Top 3 News: Alexander Marwata Jelaskan soal Johanis Tanak Minta Maaf ke TNI yang Bikin Penyidik Marah

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap alasan Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap di Basarnas. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Muhammad AliDevira PrastiwiAdy AnugrahadiFachrur Rozie diperbarui 02 Agu 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 08:30 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap alasan Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap di Basarnas. Itulah top 3 news hari ini.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap alasan Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap di Basarnas. Itulah top 3 news hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkap alasan Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap pengadaan alat deteksi korban reruntuhan di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Itulah top 3 news hari ini.

Diketahui, Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI tersebut pada Jumat 28 Juli 2023. Alex menyebut, di hari itu, Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) Marsekal Muda (Marsda) Agung Handoko mendatangi gedung KPK.

Sebelum mendatangi markas antirasuah, Danpuspom TNI diketahui menggelar jumpa pers yang menyatakan KPK menyalahi prosedur karena menetapkan dua prajurit TNI aktif sebagai tersangka.

Alex menyebut, lantaran Puspom TNI menyebut KPK bersalah menjerat Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi dan Koorsmin Kabasarnas Letkol Adm Afri Budi Cahyanto, maka Johanis berpikir bahwa KPK harus meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Sementara itu, Relawan Indonesia Bersatu resmi melaporkan Pengamat Politik Rocky Gerung dan Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada Senin 31 Juli 2023.

Laporan tercatat dengan Nomor: LP/B/4450/VII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA tanggal 31 Juli 2023. Menurut Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan, seluruh relawan Joko Widodo (Jokowi) murka mendengar pernyatan Rocky Gerung.

Lisman mengatakan, diksi yang dibangun Rocky Gerung pada saat berbicara di suatu forum sangat tidak etis karena menyerang kepala negara dalam hal ini Presiden Jokowi. Parahnya lagi, video rekaman turut diunggah oleh Refly Harun di saluran YouTube miliknya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait warga yang dihebohkan dengan ritual diduga dilakukan aliran sesat di Gegerkalong Bandung, Jawa Barat.

Dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @fakta_bandung, tampak sekelompok orang diduga tengah melakukan kegiatan di dalam masjid.

Dalam masjid, tak terlihat terang seperti ibadah pada umumnya. Suasananya begitu mencekam lantaran pencahayaan ruangannya menggunakan lampu berwarna merah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 1 Agustus 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Alexander Marwata Jelaskan Duduk Perkara Johanis Tanak Minta Maaf ke TNI yang Bikin Penyidik Marah

Alexander Marwata
Alex mengungkapkan, Marilya ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkap alasan Johanis Tanak meminta maaf kepada Puspom TNI berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap pengadaan alat deteksi korban reruntuhan di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Johanis meminta maaf pada Jumat 28 Juli 2023.

Alex menyebut, di hari itu, Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) Marsekal Muda (Marsda) Agung Handoko mendatangi gedung KPK.

Sebelum mendatangi markas antirasuah, Danpuspom TNI diketahui menggelar jumpa pers yang menyatakan KPK menyalahi prosedur karena menetapkan dua prajurit TNI aktif sebagai tersangka.

"Begini kontruksinya, sebelum datang ke KPK pihak Puspom itu menyampaikan, bikin konpers, dia menyebutkan KPK tidak berwenang, KPK bersalah, kan begitu, baru mereka datang ke KPK," ujar Alex dalam keterangannya dikutip Selasa 1 Agustus 2023.

 

Selengkapnya...


2. Sempat Ditolak Bareskrim, Laporan Relawan soal Dugaan Rocky Gerung Hina Jokowi Resmi Diterima Polda Metro

Upaya Mempertahankan Independensi KPK
Pengamat politik Rocky Gerung menjadi pembicara dalam diskusi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (23/7/2019). Diskusi tersebut mengangkat tema " Upaya Mempertahankan Independensi KPK". (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Relawan Indonesia Bersatu resmi melaporkan pengamat politik Rocky Gerung dan Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada Senin 31 Juli 2023.

Laporan tercatat dengan Nomor: LP/B/4450/VII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA tanggal 31 Juli 2023.

"Alhamdulilah Laporan kami diterima. Hari ini melaporkan resmi Rocky Gerung sama Refly Harun," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan di Polda Metro Jaya, Senin malam.

Lisman mengatakan, seluruh relawan Joko Widodo (Jokowi) murka mendengar pernyatan Rocky Gerung.

Menurut dia, diksi yang dibangun Rocky Gerung pada saat berbicara di suatu forum sangat tidak etis karena menyerang kepala negara dalam hal ini Presiden Joko Widodo. Parahnya lagi, video rekaman turut diunggah oleh Refly Harun di saluran youtube miliknya.

 

Selengkapnya...


3. Viral Diduga Aliran Sesat di Gegerkalong Bandung, Suasana Mencekam dan Ibadahnya Menari-Nari

Aliran sesat gegerkalong bandung
Suasana di masjid yang digunakan untuk melakukan ritual yang diduga aliran sesat di Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat. (IG Fakta_Bandung)

Warga dihebohkan dengan ritual yang diduga dilakukan aliran sesat di Gegerkalong Bandung, Jawa Barat.

Dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @fakta_bandung, tampak sekelompok orang diduga tengah melakukan kegiatan di dalam masjid.

Dalam masjid, tak terlihat terang seperti ibadah pada umumnya. Suasananya begitu mencekam lantaran  pencahayaan ruangannya menggunakan lampu berwarna merah.

"Astagfirullah, itu mereka ibadahnya nari-nari, OMG,” ucap seorang perempuan sambil merekam video itu.

Dikatakan bahwa ritual itu digelar di sebuah masjid yang berada di dekat Pondok Pesantren milik Aa Gym, Darut Tauhid, Gegerkalong, Bandung.

 

Selengkapnya...

Infografis Kisruh Penetapan Tersangka Suap Kabasarnas oleh KPK. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kisruh Penetapan Tersangka Suap Kabasarnas oleh KPK. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya