Zulfikar Rakita Dewa Putra Aktor Deddy Mizwar Raih Gelar Doktor di Unpad

Zulfikar Rakita Dewa anak aktor sekaligus politikus Deddy Mizwar resmi menyandang gelar Doktor setelah menyelesaikan sidang promosi dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

oleh Winda Nelfira diperbarui 12 Jun 2023, 16:03 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 16:03 WIB
6 Potret Zulfikar Rakita Dewa Anak Deddy Mizwar yang Seorang TNI
6 Potret Zulfikar Rakita Dewa Anak Deddy Mizwar yang Seorang TNI (sumber: Instagram/zrdewa)

Liputan6.com, Jakarta - Zulfikar Rakita Dewa anak aktor sekaligus politikus Deddy Mizwar resmi menyandang gelar Doktor setelah menyelesaikan sidang promosi dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Dilihat Liputan6.com, pada laman resmi pps.fisip.unpad.ac.id, Zulfikar Rakita Dewa momen kelulusan Zulfilar dihelat secara daring via aplikasi zoom ada Senin (12/6/2023).

"Selamat atas diraihnya gelar Doktor kepada Dr Zulfikar Rakita Dewa yang Semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan Intansi tempat bekerja," demikian bunyi keterangan dalam website tersebut, dikutip Senin (12/6/2023).

Zulfikar masuk kuliah Program Doktor Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung pada semester ganjil tahun akademik 2019.

Disertasi yang dia susun soal tata kelola pemerintahan dinamis Jawa Barat pasca pemilihan presiden 2019 itu dinyatakan lulus dengan predikat Pujian.

Menurut Zulfikar disertasi ihwal Pemilu 2019 diangkat karena menjadi Pemilu yang diselenggarakan untuk pertama kalinya memilih Presiden dan Wapres serta anggota Dewan Rakyat secara serentak.

"Beberapa kalangan menilai, Pemilu ini adalah yang paling kompleks dan berat hingga memakan banyak korban jiwa serta melahirkan polarisasi politik di tingkat masyarakat sehingga terjadi tindak kekerasan dan intimidasi di kalangan masyarakat," jelas dia.

Diketahui, Pemilu 2019 diikuti oleh dua pasangan calon (Paslon), yaitu pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. Saat itu, kata dia terjadi perbedaan pilihan pandangan politik yang menyebabkan para partisan cenderung melanggar aturan.

"Walau Pemilu 2019 telah selesai digelar, namun polarisasi politik di masyarakat masih tetap terjadi," ucap dia.

 


Zulfikar Rakita Dewa Awali Pendidikan di Akmil

Sebelumnya, Zulfikar mengawali pendidikan di Akademi Militer dan lulus pada 2009 di Magelang. Dia kemudian, menyandang gelar Sarjana Ekonomi pada 2011 di Universitas Pelita Bangsa.

Dia juga memperoleh Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Jenderal Ahmad Yani pada 2019. Lalu, dia sebelumnya juga menyandang gelar Magister Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran 2019, dan Magister Hukum dari Universitas Krisnadwipayana, serta Magister Manajemen STIE Ganesha pada tahun yang sama, yakni pada 2021.

 

Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya