VIDEO: Nyam! Nikmatnya Santap Mujair Rica-Rica di Danau Tondano

Diselimuti kabut dan udara pegunungan yang menyejukkan di Danau Tondano semakin menambah nikmat santap siang bersama mujair woku, mujair rica-rica, dan sate columbi.

oleh Nadya Isnaeni diperbarui 08 Mar 2013, 01:16 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2013, 01:16 WIB
kuliner-minhasa130307d.jpg
Menikmati kuliner nusantara tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Tomohon, Sulawesi Utara, untuk menyantap masakan Minahasa. Diselimuti kabut dan udara pegunungan yang menyejukkan di Danau Tondano semakin menambah nikmat santap siang bersama mujair woku, mujair rica-rica, dan sate columbi.

Diperlukan ikan mujair segar yang baru saja ditangkap di Danau Tondana untuk membuat sajian mujair woku ini. Paduan kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah yang dihaluskan akan menambah cita rasa daging ikan.

Tak cukup di situ, daun sereh, daun bawang, daun jeruk, daun pandan, kemangi, dan cabe merah juga ikut ambil bagian menambah kaya rasa si mujair. Berbagai bumbu-bumbu ini pun dimasak hingga matang. Setelah mewangi baru kemudian ikan mujair dimasukan ke dalamnya hingga bumbu meresap dan siap dihidangkan.

Sejian khas Minahasa yang ke-2 tak kalah nikmat, mujair panggang rica-rica. Ikan mujair yang sebelumnya direndam dengan bumbu kemudian dipanggang di atas tungku membara. Selain ikan, Danau Tondano juga kaya akan kerang. Nikmatnya sate columbi tercipta dari cita rasa kerang danau ini. Seperti sate, kerang-kerang yang ditusuk ini dipanggang di atas api.

Makan siang semakin nikmat bila ditemani dengan tumnis kangkung dan sambal rica-rica yang meledakkan lidah melalui sensasi pedasnya. Nyam.. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya