Top 3 News: Respons Mereka yang Menolak Disahkannya RUU Kesehatan Jadi Undang-Undang

Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan (RUU Kesehatan) menjadi UU telah resmi disahkan oleh DPR RI melalui rapat paripurna yang digelar pada Selasa 11 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiMaria FloraLiputan6.com diperbarui 14 Jul 2023, 08:45 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2023, 08:45 WIB
DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi UU
Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan (RUU Kesehatan) menjadi UU telah resmi disahkan oleh DPR RI melalui rapat paripurna yang digelar pada Selasa 11 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan (RUU Kesehatan) menjadi UU telah resmi disahkan oleh DPR RI melalui rapat paripurna yang digelar pada Selasa 11 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Sebelum mengetuk palu, Ketua DPR RI Puan Maharani menanyakan kepada peserta sidang mengenai RUU Kesehatan. Diketahui ada enam fraksi di DPR yang menyetujui disahkannya UU Kesehatan yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan PPP. Sementara, Demokrat dan PKS menolak RUU tersebut.

Lantas, apa alasan Demokrat menolak RUU Kesehatan tersebut? Ada tiga catatan Demokrat mengapa fraksinya menolak UU Kesehatan disahkan. Satu di antaranya terkait indikasi liberalisasi tenaga kesehatan dan tenaga medis asing yang dinilai sangat berlebihan.

Sementara itu, Bareskrim Polri telah menerima laporan yang dilayangkan Politisi Demokrat Cipta Panca Laksana terhadap pemilik akun Twitter @ghanieierfan.

Menurut Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, laporan tersebut dibuat usai Cipta Panca Laksana dituding terlibat dalam pusaran dana korupsi BTS paket 1-5.

Namun, Ramadhan enggan merinci lebih jauh perihal laporan tersebut. Ia hanya memastikan pelaporan yang dilayangkan Panca masih diproses.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait tradisi malam 1 Suro yang mungkin sudah tak asing lagi didengar. 1 Suro sendiri menjadi tanggal tahun baru pada kalender Jawa.

Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Lalu bagaimana dengan di tahun Masehi? Dalam kalender Masehi, malam 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023, yang berarti malam 1 Suro jatuh pada Kamis 18 Juli 2023.

Kemudian, bagaimanakah dengan sejarah adanya tradisi malam 1 Suro? Mengutip laman kemdikbud.go.id, peringatan malam 1 Suro sangat lekat dengan budaya Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 13 Juli 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Empat Mereka yang Menolak Disahkannya RUU Kesehatan Jadi Undang Undang

DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi UU
Puan menyatakan, berdasarkan laporan Komisi IX terdapat enam fraksi, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai GErindra, Fraksi PKB, Fraksi PAN, dan Fraksi PPP yang menyatakan menyetujui. Sementara PKS dan Demokrat menolak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketuk palu Ketua DPR RI Puan Maharani pada rapat paripurna DPRI RI yang digelar pada Selasa, 11 Juli kemarin menjadi tanda telah resmi disahkannya Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan (RUU Kesehatan) menjadi UU.

Sebelum mengetuk palu, Puan Maharani menanyakan kepada peserta sidang mengenai RUU Kesehatan.

"Kami menanyakan kembali ke seluruh peserta sidang, apakah Rancangan Undang-Undang Kesehatan ini disetujui menjadi Undang-Undang?," tanya Puan ke peserta sidang.

Diketahui ada enam fraksi di DPR yang menyetujui disahkannya UU Kesehatan. Yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan PPP. Sementara, Demokrat dan PKS menolak RUU tersebut.

Lantas, apa alasan Demokrat menolak RUU Kesehatan tersebut? Ada tiga catatan Demokrat mengapa fraksinya menolak RUU Kesehatan disahkan. Satu di antaranya terkait indikasi liberalisasi tenaga kesehatan dan tenaga medis asing yang dinilai sangat berlebihan.

 

Selengkapnya...


2. Bareskrim Usut Laporan Politisi Demokrat yang Dituding Terlibat Korupsi BTS Kominfo

Ilustrasi Polisi Polri. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Gedung Mabes Polri. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Bareskrim Polri telah menerima laporan yang dilayangkan Politisi Demokrat, Cipta Panca Laksana terhadap pemilik akun Twitter @ghanieierfan. Laporan ini dibuat usai dirinya dituding terlibat dalam pusaran dana korupsi BTS paket 1-5.

"Baru diterima laporannya," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu 12 Juli 2023.

Namun, Ramadhan enggan merinci lebih jauh perihal laporan tersebut. Ia hanya memastikan pelaporan yang dilayangkan Panca masih diproses.

"Masih dalam proses laporan tersebut," ucapnya.

 

Selengkapnya...


3. Kapan Malam 1 Suro 2023 dan Apa Itu? Simak Sejarah, Amalan, hingga Larangannya

Malam 1 Suro, Halloween-nya Indonesia
Ini fakta-fakta mistis seputar malam 1 Suro yang bakal bikin kamu merinding disko

Tradisi malam 1 Suro mungkin sudah tak asing lagi didengar. 1 Suro sendiri menjadi tanggal tahun baru pada kalender Jawa.

Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Lalu bagaimana dengan di tahun Masehi? Dalam kalender Masehi, 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023, yang berarti malam 1 Suro jatuh pada Kamis 18 Juli 2023.

Malam 1 Suro tersebut diperingati pada malam setelah magrib pada hari sebelum tanggal 1 Suro.

Mengapa begitu? Sebab dalam kalender Jawa, pergantian hari dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam sebagaimana pergantian hari dalam kalender Masehi.

 

Selengkapnya...

Infografis DPR Setujui RUU Kesehatan Jadi Undang-Undang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DPR Setujui RUU Kesehatan Jadi Undang-Undang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya