Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Bakal Sholat Idul Adha di Balai Kota Besok

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bidang Fatwa KH Asrorun Ni'am Sholeh MA ditunjuk sebagai khotib Sholat Idul Adha 1444 H di Balai Kota.

oleh Winda Nelfira diperbarui 28 Jun 2023, 14:52 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 14:39 WIB
FOTO: Ribuan Umat Muslim Salat Idul Adha di Jakarta International Stadium
Umat muslim melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium, Minggu (10/7/2022). Pemerintah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 668/2022 tentang Penetapan 1 Dzulhijah dan Idul Adha 1443. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan sholat Idul Adha 1444 H di halaman Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis, 29 Juni 2023 besok.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dijadwalkan hadir dan bakal menjalani salat Idul Adha bersama warga dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman Balai Kota DKI itu.

"Pak Pj terjadwal (sholat Idul Adha) di Balai Kota," kata Kepala Biro Kepala Daerah Sekretariat Daerah DKI Jakarta Muhammad Mawardi dalam pesan singkat, Rabu (28/6/2023).

Di sisi lain, Plh Sekretaris KORPRI DKI Jakarta M Arif Rachman mengatakan, sesuai Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah (Sekda) Nomor 26 Tahun 2023, Pemprov DKI akan menyelenggarakan sholat Idul Adha dan kurban bertema, Kurban Bukti Cinta kepada Sesama.

"Pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H di halaman Balai Kota DKI terbuka untuk umum," kata Arif dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (28/6/2023).

Arif menyampaikan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bidang Fatwa KH Asrorun Ni'am Sholeh MA ditunjuk sebagai khotib Sholat Idul Adha 1444 H di Balai Kota.

"Sementara imam pada salat Idul Adha yakni Ustadz H Raden Harmoko, Juara II MTQ internasional Malaysia," kata dia.

Lebih lanjut, Arif menyebut pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H tingkat kota dan kabupaten administrasi Jakarta bakal digelar di wilayah masing masing.

"Sholat Idul Adha juga digelar di lima kantor wali kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2.313 Personel Dikerahkan untuk Amankan Libur Idul Adha di Jakarta dan Sekitarnya

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo di Polda Metro Jaya
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo di Polda Metro Jaya. Dia mengatakan, 2.313 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.(Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sebanyak 2.313 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, personel yang dikerahkan meliputi 1.440 personel dari berbagai Polres, 703 personel dari Polda, dan 103 personel Kodam Jaya, serta 40 personel dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Total personel ada 2.313 personel," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Rabu (28/6/2023).

Trunoyudo mengatakan, kehadiran aparat keamanan guna memastikan libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023 berjalan aman, damai, dan tertib.

"Terkait pengamanan tentu menjalankan ibadah, beberapa titik direncanakan dari Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan-pengamanan," kata ujar dia.

Trunoyudo mengatakan, pengamanan juga difokuskan di beberapa titik area wisata, di samping tempat-tempat ibadah. Menurutnya, lokasi wisata berpotensi menimbulkan kepadatan masyarakat.

"Beberapa lokasi wisata yang menjadi sasaran pada hari libur bersama keluarga ini juga menjadi konsentrasi untuk pengamanan," ujar Trunoyudo.

Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya