7 Fakta Selebgram Oklin Fia Diangkat Jadi Duta oleh MUI Usai Viral Konten Jilat Es Krim, Benarkah?

Selebgram Oklin Fia disebut kuasa hukumnya Budiansyah, ke depannya kliennya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda. Benarkah?

oleh Devira Prastiwi diperbarui 07 Sep 2023, 12:53 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 12:50 WIB
Selebgram Oklin Fia disebut kuasa hukumnya Budiansyah, ke depannya kliennya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda. Benarkah?
Selebgram Oklin Fia disebut kuasa hukumnya Budiansyah, ke depannya kliennya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda. Benarkah? (Sumber: Instagram/oklinfia)

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Oklin Fia belakangan ini menjadi viral usai membuat konten jilat es krim. Oklin Fia pun akhirnya tertunduk lemas dan minta maaf kepada masyarakat maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Momen pertemuan Oklin Fia didampingi kuasa hukum Budiansyah dengan Wakil Sekretaris Jenderal Badan Hukum MUI Ikhsan Abdullah, menandai penyesalan sang selebgram atas konten menjijikan tersebut.

"Terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada Wasekjen Badan Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bapak Ikhsan Abdullah yang sudah berkenan menerima permintaan maaf saya secara langsung dan terima kasih pula atas nasihat dan masukannya," ujar Oklin Fia di akun Instagram terverifikasi, Minggu 3 September 2023.

Namun, pada kesempatan yang sama, Budiansyah kuasa hukum Oklin Fia sempat menyampaikan kepada wartawan mengenai status selebgram Oklin Fia selanjutnya.

Budiansyah menyebut bahwa Oklin Fia ke depannya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda.

Dalam sebuah pernyataan yang rekamannya diunggah ulang oleh berbagai pengguna akun media sosial, Budiansyah awalnya mengatakan bahwa Oklin Fia ke depannya ingin terus memperbaiki diri.

"Oklin sendiri sudah menyampaikan permohonan maaf dan sangat menyesali perbuatannya. dan berjanji ingin memperbaiki dirinya, dan ini adalah sesuatu yang luar biasa," kata tim kuasa hukum Oklin Fia ke awak media, dikutip dari unggahan akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall pada Selasa 5 September 2023.

"Oklin dibimbing, dipersilakan untuk terus berkarya. Silakan membuat konten-konten yang kreatif. Jangan sampai masalah ini membuat Oklin itu menjadi tidak kreatif lagi, tidak mau bermedia sosial lagi. Malah dipersilakan untuk terus berkreasi tapi dengan konten-konten yang lebih positif," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MUI Bidang Ukhuwah dan Dakwah KH M Cholil Nafis dengan tegas membantah berita yang tersebar di masyarakat luas. Menurutnya, MUI tidak pernah memberikan penghargaan sebagai Duta MUI kepada selebgram kontroversial itu.

"Saya tegaskan bahwa di MUI tidak pernah berpikir, tidak pernah memutuskan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai duta MUI," ungkap Kiai Cholil, mengutip laman mui.or.id, Rabu 6 September 2023.

Berikut sederet fakta terkait kabar selebgram Oklin Fia diangkat sebagai Duta oleh MUI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sampaikan Permohonan Maaf ke MUI

Selebgram Oklin Fia
Selebgram Oklin Fia didampingi pengacara, Budiansyah, akhirnya minta maaf kepada MUI dan masyarakat Indonesia gara-gara konten viral jilat es krim. (Foto: Dok. Instagram @oklinfia)

Setelah dihujat sana-sini dan dilaporkan ke polisi, selebgram Oklin Fia akhirnya tertunduk lemas dan minta maaf kepada masyarakat maupun Majelis Ulama Indonesia atau MUI.

Momen pertemuan Oklin Fia didampingi kuasa hukum, Budiansyah, dengan Wakil Sekretaris Jenderal Badan Hukum MUI, Ikhsan Abdullah, menandai penyesalan sang selebgram atas konten menjijikan tersebut.

Seperti diketahui, Oklin Fia yang berhijab bikin gempar jagat maya gara-gara konten jilat es krim. Di situ, ia jongkok sambil menjilati es krim yang dipegang seseorang. Es krim itu diposisikan sebagai alat kelamin laki-laki. Walhasil, netizen ngamuk.

Tak hanya itu, selebgram dengan 400 ribuan pengikut ini dilaporkan ke polisi. Oklin Fia mengaku tidak bijaksana saat membuat konten tersebut lalu berjanji ke depan akan lebih berkontribusi positif terhadap masyarakat.

"Terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada Wasekjen Badan Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bapak Ikhsan Abdullah yang sudah berkenan menerima permintaan maaf saya secara langsung dan terima kasih pula atas nasihat dan masukannya," cuitnya.

Pernyataan tertulis ini diunggah Oklin Fia di akun Instagram terverifikasi, Minggu 3 September 2023. Dalam kesempatan itu, ia berterima kasih kepada presenter Aiman Witjaksono yang mewujudkan keinginannya untuk bertemu pihak MUI.

"Sekali lagi, saya dengan segala kerendahan hati ingin meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kepada saudara-saudara umat Muslim, atas konten yang kurang pantas yang telah saya buat," Oklin Fia menyambung.

Ia menyesal atas konten viral jilat es krim dan berjanji tidak akan mengulangi.

"Saya sangat menyesal atas ketidakbijaksanaan tersebut dan saya berjanji untuk tidak mengulanginya kembali," ungkapnya.

Oklin Fia juga berkomitmen memperbaiki konten-kontennya.

 


2. Kuasa Hukum Sempat Sebut MUI Angkat Oklin Fia Jadi Duta

Oklin Fia diperiksa polisi (M. Althaf Jauhar)
Oklin Fia diperiksa polisi (M. Althaf Jauhar)

Pada kesempatan yang sama, Budiansyah kuasa hukum Oklin Fia sempat menyampaikan kepada wartawan mengenai status Oklin Fia selanjutnya. Mengejutkannya, Budiansyah menyebut bahwa Oklin Fia ke depannya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda.

Dalam sebuah pernyataan yang rekamannya diunggah ulang oleh berbagai pengguna akun media sosial, Budiansyah awalnya mengatakan bahwa Oklin Fia ke depannya ingin terus memperbaiki diri.

"Oklin sendiri sudah menyampaikan permohonan maaf dan sangat menyesali perbuatannya. dan berjanji ingin memperbaiki dirinya, dan ini adalah sesuatu yang luar biasa," kata tim kuasa hukum Oklin Fia ke awak media, dikutip dari unggahan akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall pada Selasa 5 September 2023.

"Oklin dibimbing, dipersilakan untuk terus berkarya. Silakan membuat konten-konten yang kreatif. Jangan sampai masalah ini membuat Oklin itu menjadi tidak kreatif lagi, tidak mau bermedia sosial lagi. Malah dipersilakan untuk terus berkreasi tapi dengan konten-konten yang lebih positif," ia menyambung.

Kuasa hukum Oklin Fia pun menyebut bahwa kliennya bisa menjadi inspirasi anak-anak muda masa kini, dan ke depannya bakal ditunjuk sebagai Duta MUI. Namun begitu, Budiansyah tak tahu rincian mengenai ditunjuknya Oklin Fia sebagai Duta MUI.

"Oklin ini akan menjadi sebuah inspirasi bagi anak-anak muda yang tadinya mereka terpeleset, ‘Oh saya masih diberikan tempat, saya masih diberikan ruang, kesempatan untuk menginspirasi orang-orang’," ujar Budiansyah.

"Saya tidak tahu detailnya seperti apa, tetapi lebih pada menjadi duta MUI saja," sambungnya perihal isu Oklin Fia menjadi Duta MUI.

 


3. MUI Langsung Membantah

Majelis Ulama Indonesia Bantah Kabar Oklin Fia Jadi Duta MUI Setelah Minta Maaf Terkait Konten Jilat Es Krim
Majelis Ulama Indonesia Bantah Kabar Oklin Fia Jadi Duta MUI Setelah Minta Maaf Terkait Konten Jilat Es Krim. (instagram.com/muipusat)

Menanggapi Oklin Fia yang diangkat menjadi Duta, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ukhuwah dan Dakwah KH M Cholil Nafis dengan tegas membantah berita yang tersebar di masyarakat luas.

Menurutnya, MUI tidak pernah memberikan penghargaan sebagai Duta MUI kepada selebgram kontroversial itu.

"Saya tegaskan bahwa di MUI tidak pernah berpikir, tidak pernah memutuskan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai duta MUI," ungkap Kiai Cholil, mengutip laman mui.or.id, Rabu 6 September 2023.

 


4. MUI Tegaskan Tak Jadikan Oklin Fia Duta, Namun Menghargai

Oklin Fia Viral Lantaran Konten Jilat Es Krim
Oklin Fia Putri digeruduk warganet lintas platform media sosial karena video jilat es krim. (Sumber: Instagram/oklinfia)

Dalam pernyataannya, KH M Cholil Nafis menjelaskan bahwa MUI tidak pernah mengambil keputusan atau merencanakan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai Duta MUI. Isu ini menjadi perbincangan luas di media sosial dan beberapa pihak telah melakukan tabayun terkait hal ini.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah ini sangat tegas dalam mengklarifikasi bahwa tidak ada inisiatif dari pihak MUI untuk mengangkat Oklin Fia sebagai duta.

"Bismillahirahmanir rahim saya mendapat banyak pertanyaan. Begitu juga web Majelis Ulama Indonesia banyak yang tabayun berkenaan dengan Oklin Fia yang akan menjadi duta Majelis Ulama Indonesia," katanya dalam video yang diunggah di Instagram MUI Pusat.

"Saya tegaskan bahwa di majelis ulama saya tidak pernah berpikir jangankan pernah memutuskan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai Duta Majelis Ulama Indonesia. Kami tidak ada sama sekali berinisiasi, berpikir untuk menjadikan Oklin Fia sebagai duta Majelis Ulama Indonesia," sambungnya lagi.

Meski begitu, KH M Cholil Nafis juga menunjukkan penghargaannya terhadap tindakan taubat dan koreksi yang telah dilakukan oleh Oklin Fia terkait penggunaan media sosial yang kurang tepat.

Pihaknya mengakui bahwa penggunaan media sosial yang kurang bijak dapat menciptakan ketidaknyamanan dan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat.

"Meskipun tentunya saya menghargai atas taubat penyesalan dan koreksinya terhadap dirinya yang telah menggunakan media sosial kurang baik dan kurang memberikan pencerahan atau bahkan mungkin menimbulkan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat," terang dia.

 


5. Minta Dijadikan Pelajaran

Gaya Oklin Fia Liburan di Korea Selatan, Tak Pakai Busana Ketat
Namun, setelah meminta maaf ke masyarakat dan MUI, Oklin Fia tampak mengaktifkan kembali media sosialnya, termasuk Instagram. Namun, banyak foto yang telah lenyap dan hanya menyisakan beberapa foto saja. Di antaranya, momen saat ia berlibur di Korea Selatan. (Liputan6.com/IG/@oklinfia)

Kejadian ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi Oklin Fia dan semua individu yang aktif di media sosial.

KH M Cholil Nafis menekankan pentingnya menggunakan media sosial dengan bijak, menyebarkan informasi yang bermanfaat, dan memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk berkembang secara positif.

"Tentunya ini menjadi pelajaran kepada Oklin Fia agar besok-besok itu menggunakan media sosial lebih cerdas, lebih memberikan nilai kebaikan karena efeknya kadang-kadang tak terkira seperti yang dirasakan sekarang ini sampai ada yang melaporkan ke pihak terkait untuk penegakan hukumnya," papar dia.

 


6. Titip Pesan Untuk Anak Muda Bijak Gunakan Medsos

Gaya Oklin Fia Liburan di Korea Selatan, Tak Pakai Busana Ketat
setelah konten video jilat es krim yang dibuatnya viral di media sosial, Oklin Fia panen hujatan dan cacian dari netizen. Besarnya makian yang didapat, membuatnya memutuskan untuk mematikan semua akun media sosialnya, termasuk TikTok dan Instagram. (Liputan6.com/IG/@oklinfia)

Dalam pesannya, KH M Cholil Nafis juga mengajak semua pemuda, anak-anak muda, dan netizen untuk memberikan kontribusi positif dalam masyarakat melalui media sosial.

Dengan menyebarkan materi yang baik dan membawa nilai-nilai kemanusiaan, kita dapat memotivasi generasi mendatang untuk menjadi lebih kreatif dan maju.

"Kalau teman-teman sekalian, para pemudi, anak-anak muda dan netizen yang mau memberikan pencerahan pada masyarakat atau ingin aktif di media sosial, pikirkan untuk materi materi yang baik yang dapat mengangkat derajat kemanusiaan dan dapat menginspirasi anak anak kita untuk lebih kreatif dan lebih maju di masa yang akan datang. Mudah mudahan ini menjadi pelajaran kepada kita semua. Terima kasih assalamualaikum warahmatullahi," kata dia.

 


7. Kata Pengacara Mohon Teman-Teman Tidak Merespons Secara Serius

Oklin Fia diperiksa polisi (M. Althaf Jauhar)
Oklin Fia diperiksa polisi (M. Althaf Jauhar)

Isu menjadi Duta MUI sempat dibenarkan oleh pengacara Oklin Fia, Budiansyah, saat ditanya awak media.

Namun, tak lama setelah penyataan Budiansyah tersebut viral di media sosial, pihak MUI menegaskan tak berniat menjadikan Oklin Fia sebagai duta mereka. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menegaskan hal tersebut secara langsung.

Lantaran klarifikasi dari MUI tersebut, Budiansyah pun dituding sejumlah netizen sebagai penyebar hoaks.

Tak lama kemudian, Budiansyah menyampaikan klarifikasi yang berkaitan dengan tudingan itu bersama video saat dirinya mendampingi Oklin Fia sebagai pengacara untuk bertemu Pimpinan MUI, Ikhsan Abdullah di sebuah acara televisi.

Dalam tayangan acara bertema The Prime Show with Aiman itu, Oklin Fia ditanya oleh host mengenai kesiapannya menjadi Duta MUI. Oklin Fia pun menoleh ke arah Ikhsan Abdullah disambut oleh anggukan dan isyarat diperbolehkan oleh sang Pimpinan MUI.

Dalam klarifikasinya di media sosial, Budiansyah pengacara Oklin Fia meminta agar masyarakat tak terlalu serius dalam menanggapi isu duta MUI. Ia juga menyebut perbincangan mereka di acara televisi bersifat spontan belaka.

"Semoga video ini bisa mengklarifikasi atas isu yg beredar.. Mohon teman2 tidak meresponnya secara serius terkait persoalan duta, lagi pula sama sekali belum ada surat yang secara formal untuk mengkonfirmasi terkait adanya penawaran tersebut," tulis Budiansyah.

"Jadi saya anggap ini hanya obrolan spontan saja yang terlontar sewaktu kunjungan Kami ke MUI.. Demikian, semoga segala kebaikan senantiasa melingkupi kita semua..Amin.. #OklinFia #Oklin," sambung sang pengacara.

Dalam bincang-bincang di acara televisi yang potongannya diunggah Budiansyah, tampak host Aiman awalnya langsung menembak Oklin Fia dengan pertanyaan mengenai kesediaannya menjadi duta MUI.

"Oklin mau menjadi Duta MUI?" tanya Aiman.

"Boleh, kalau diizinkan," Oklin Fia merespons sambil menoleh ke arah Ikhsan Abdullah.

Pimpinan MUI itu pun langsung mengangguk disusul tanggapan dengan mengatakan, "Boleh."

"Pak Kiai pimpinan MUI mengajak Oklin menjadi duta MUI untuk menyebarkan konten-konten yang positif," host Aiman langsung menyimpulkan.

INFOGRAFIS: Deretan Artis yang Tersandung Kasus Video Asusila (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Artis yang Tersandung Kasus Video Asusila (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya