Kebakaran Museum Nasional, Polisi: Tak Ada Korban Jiwa, Hanya Petugas Damkar Sesak Napas

Kebakaran yang menghanguskan Gedung A Prasejarah Museum Nasional atau Museum Gajah telah berhasil dipadamkan. Saat ini petugas tengah fokus melakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

oleh Ady AnugrahadiErina Putri diperbarui 16 Sep 2023, 23:35 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2023, 23:35 WIB
Kebakaran Museum Nasional
Kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah padam. Polisi memastikan tidak ada korban jiwa, namun ada petugas pemadam kebakaran yang sesak napas dan telah dievakuasi. (Liputan6.com/Erina Putri)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Hal itu disampaikan Komarudin usai meninjau langsung lokasi kebakaran.

"Alhamdulilah sejauh ini tidak ada korban dalam kejadian ini, hanya memang tadi ada petugas Damkar yang terlihat lemas atau sesak napas namun sudah kita evakuasi," katanya kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu malam.

Komarudin menerangkan, pihaknya langsung bergerak begitu menerima informasi adanya kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah. Laporan diterima kepolisian sekitar pukul 19:45 WIB.

Dari hasil pengamatan, area yang terdampak berada di Gedung Blok A atau ruang pamer dan penyimpanan koleksi prasejarah.

"Memang terjadi kebakaran di Gedung A prasejarah tepatnya kurang lebih sekitar 4 ruangan yang menyimpan barang-barang bersejarah," ujar dia.

 


Kebakaran Hanguskan 4 Ruangan di Gedung A Prasejarah

Museum Nasional Kebakaran
Kebakaran menghanguskan sebagian bangunan Museum Nasional pada pukul 20.00 WIB 16 September 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komarudin menerangkan, ada empat ruangan di Gedung A yang terdampak kebakaran. Adapun, rinciannya di sayap kanan terdapat dua ruangan dan di tengah ada dua ruangan.

"Di sana ada tempat penyimpanan dan juga ruang tunggu," ujar dia.

Komarudin mengatakan, api sudah berhasil dilokalisir dan dipadamkan. Saat ini, petugas pemadam masih melakukan proses pendinginan.

"Sampai saat ini kita belum bisa masuk lebih jauh ke dalam karena memang kondisi yang masih dalam proses pendinginan tentu nanti setelah dinyatakan aman oleh tim dari damkar baru identifikasi akan masuk. Tentu nanti akan didampingi oleh para ahli tentunya ahli yang lebih tau untuk menilai kerugian daripada barang-barang yang rusak," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya