhasil diwujudkan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa malam 16 Mei 2023 dilansir Antara.

Hasto memuji pasukan timnas Indonesia yang berjuang habis-habisan hingga peluit akhir berbunyi. Perjuangan dramatis anak asuh Indra Sjafri patut diapresiasi tinggi dan diacungi jempol.

"Selamat kepada seluruh pemain dan ofisial timnas, termasuk pelatih Indra Sjafri," kata Hasto.

Hasto mengatakan emas sepak bola SEA Games ini semakin bermakna karena medali emas ini diraih saat Indonesia tidak menjadi tuan rumah. Apalagi medali emas sudah lama sekali tidak didapat oleh pasukan Garuda.

"Belum lagi karena telah lama sekali atau 32 tahun lalu akhirnya Indonesia kembali bisa meraih emas cabang sepak bola," ujar Hasto.

Selain itu, Hasto memuji perhatian seluruh ofisial sepakbola Indonesia, termasuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang membakar semangat para pemain dari pinggir lapangan.

"Perhatian pengurus PSSI, khususnya Pak Erick diapresiasi. Wejangan yang membakar semangat pemain sejak akan berangkat ke Kamboja dan di momen krusial malam ini, Pak Erick terlihat ikut menenangkan pemain saat terjadi keributan," kata Hasto.

Hasto juga tak lupa mengamati antusiasme penggemar sepak bola Tanah Air dalam mendukung timnas meski hanya melalui layar kaca.

Usai SEA Games 2023, tutur Hasto, timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 yang merupakan penampilan pertama sejak 16 tahun terakhir.

Sebelumnya, timnas berkiprah pada Piala Asia 2007 dengan status tuan rumah. Hasto mengatakan meski masuk grup yang berat melawan tim Jepang, Irak, dan Vietnam, ia berharap timnas Indonesia mampu kembali menunjukkan kegigihan bertanding.

"Setelah SEA Games, maka ajang Piala Asia merupakan langkah berikut Indonesia menuju ke level pentas dunia," jelas Hasto.

 


3. Ketua Umum PSSI Sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir

Aksi Ketua Umum PSSI Erick Thohir turun ke lapangan menenangkan pemain dan official Timnas Indonesia saat terjadi kericuhan di laga Final sepak bola SEA Games 2023
Aksi Ketua Umum PSSI Erick Thohir turun ke lapangan menenangkan pemain dan official Timnas Indonesia saat terjadi kericuhan di laga Final sepak bola SEA Games 2023 

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian panjang Timnas Indonesia akan medali emas SEA Games. Terakhir kali momen ini dirasakan pada SEA Games 1991 yang berlangsung di Filipina.

"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir seusai laga final, Selasa 16 Mei 2023.

Erick memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat timnas U-22. Mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial. Menurut Erick ini adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick.

Ucapan selamat kepada Timnas Indonesia U-22 disampaikan Erick Thohir melalui unggahan poster di akun Twitter pribadinya, @erickthohir.

Atas keberhasilan Muhammad Ramadhan Sananta dkk, Erick Thohir pun berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung Timnas Indonesia selama ini.

"Alhamdulillah, penantian 32 tahun berakhir. Timnas Indonesia berhasil membawa pulang emas di SEA Games 2023!," kicau Erick Thohir sebagai keterangan poster yang diunggahnya.

"Alhamdulillah ya Allah, Engkau ridhoi perjuangan anak-anak kami. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat. Emas ini bukti bangsa kita adalah BANGSA PEJUANG," kicaunya lagi diakhiri emoticon bendera merah putih, semangat, dan api membara.

 


4. Rasa Bangga Menpora Dito Ariotedjo

Pengukuhan Kontingen Indonesia di SEA Games 2023
Menpora Dito Ariotedjo (tengah) diapit oleh CdM Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim (kiri) dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari saat pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Jakarta hari Selasa (02/05/2023). (Dokumentasi KOI)

Menpora Dito Ariotedjo menyebutkan asam lambungnya sempat naik saat melihat secara langsung perjuangan Timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam 16 Mei 2023.

Pada laga yang ketat tersebut, Timnas Garuda Muda sukses mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 melalui perpanjangan waktu setelah pada waktu normal kedudukan sama kuat 2-2.

"Asam lambung saya sampai naik, karena naik turun, sudah unggul disamain lagi. Tapi Alhamdulillah kita bisa meninggalkan mereka karena semangat anak-anak di lapangan dan tentunya para atlet dan ofisial," kata Dito usai pertandingan seperti dilansir Antara.

Menurut menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu kemenangan tim asuhan Indra Sjafri merupakan buah keras persiapan yang dilakukan oleh semua tim yang terlihat.

"Kemenangan ini juga berhasil membuktikan kalau Indonesia adalah pejuang," kata Menpora yang mempunyai nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu.

Orang nomor satu di Kemenpora itu menilai Timnas U-22 Indonesia yang sukses merebut emas setelah 32 tahun ini merupakan hasil pembinaan berjangka dan panjang.

Ke depan diharapkan timnas banyak melakukan training center baik di dalam maupun di luar negeri, sehingga otomatis akan menaikkan kualitas.

"Saya sangat terharu dan tidak hanya emas yang diraih sepak bola saja, namun medali emas dari cabang olahraga lainnya sangat membanggakan dengan berbagai tantangan dan ketidakadilan menimpa kontingen kita," kata Dito menegaskan.

Secara keseluruhan, kontingen Indonesia hingga ini saat meraih 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu pada SEA Games 2023. Atas hasil tersebut Menpora Dito Ariotedjo mengucapkan terima kasih atas perjuangan atlet berikut tim pendukungnya.

 


5. Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia Bangga

Foto: Membanggakan, Momen Timnas Indonesia U-22 Merayakan Medali Emas SEA Games 2023 di Podium
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Lexyndo Hakim, staf pelatih, ofisial, dan pemain Timnas Indonesia U-22 berpose memegang medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 pada laga final yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/2023). (AFP/Nhac Nguyen)

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Melalui akun Instagram @bahlilahadalia, ia mengunggah gambar pelatih indra safitri dan tim asuhannya yang telah meraih emas.

Bahlil Lahadalia mengucapkan selamat untuk Tim Nasional Indonesia U-22, yang telah mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023.

"Alhamdullilah, selamat untuk Tim Nasional Indonesia U-22, pahlawan generasi muda yang telah mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023," tulis dia.

Bahlil menyampaikan, timnas Indonesia U-22 telah berjuang dengan semangat luar biasa dan merupakan hasil kerja keras.

"Kalian bukan hanya bermain sepak bola, kalian berjuang dengan semangat juang dan patriotisme yang luar biasa. Kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras, kegigihan, dan determinasi yang tak kenal lelah," tulis dia.

Bahlil mengatakan, Timnas U-22 sebagai generasi muda telah membuktikan komitmen persiapan dan kerja sama sehingga mencapai apapun yang diinginkan. “Sebagai generasi muda, Timnas U-22 Indonesia telah membuktikan bahwa dengan komitmen, persiapan, dan kerja sama, kita dapat mencapai apa pun yang kita inginkan,” ujar dia.

Tak lupa ia juga berterima kasih kepada timnas U-22 yang telah mempersembahkan kemenangan.

"Terima kasih telah mempersembahkan kemenangan ini untuk Indonesia. Teruslah menginspirasi dan membanggakan bangsa ini dengan prestasi-prestasi lainnya," kata dia.

 


6. Menaker Ida Fauziyah dan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Ucapkan Terima Kasih pada Timnas

SEA Games 2023: Final: Timnas Indonesia U-22 vs Thailand
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah atas) didampingi Menpora Dito Ariotedjo menyaksikan laga final cabor sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 menghadapi Thailand di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah juga menyampaikan ucapan selamat kepada timnas U-22 dan pelatih Indra Sjafri melalui akun Instagram resminya @idafauziyahnu.

"Penantian yang panjang untuk kembali merebut medali emas sepak bola SEA Games. Congrats Garuda Muda…Terima kasih Coach Indra Sjafri, seluruh pemain dan team yang sudah berjuang," tulis dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga memberikan ucapan terima kasih dan selamat kepada tim nasional sepak bola Indonesia SEA Games 2023.

Ia menyampaikan hal tersebut melalui akun Instagram resminya @airlanggahartarto_official.

"Setelah penantian panjang 32 tahun, Timnas Sepakbola Indonesia berhasil menjadi juara dan membawa pulang medali emas di Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2023 di Kamboja," tulis dia.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Garuda Muda atas prestasinya yang telah harumkan nama Indonesia.

"Terimakasih Garuda Muda atas perjuangan dan mental juaranya, mengharumkan nama Indonesia," tulis dia.

 


7. Presiden Jokowi Sampaikan Rasa Bangga, Akan Berikan Bonus

Foto: Membanggakan, Momen Timnas Indonesia U-22 Merayakan Medali Emas SEA Games 2023 di Podium
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), Menpora Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Lexyndo Hakim, staf pelatih, ofisial, dan pemain Timnas Indonesia U-22 berpose memegang medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 pada laga final yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/2023). (AFP/Nhac Nguyen)

Dalam akun Instagramnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat kepada timnas Indonesia yang telah membuat harum nama bangsa.

"Perjuangan pemain sepakbola muda Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kartu kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," ucap Jokowi di akun Instagramnya.

"Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepakbola dari SEA Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat Thailand 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku menyaksikan perjuangan Witan Sulaeman dkk dari layar kaca.

"Dari Medan, Sumatra Utara, saya menyaksikan perjuangan Tim Nasional Indonesia U-22 dengan tegang namun puas. Selamat, Garuda Muda!" ucap Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi pun akan memberikan hadiah kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil membawa pulang medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Dia mengatakan keberhasilan timnas U-22 ini merupakan penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Dia pun menyampaikan selamat kepada Timnas U-22 atas kemenangan yang diraih. Jokowi menilai hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.

"Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," ujarnya.

Melihat kemenangan timnas Indonesia setelah menunggu selama 32 tahun untuk menjadi juara SEA Games, Jokowi merasa sangat bahagia. Dia pun menilai para pemain dalam laga tersebut bermain dengan mental juara.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," tutur dia.

"Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu," sambung Jokowi.

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya