Jurus Jitu TP-PKK Kota Malang Perkuat Ekonomi Keluarga Melalui Bunga Telang

Di balik keindahan warna biru cerah dan ungu yang khas serta bentuk bunga telang yang seperti kelopak corong dan mahkota seperti kupu-kupu, tanaman tersebut memiliki kebermanfaatan yang banyak, baik untuk kesehatan tubuh hingga mampu mendongkrak ekonomi seseorang.

oleh Fachri diperbarui 21 Jul 2023, 12:50 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 12:47 WIB
Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji
Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji/Istimewa.

Liputan6.com, Malang Bunga Telang menjadi salah satu komoditas guna menguatkan ekonomi keluarga serta membentuk tangguh sosial yang kuat di Kota Malang. Melalui Gerbudbute atau Gerakan Budi Daya Bunga Telang, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Malang pun menjadikan bunga telang sebagai andalan untuk mencapai tujuan tersebut.

Di balik keindahan warna biru cerah dan ungu yang khas serta bentuk bunga telang yang seperti kelopak corong dan mahkota seperti kupu-kupu, tanaman tersebut memiliki kebermanfaatan yang banyak, baik untuk kesehatan tubuh hingga mampu mendongkrak ekonomi seseorang.

Berkaitan dengan itu, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan bahwa bunga telang memiliki manfaat yang luar biasa untuk Kota Malang, salah satunya menguatkan ekonomi keluarga.

"Alhamdulillah, bunga telang dapat menguatkan ekonomi keluarga. Dan sejauh ini kami sudah bisa menjual hingga ke mancanegara, salah satunya ke Malaysia," katanya.

Selain itu, Widayati juga mengungkapkan bahwa sudah banyak masyarakat Kota Malang membuat olahan dari bunga telang, salah satunya pewarna makanan.

"Sekarang jika membuat tumpeng, di Kota Malang dikasih pewarna makanan bunga telang, jadi warnanya ungu," ungkapnya.

Selain pewarna makanan, terdapat pula minuman yang dihasilkan dari olahan bunga telang, salah satunya adalah teh grandul.

"Olahan bunga telang sudah dibuat menjadi teh grandul. Teh itu tidak hanya dikonsumsi oleh yang non-diabet, di Kota Malang, orang-orang diabet sudah boleh mengonsumsi teh grandul ini," ujar Widayati.

"Kami sudah bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Putra Bangsa yang membantu dalam mengolah bunga telang menjadi teh grandul," imbuhnya.


556 RW Budi Dayakan Bunga Telang

Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji
Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji/Istimewa.

Dalam menggencarkan Gerakan Budi Daya Bunga Telang, kekuatan ibu-ibu PKK memiliki peran yang sangat besar. Widayati mengatakan, gerakan tersebut tidak menggunakan APBD karena murni kerja sama dengan stakeholders lain, seperti Bank Jatim.

"Hasil kerja sama dengan stakeholders tersebut kami berikan ke 57 titik kelurahan yang ada di Kota Malang. Kami punya 556 RW dan dilaporkan semuanya sudah membudi dayakan bunga telang," katanya.

"Masyarakat Kota Malang hanya satu titik kami beri stimulan, yang lainnya sudah ikut. Kenapa? karena manfaatnya luar biasa untuk menjaga kesehatan keluarga, penguatan ekonomi keluarga, dan tentunya untuk tangguh sosialnya," jelas Widayati.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan, dengan adanya Gerbudbute, kohesi sosial antar masyarakat untuk kumpul bersama dan melakukan budi daya serta gotong royong semakin menguat. 

"Kami berharap gotong royong masyarakat semakin menguat, kerja sama untuk urban farming dan Gerakan Budi Daya Bunga Telang semakin menguat, karena tujuannya ekonomi harus kuat, Insya Allah semuanya akan sejahtera," ungkapnya.

"Ayo kita jaga kesehatan keluarga, kita jaga ekonomi keluarga, dan kita jaga kegiatan sosial kita, salah satunya melalui Gerakan Budi Daya Bunga Telang seperti yang sudah dibudi dayakan di Kota Malang," ucap Widayati.

 


Ragam Khasiat Bunga Telang

Bunga yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea ini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh yang banyak. Karena khasiat yang banyak tersebut, TP PKK Kota Malang pun terus mendorong pengolahan bunga telang melalui Gerbudbute.

"Khasiat bunga telang untuk menjaga kesehatan jantung, antioksidan juga sangat tinggi, dan juga untuk menjaga kesehatan mata," ucap Widayati.

Khasiat lainnya dari bunga telang, dilansir dari Kementerian Kesehatan, bunga tersebut memiliki ragam khasiat untuk menjaga kesehatan otak, membantu dalam memperbaiki mood atau suasana hati, mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut, mengandung antioksidan, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya