Zita PAN soal Zulhas Bagi-Bagi Gocapan: Dia Emang Hobinya Sedekah

Zita menyebut, Zulhas memiliki kebiasaan yang kerap menyimpan uang pecahan Rp50 ribu di peci atau kopiahnya. Bahkan, hal ini juga dilakukannya tak hanya di Indonesia saja melainkan di India.

oleh Nasrul Faiz diperbarui 24 Sep 2023, 07:45 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2023, 07:45 WIB
Ketua Panitia HUT PAN ke-25, Zita Anjani.
Ketua Panitia HUT PAN ke-25, Zita Anjani. (Liputan6.com/Elza Hayarana Sahira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani, menanggapi soal video viral Ketum PAN Zulkifli Hassan yang membagikan uang Rp 50 ribu atau gocapan kepada warga. Menurut Zita, Zulhas memang mempunyai hobi bersedekah.

"Dia tuh emang hobinya sedekah, bukannya sombong apa gimana, emang hobinya sedekah," kata Zita dalam forum diskusi Total Politik dengan tema 'Kian Dekat Capres Mulai Adu Gagasan, Skenario 2 Pasangan Masih Relevan?', di Jakarta, dikutip Minggu (24/9/2023).

Zita menyebut, Zulhas memiliki kebiasaan yang kerap menyimpan uang pecahan Rp50 ribu di peci atau kopiahnya. Bahkan, hal ini juga dilakukannya tak hanya di Indonesia saja melainkan di India.

"Coba aja kalau Subuh, itu salat di kompleks rumah, buka aja pecinya. Itu isinya gocapan semua dan enggak di Indonesia aja, di India juga, gocapan," jelasnya.

Ia pun mempersilahkan jika bertemu dengan ayahnya di jalan untuk membuka pecinya itu. Karena, sudah dipastikan di dalam peci itu berisi uang gocapan.

"Jadi kalau pagi ketemu Pak Zul, di pecinya itu isinya gocapan. Angkat aja pecinya. Pas aja kemarin ada yang angkat di India," pungkasnya.

Sebelumnya, Akun Tiktok PAN @amanat_nasional mengunggah sebuah video yang menunjukkan Zulhas membagikan uang kepada masyarakat. Video tersebut memperlihatkan Zulhas membagikan uang sebesar Rp 50.000 kepada sejumlah nelayan dan warga lainnya.

Dari video berdurasi 24 detik, belum diketahui lokasi Zulhas melakukan aksi bagi-bagi uang pecahan Rp50.000 itu.

"PAN PAN PAN, bagi-bagi gocapan," demikian tertulis dalam video yang diunggah pada 10 Juli 2023 tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klarifikasi PAN

Video Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) bagi-bagi uang ke nelayan viral di media sosial.
Video Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) bagi-bagi uang ke nelayan viral di media sosial. ( TikTok PAN @amanat_nasional)

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga memberikan klarifikasi atas video Zulhas membagikan uang gocapan kepada beberapa warga. Dia menegaskan, saat Zulhas membagikan uang tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN.

Sehingga, dia menilai tidak tepat jika dikatakan hal yang dilakukan Zulhas mengarah ke politik uang.

"Hal itu tidak ada kaitannya dengan kampanye PAN. Tidak ada narasi untuk memilih atau mencoblos PAN. Makanya tidak tepat jika dikatakan menjurus ke politik uang," kata Viva Yoga, kepada wartawan, Rabu (13/9).

Selain itu, dia mengungkapkan membagikan uang merupakan kebiasaan Zulhas. Sebab, berkaca pada pengalaman hidupnya yang sempat mengalami kesusahan ekonomi.

"Sudah menjadi kebiasaan dari Bang Zulkifli Hasan untuk membagi uang dengan niat melakukan sedekah. Di pasar, di pelabuhan, di kantor, di lapangan olah raga, di masjid, di rumah setiap pagi, dan di setiap waktu dan kegiatan," ungkap dia.

"Kebiasaan Bang Zulkifli Hasan membagi uang untuk sedekah adalah memang menjadi katakternya sebagai seorang yang dermawan, sesuai tuntunan agama. Menjadi seorang dermawan adalah sikap dan perilaku yang baik," sambung Viva Yoga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya