6 Kabar Terkini Mentan Syahrul Yasin Limpo Usai Kembali ke Jakarta, Akan Beri Penjelasan

Akhirnya pada Rabu petang, 4 Oktober 2023, Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah tiba di Jakarta.

oleh Devira PrastiwiRifqy Alief Abiyya diperbarui 05 Okt 2023, 17:08 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 17:07 WIB
Akhirnya pada Rabu petang, 4 Oktober 2023, Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah tiba di Jakarta.
Akhirnya pada Rabu petang, 4 Oktober 2023, Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah tiba di Jakarta. (Merdeka).

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya pada Rabu petang, 4 Oktober 2023, Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah tiba di Jakarta. Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta setelah menepuh penerbangan dari Singapura.

Seusai kembali ke Jakarta, Mentan Syahrul Yasin Limpo menghadap Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu malam 4 Oktober 2023.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan Surya Paloh masih berdiskusi dengan Syahrul Yasin Limpo setelah menteri pertanian tersebut pulang dari luar negeri. Pertemuan antara Surya Paloh dan SYL masih berlangsung hingga tengah malam.

"Udah, udah, kayaknya sih sudah ada (SYL di dalam NasDem Tower)," kata Sahroni kepada wartawan di NasDem Tower, Rabu malam 4 Oktober 2023.

Pantauan di lokasi pada Rabu malam sekitar pukul 23.47 WIB, sejumlah mobil mewah yang terparkir di halaman Kantor NasDem belum ada yang meninggalkan lokasi. Termasuk juga mobil Alphard hitam yang ditumpangi Syahrul Yasin Limpo belum keluar.

Kemudian, Syahrul Yasin Limpo pun rupanya meminta pendampingan hukum usai dikabarkan jadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini diungkapkan Febri Diansyah selaku pengacara Syahrul Yasin Limpo.

"Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan pertama Pak Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian tadi meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," kata Febri di NasDem Tower.

Febri pun mengungkapkan, SYL bakal menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Berikut sederet kabar terkini Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang telah tiba di Jakarta usai dikabarkan hilang kontak di Eropa dihimpun Liputan6.com:

 


1. Langsung Menghadap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh

Syahrul Yasin Limpo
Syahrul Yasin Limpo mengaku sudah menyampaikan apa yang dia ketahui berkaitan dengan penyelidikan kasus ini. Syahrul yang mengaku diperiksa secara profesional oleh KPK menyatakan siap kooperatif membantu proses hukum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah pulang ke Indonesia setelah sempat dikabarkan hilang kontak di Eropa. Mentan Syahrul Yasin Limpo pun menghadap Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu malam 4 Oktober 2023.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan Surya Paloh berdiskusi dengan Syahrul Yasin Limpo setelah menteri pertanian tersebut pulang dari luar negeri. Pertemuan antara Surya Paloh dan SYL masih berlangsung hingga tengah malam.

"Udah, udah, kayaknya sih sudah ada (SYL di dalam NasDem Tower)," kata Sahroni kepada wartawan di NasDem Tower.

Pantauan di lokasi pada Rabu malam sekitar pukul 23.47 WIB, sejumlah mobil mewah yang terparkir di halaman Kantor NasDem belum ada yang meninggalkan lokasi. Termasuk juga mobil Alphard hitam yang ditumpangi Syahrul Yasin Limpo belum keluar.

Sahroni tak mengungkap apa saja yang telah dibicarakan antara Surya Paloh dan SYL selama kurang lebih tiga jam.

"Kan nanti secara langsung Pak SYL kan yang menjelaskan langsung kan. Supaya langsung dari Pak SYL yang menyampaikan," ucap Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Sahroni mengatakan, Surya Paloh menggali informasi dari Syahrul Yasin Limpo terkait dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang turut menyeret namanya.

"Jadi biar Pak Surya sebagai ketua umum menerima langsung informasi dari Pak SYL," jelas Sahroni.

 


2. Minta Pendampingan Hukum Usai Terseret Kasus Korupsi, Siap Hadapi Semua Prosesnya

Pengacara Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah saat menemui wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023).
Pengacara Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah saat menemui wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Mentan Syahrul Yasin Limpo atau SYL meminta pendampingan hukum usai dikabarkan jadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini diungkapkan Febri Diansyah selaku pengacara Syahrul Yasin Limpo.

"Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan pertama Pak Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian tadi meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," kata Febri di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu 4 Oktober 2023.

Lalu, kata Febri berdasarkan hasil diskusi dan pertemuan SYL dengan jajaran DPP NasDem sepakat dibentuk tim gabungan yang akan melakukan pendampingan hukum di tingkat penyidikan atas kasus korupsi yang menjerat Mentan YSL. Tim gabungan itu, terdiri atas empat orang yang terdiri dari pengacara.

"Jadi ini adalah tim gabungan yang akan melakukan pendampingan hukum di tingkat penyidikan," kata dia.

Febri menyampaikan, tim ini dibentuk guna memastikan proses penyidikan terhadap YSL berjalan sesuai prosedur yang ada.

"Tentu saja untuk memastikan dalam proses penyidikan ini, prosesnya berjalan prosedural, segala hak yang diatur secara hukum itu dipenuhi," ujar dia.

Lebih lanjut, Febri menyebut bahwa YSL bakal legowo menghadapi proses hukum yang tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Tadi juga disampaikan bahwa Pak Mentan mengatakan akan menghadapi proses hukum ini dan akan kooperatif menjalankan proses hukum ini," ucap Febri.

 


3. Bakal Temui Presiden Jokowi di Istana

Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau program lumbung pangan nasional atau Food Estate di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. (Foto: Istimewa)

Mentan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) bakal menemui Presiden Joko Widodo atau (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Hal ini disampaikan pengacara SYL Febri Diansyah.

"Saya diminta untuk menyampaikan (oleh Mentan SYL) bahwa besok Pak Mentan akan ke istana menghadap bapak presiden," kata Febri.

Meski begitu, Febri tak menjawab lugas saat ditanyai keperluan Mentan SYL menemui Presiden Jokowi di Istana. Dia juga belum bisa memastikan apakah dalam pertemuan itu Mentan SYL bakal menyerahkan surat pengunduran diri karena terlibat kasus korupsi.

"Tadi yang disampaikan ke kami adalah besok akan menghadap bapak presiden ke Istana. Jadi itu yang baru bisa kami konfirmasi dan kami sampaikan hari ini," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sempat meminta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu, 4 Oktober 2023 kemarin.

Namun, belum diketahui apa tujuan Mentan Syahrul Yasin Limpo menemui Jokowi. "Kemarin malam ada permohonan Pak SYL (Syahrul Yasin Limpo) menghadap Bapak Presiden. Perihalnya tidak disampaikan," kata Pratikno kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

Pratikno menyampaikan, dirinya rencananya yang akan menerima Syahrul Yasin Limpo pada Kamis hari ini. Kendati begitu, kata Pratikno, hingga kini belum ada jadwal pertemuan antara Syahrul Yasin Limpo dengan Jokowi maupun dirinya.

"Sudah direncanakan akan diterima Mensesneg hari ini, tetapi waktunya belum sesuai. Belum ada pertemuan," jelas Pratikno.

 


4. Datangi Kantor Kementan, Disambut Para Pegawai

Syahrul Yasin Limpo
"Saya kira apa yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan SOP, sesuai dengan prosedur, dan saya sudah menyelesaikan semuanya itu dengan apa yang bisa saya jawab," kata dia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendatangi kantornya di Kementerian Pertanian hari ini, Kamis (5/10/2023).

Berdasarkan pantauan, Syahrul Yasin Limpo datang dengan menaiki Toyota Alphard bernomor polisi B 1169 ZZH dan tiba sekitar pukul 10.16 WIB di gedung A Kementan, Jalan Ragunan, Jakarta Selatan.

Usai turun dari mobilnya, tampak sejumlah pegawai Kementerian Pertanian menyambut Syahrul Yasin Limpo dan berjabat tangan. Usai bersalaman dengan pegawai, sebelum memasuki kantornya, Syahrul hanya terlihat memberikan salam ke awak media.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo disebut bakal menemui Presiden Joko Widodo atau (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Hal ini disampaikan pengacara SYL Febri Diansyah saat ditemui di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu 4 Oktober 2023.

 


5. Datangi Polda Metro Jaya

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (5/10/2023) siang (Rahmat Baihaqi/Merdeka.com)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (5/10/2023) siang (Rahmat Baihaqi/Merdeka.com)

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis siang (5/10/2023).

Dia bersama rombongan tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 12.45 WIB. Ada dua unit mobil melaju secara iring-iringan dengan mendapat pengawalan oleh anggota kepolisian.

Kedua kendaraan itu berhenti di Gedung Bidang Propam Metro Jaya. Terlihat sosok Syarul Yasin Limpo yang menumpangi Toyota Vellfire turun dari mobil.

Dia mengenakan batik lengan panjang dipadu celana bahan hitam. Kehadirannya disambut anggota polisi. Bersama rombongan mengawal Syahrul Yasin Limpo masuk ke dalam gedung.

Sebelumnya, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dikabarkan sedang mengusut kasus dugaan pemerasaan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Surat panggilan bernomor Nomor:B/10 339 MII/RES.3.3./2023/Ditreskrimsus diperuntukkan kepada sopir pribadi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tersebar di kalangan awak media.

Dalam surat itu, Sopir SYL bernama Heru diminta menemui penyidik pada Senin 28 Agustus 2023 pukul 09.30 WIB di ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Adapun, maksud panggilan untuk memberikan klarifikasi terkait dengan kasus yang sedang ditangani oleh Subdit V Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Untuk kepentingan proses penyelidikan, dimohon kepada saudara untuk hadir guna memberikan keterangan," dalam surat panggilan seperti dikutip, Rabu malam 4 Oktober 2023.

 


6. Mentan Syahrul Yasin Limpo Sebut Pada Saatnya Akan Beri Penjelasan

Program Inovatif untuk Negeri Merdeka Awards 2023
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut penghargaan ini sama maknanya dengan menghargai kinerja pertanian selama ini. Penghargaan ini dianggap Syahrul Yasin Limpo juga sebagai cara dalam menghargai kerja keras para petani di lapangan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih irit bicara. Ia memilih tidak berkomentar lebih lanjut di tengah isu penetapan tersangka dirinya atas kasus dugaan korupsi oleh KPK.

Saat ditemui usai pertemuan di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, SYL hanya berucap akan menjelaskan semua masalah hukum ini pada waktu yang tepat.

"Pada saat saya akan beri penjelasan," kata SYL saat ditemui wartawan, Kamis (5/10/2023).

Sebab, akui SYL, saat ini dirinya masih fokus untuk menyelesaikan segala urusannya. Meskipun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait urusan yang dimaksud.

"Saya akan menyelesaikan semua proses-prosesnya," kata SYL.

Sementara terkait kepergiannya usai melangsungkan pertemuan di Gedung Kementan, SYL pun enggan berkomentar. Termasuk rencananya yang akan datang ke Polda Metro Jaya, terkait kasus dugaan pemerasaan terhadap sopirnya oleh Pimpinan KPK.

Infografis Ragam Tanggapan Mentan Syahrul Yasin Limpo Terjerat Dugaan Korupsi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mentan Syahrul Yasin Limpo Terjerat Dugaan Korupsi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya